Kenapa Bayi Tidak Buang Air Besar 2 Hari

Kenapa Bayi Tidak Buang Air Besar 2 Hari





Ketika si kecil mengalami kesulitan untuk BAB, kalian sebagai orang tua kadang jadi merasa cemas sampai stres sendiri. Karena biasanya masalah pencernaan jadi tanda adanya gangguan pada kesehatan tubuh anak. Jadinya memang agak ketar-ketir jika tiba-tiba buah hati tercinta mengalami konstipasi ataupun masalah susah BAB.

Kenapa Bayi Tidak Buang Air Besar 2 Hari

Memang lebih baik mencegah ketimbang mengobati. Ayo, kenali 4 penyebab utama si kecil mengalami konstipasi atau juga disebut sembelit. Agar kalian bisa juga lebih hati-hati lagi di dalam menjaga pola makan & sebagainya.

Susu Formula
Bayi yg cuma minum ASI ekslusif bisa dibilang tidak pernah mengalami sembelit ataupun susah buang air besar. Dan jika bayi juga diberi susu formula, tekstur pupnya jadi sedikit lebih padat. Bayi yg dikasih susu formula bisa mengalami susah buang air besar lebih sering dbandingkan bayi yg hanya mendapat ASI eksklusif. Jika bayi sudah buang air besar selama beberapa hari sesudah dikasih susu formula, segera konsultasi pada dokter.

Penyebab Bayi Tidak Mau Buang Air Besar

Adaptasi Dengan Makanan Padat
Tatkala sudah saatnya mengenalkan makanan padat untuk si kecil, kalian harus lebih waspada lagi. Bayi barangkali akan kesulitan BAB saat yg makanan yg dikonsumsinya mulai bervariasi. Ini lantaran sistem pencernaan bayi masih di dalam proses untuk terus berkembang. Jadi kalau ada makanan padat yg masuk ke dalam sistem pencernaannya, butuh proses adaptasi kembali.

Kurang Cairan
Imbangi asupan makanan yg diberikan dengan mencukupi kebutuhan cairannya. Bayi yg dehidrasi atau kebutuhan cairannya tidak tercukupi bisa mengalami sembelit atau juga disebut susah buang air besar. Pup yg keras akan sangat menyulitkan bayi & membuatnya kesakitan. Penting sekali untuk senantiasa memantau pola makan si kecil setiap harinya.

Akibat Obat-Obatan
Obat-obatan tertentu ataupun sirup yg banyak tinggi kandungan zat besinya dapat mempengaruhi kepadatan pupnya. Jadi jika setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, si kecil mengalami susah BAB, segera periksakan pada dokter.

Satu hal lagi yg penting untuk diketahui adalah pup yg sangat encer tidak selalu artinya si kecil lagi diare. Bisa jadi itu indikasi dia mengalami sembelit.

Pilih makanan yg sehat & seimbang untuk si kecil. Dan juga, bantu dia untuk tetap aktif bergerak supaya sistem pencernaannya bisa berfungsi dengan baik.


    Baca Juga :

Share this: