Mengenal Alat Penyajian Kopi

Mengenal Alat Penyajian Kopi





Banyak orang yg suka minum kopi, bisa itu dari sajian manual ataupun dengan teknik-teknik khusus yg proses pembuatannya butuh sebuah alat. Untuk membuat kopi dengan kwalitas terbaik butuh 3 hal, yakni biji kopi, alat pembuat kopi, & orang penyaji kopinya atau juga disebut barista. Proses ekstraksi & penggilingan bisa menentukan rasa dari kopi, bukan hanya itu tingkat kekasaran, volume kopi, & penekanan pada alat pembuat kopi juga bisa berpengaruh dalam menentukan rasa yg terlalu pahit atau terlalu asam.

Alat Kopi

Saat ini jamannya minum kopi pakai alat manual atau manual brewing kopi. Cara pembuatan dengan alat manual banyak disukai dari penikmat kopi karena dengan alat yg manual melahirkan cita rasa dari sebuah kopi yg lebih enak. Manual brewing kopi merupakan sebuah teknik membuat kopi dengan memakai alat pembuat kopi dengan cara manual alias dioperasikan secara manual berkat pembuat kopi. Banyak alat kopi yg mudah dioperasikan, jadi membuat para penikmat kopi dapat mengoprasikannya di rumah secara mandiri. Nah kalian ingin membuat kopi sendiri dengan menggunakan manual brewing kopi? Mari simak ulasan alat & cara membuat kopi secara manual dengan brewing kopi.

Alat Penyajian Kopi

Grinder Kopi
Adalah alat manual brewing untuk menghasilkan kopi bubuk dengan ukuran yg konsisten. Bubuk kopi yg konsisten ataupun sama dalam ukurannya membuat tingkat kematangan kopi relatif sama jadi bisa menghasilkan rasa kopi yg konsisten juga.

Grinder adalah penentu yg paling inti di dalam melahirkan kopi terbaik setelah dari bij kopi itu sendiri. Grinder sendiri terdiri 2 jenis, yakni blade grinder & burr grinder. Kedua jenis grinder tersebut mempunyai kelebihan & kekurangan, tergantung pemakaiannya. Blade grinder menggunakan pisau penggiling yg sangat tajam dan memiliki fungsi menggiling kopi dengan baik & burr grinder menghancurkan kopi dengan konsistensi yg baik karena memakai mata pisau bergirigi. Jadi pengaturan pada tingkat kehalusan & kekerasan bubuk kopi tergantung dari alat grindernya.

French Press
Alat ini cocok untuk penikmat kopi yg masih pemula & ingin belajar membuat kopi dengan menggunakan alat kopi yg manual karena mudah pemakaiannya. Kerja french press sendiri dengan cara menghilangkan ampas kopi lewat penekanan melalui tutupnya jadi penikmat kopi yg menggunakan alat ini tidak akan terganggu sama ampasnya.

Untuk membuat kopi dengan menggunakan alat tersebut kalian membutuhkan alat frech presss, biji kopi, grinder, air panas (91-96oC), dengan Rasio 20 gram : 360 milliliter. Isi french press terlebih dahulu pakai air panas dengan tujuan rinse ataupun pre heat & buang isi airnya, lalu giling kopi dengan level kasar sebanyak 20 gram. Masukkan bubuk kopi ke dalam french press & tuang air panas 360 milliliter. Pasang kepala french press & tekan kepala french press sesudah di seduh selama empat menit. Terakhir tinggal menikmati kopinya.

Vietnam Drip
Untuk menikmati kopi dengan menggunakan alat Vietnam drip butuh kesabaran karena perlu waktu sekitar 15 menit. Vietnam drip lebih suka dipakai untuk membuat kopi yg di campur bersama susu kental manis yg merupakan kebiasaan orang Vietnam.

Penyajian kopi dengan teknik menggunakan susu kental manis lantaran ingin menyamarkan rasa pahit dari kopi. Dan untuk mebuatnya kalian membutuhkan Vietnam drip brewer, biji kopi, grinder, air panas (91-96oC), dengan rasio 8:150 milliliter. Langkah-langkah cara membuat ataupun menyajikan kopi dengan Vietnam drip yakni pertama lakukan pre-heat yg bertujuan agar menjaga suhu & bertujuan membersihkan. Biji kopi sebanyak 8 gram di grinder dengan tingkat kehalusan fine, & tuangkan kedalam filter Vietnam drip. Setelah itu tuang air panas sebanyak 150 milliliter & tutup Vietnam drip. Seperti yg dijelaskan di awal bahwa untuk menyedu kopi dengan teknik ini butuh waktu sekitar 15 menit karna menunggu waktu ekstraksi dari kopinya.


    Baca Juga :

Share this: