Makanan Berserat Sangat Penting Bagi Pencernaan Kita Karena

Makanan Berserat Sangat Penting Bagi Pencernaan Kita Karena





Seringkali kita mendengar yg namanya serat, tapi apakah serat itu? Serat adalah karbohidrat kompleks yg ada di dalam sumber makanan nabati seperti biji-bijian, sayuran & buah-buahan, serat tidak bisa dicerna oleh tubuh tapi sangat dibutuhkan oleh tubuh buat mengatasi gangguan kesehatan & mencegah berbagai penyakit.

Makanan Berserat Sangat Penting Bagi Pencernaan Kita Karena

Tapi meskipun serat sangat bagus buat kesehatan masih banyak orang yg tidak mengonsumsi serat dengan cukup kebanyakan mereka cuma mengonsumsi serat sebanyak 15 gram saja tiap harinya padahal ahli gizi memberikan saran untuk mengkonsumsi serat sebanyak 26 gram setiap harinya, kalian bisa mencoba menambah buah-buahan & sayuran segar di dalam setiap menu makanan kalian.

Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan

  1. Kalian bisa menambah asupan serat dengan mengonsumsi banyak makanan yg mengandung serat namun yg juga harus diperhatikan adalah serat bisa bekerja dengan baik jika disertai dengan adanya asupan air di dalam tubuh jadi sangat penting buat banyak meminum air putih selain juga mengonsumsi banyak serat.
  2. Untuk kalian yg menginginkan kandungan serat dari buah-buahan ada baiknya tidak dibuat jus, buah segar yg dikonsumsi langsung mengandung lebih banyak serat ketimbang jus, tapi jika kalian menginginkan buah yg berupa minuman kalian bisa mencoba membuat buah-buahan yg kalian konsumsi menjadi minuman smoothies yakni minuman yg berbahan dasar buah-buahan, gula, sayuran, susu tawar cair & es batu dengan tambahan susu kental manis, cokelat & juga yoghurt & teksturnya lebih pekat ketimbang jus.

Ada dua jenis serat :
1. Serat yg larut dalam air, serat tersebut akan membentuk gel ketika melalui saluran pencernaan dengan menyerap air & serat ini banyak terdapat di dalam:
- Oat
- Sayuran seperti brokoli & wortel
- Kacang almond
- Buah-buahan seperti apel, pir, pisang & berry

2. Serat yg tidak larut di dalam air, meskipun tidak larut di dalam air tapi bisa menyerap air dan meningkatkan tekstur dalam volume tinja & serat ini banyak ada di dalam:
- Sayuran hijau
- Biji-bijian
- Gandum utuh
- Buah-buahan seperti tomat, kiwi & alpukat

Manfaat Serat bagi Kesehatan Pencernaan

  • Serat yg bisa larut sangat baik buat pencernaan apalagi usus membuat usus lebih sehat & mencegah sembelit atau diare.
  • Menurut studi yg pernah dilakukan serat terbukti bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker usus besar.
  • Mencegah masalah penyakit divertikular yakni gangguan peradangan pada usus yg menyebabkan lekukan-lekukan pada usus karena konstipasi kronik & akan sangat berbahaya apabila terjadi infeksi.
  • Membantu menurunkan berat badan jadi sangat cocok untuk kalian yg lagi menjalankan diet sehingga bisa membuat tubuh kalian mencapai berat badan ideal, karna dengan mengkonsumsi makanan yg mengandung banyak serat maka akan merasa kenyang lebih lama.
  • Serat bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena diabetes karena serat bisa mengatur asupan gula di dalam tubuh sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.
  • Serat sangat baik buat menurunkan kolesterol maka dengan rendahnya kadar kolesterol bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Seseorang yg kekurangan serat akan berisiko terkena gangguan seperti:

- Kanker usus
- Gangguan pencernaan atau konstipasi
- Wasir
- Penyakit jantung koroner
- Kegemukan
- Stroke

Itulah artikel tentang Manfaat serat untuk kesehatan yg penting untuk kalian ketahui karena dengan mengonsumsi cukup serat sangat baik supaya tubuh terhindar dari beraneka macam penyakit.


    Baca Juga :

Share this: