Kenapa Bayi Sering Muntah Setelah Minum Susu Formula

Kenapa Bayi Sering Muntah Setelah Minum Susu Formula





Manakah yang lebih baik? ASI ataukah susu formula? Jawab: Tentu saja yg terbaik adalah ASI. ASI merupakan cairan sempurna yg dipersiapkan Tuhan untuk para ibu untuk bisa memberi asupan yg terbaik buat anak-anaknya. Sayangnya banyak ibu yg kemudian menggantikan ASI sama susu formula. Berbagai penelitian sudah membuktikan kalau bayi usia 0-6 bulan diberikan hanya ASI saja, pertumbuhannya jauh lebih baik ketimbang bayi yg tidak mendapatkan ASI. Karena begitu banyak kelebihan yg di dapat dari ASI.

Bayi Sering Muntah

Berikut beberapa gangguan / gejala susu formula tidak cocok buat bayi :

Susu Formula

Gangguan Saluran Pencernaan. Gejala yg bisa kalian lihat adalah bayi sering muntah, perutnya jadi kembung, sering buang angin, suka mengedan ataupun mengeran, rewel, gelisah apalagi ketika malam hari. Selain itu bayi kalian juga sering BAB hingga lebih dari tiga kali sehari, atau tidak buang air setiap hari, fesesnya berwarna hijau, keras, bau, cair atau berdarah.

Kulit Sensitif. Tanda-tanda bisa dilihat dari timbul bintik ataupun bisul kemerahan apalagi di bagian pipi, telinga & bagian ruam popok atau yg tertutup popok. Bukan hanya itu ada juga kerak di daerah rambutnya, ada warna hitam seperti digigit nyamuk,  telinga, mata suka gatal

Gangguan Lidah. Tanda-tanda bisa kalian lihat dari lidah ada rona putih seperti jamur, bibir bagian tengahnya berwarna lebih gelap, bibirnya terlihat kering dan gusi dalam keadaan bengkak seperti ingin tumbuh gigi lagi padahal bukan.

Gangguan Pernapasan. Tanda-tanda bisa kalian lihat dari nafasnya yg tidak teratur, seringkali terdengar suara grok-grok, kadang disertai dengan batuk, apalagi ketika malam & pagi hari, sedang siang harinya tidak.

Apabila sibuk jadi alasan kalian tidak memberi ASI untuk bayi, aturlah jadwal pemberian ASI dengan menggunakan botol susu. Perahlah ASI kalian di waktu-waktu kalian beristirahat, kemudian simpanlah ASI cadangan itu ke dalam lemari es. Bagaimanapun, berbagai penelitian sudah menunjukkan bahwa bayi yg dikasih ASI lebih cerdas ketimbang yg tidak.


    Baca Juga :

Share this: