Makanan Penyebab Usus Buntu

Makanan Penyebab Usus Buntu





Walaupun bukan faktor utama, pemilihan jenis makanan di duga bisa memicu terjadinya peradangan di dalam usus buntu. Hal itu tidak terlepas dari keberadaan usus yg menjadi bagian sistem pencernaan. Sejumlah permasalahan di dalam sistem pencernaan di duga bisa mendukung faktor terjadinya peradangan usus buntu & Sudah lazim pula jika makanan sangat berpengaruh kepada kesehatan sistem pencernaan. Berikut dibawah ini beberapa makanan yg bisa mempengaruhi kesehatan dari usus buntu.

Makanan Penyebab Usus Buntu

Permen Karet
Ada yg bilang jika menelan permen karet diperlukan waktu 7 tahun untuk mencernanya, ternyata itu pernyataan keliru. Tapi, jika menelan beberapa buah permen karet di dalam waktu yg berdekatan bisa menyebabkan masalah pencernaan adalah benar adanya. Apalagi bila dibarengi dengan mengomsumsi makanan yg sulit dicerna seperti biji-bijian keras, bakal memperparah keadaan usus. Hal itu tentu saja juga membahayakan usus buntu bahkan dapat menyebabkan peradangan.

Pisang Muda
Barangkali kalian heran kenapa pisang bisa mengakibatkan radang usus buntu, padahal pisang diketahui sangat baik buat melancarkan pencernaan. Memang benar, untuk pisang yg sudah masak sangat baik buat pencernaan. Tapi, beda halnya dengan pisang muda, pisang jenis tersebut malah dapat menyebabkan konstipasi & memicu radang usus buntu. Pisang yg belum masak ini mempunyai kandungan zat tepung yg sulit dicerna. Dan juga mengandung serat (pectin) yg akan menyerap air dalam saluran cerna & menyebabkan sembelit yg juga akan berefek ke usus buntu.

Usus Buntu

Kafein
Sama halnya seperti pisang, kafein juga rupanya merupakan makanan yg secara tidak langsung berpotensi mengakibatkan radang usus buntu. Kafein sebetulnya merupakan stimulan yg bisa membuat seseorang jadi sering buang air besar ataupun diare. Tapi, jika seseorang dalam keadaan dehidrasi, kafein di dalam kopi, cola, teh hitam & cokelat bisa memicu sembelit karena pembentukan feses yg keras.

Kesemek
Kesemek yg merupakan buah populer di wilayah Asia ini rupanya juga merupakan makanan yg berpotensi jadi penyebab usus buntu meradang. Kesemek yg manis biasanya gak terlalu berbahaya, tapi waspadalah dengan kesemek yg masih asam, karena buah tersebut bisa memperlambat pergerakan makanan di dalam usus. Buah tersebut akan menyebabkan sembelit pada awalnya, apabila sembelit berlangsung lama akan sangat mungkin membawa dampak radang pada usus buntu.

Penyebab Usus Buntu

Gluten
Makanan yg secara tak langsung bisa jadi penyebab usus buntu meradang yang lain adalah Gluten. Gluten merupakan protein yg ditemukan di dalam gandum, gandum hitam & barley. Protein jenis ini biasanya tidak berbahaya untuk beberapa orang, tapi untuk orang yg mempunyai alergi & sensitif pada zat tersebut, bisa terjadi masalah untuk pencernaannya.

Daging Merah
Daging merah mengandung lemak & zat besi yg tinggi, membuat bahan makanan tersebut lebih lama dicerna oleh usus. Proses yg lama tersebut biasanya akan menyebabkan sembelit di awal & jika dibiarkan bisa meningkatkan resiko peradangan di usus buntu.

Alkohol
Seperti halnya kafein, alkohol bisa juga jadi penyebab radang usus buntu. Alkohol diketahui bisa menyebabkan dehidrasi & bisa memperlambat pencernaan juga mengiritasi usus, bisa memperburuk gejala sembelit & bisa menjadi pemicu radang usus buntu.

Produk Olahan Susu
Mengomsumsi dalam jumlah yg banyak dari produk olahan susu misalnya keju, yogurt, susu, & eskrim mengandung banyak laktosa yg bisa menyebabkan peningkatan gas & sembelit. Keadaan pencernaan yg kurang lancar tersebut akan memperbesar kemungkinan terbentuknya radang usus buntu. Meskipun kalian tidak harus menghindarinya sama sekali. Imbangilah bersama dengan minum air putih yg cukup & mengkonsumsi makanan kaya serat dari buah-buahan atau sayuran.

Kondisi saluran pencernaan yg sehat sangat berhubungan dengan kesehatan usus buntu. Maka dari itu, selain menghindari makan makanan yg berpotensi menjadi penyulut usus buntu meradang diatas, sebaiknya kalian mulai memperhatikan asupan makanan yg baik buat pencernaan sehingga terhindar dari bahayanya penyakit radang usus buntu tersebut.


    Baca Juga :

Share this: