www.desywulandari.com

Penyakit Tbc Disebabkan Oleh



Disaat kalian mendengat kata tersebut hal apa yg ada di benak kalian ? Pasti kalian akan berpikir bahwa itu merupakan penyakit menular & mematikan, & faktanya memang benar seperti itu. Di dalam setiap tahunnya angka kematian & jumlah orang yg menderita penyakit tersebut semakin lama semakin meningkat. Bukan hanya itu, penyakit TBC juga masih jadi perhatian utama bagi dunia.

Penyakit Tbc Disebabkan Oleh

Penyakit TBC yg merupakan akronim dari Tuberculosis atau yg biasa juga disebut TB, adalah sebuah penyakit yg disebabkan karena terdapatnya infeksi di dalam saluran pernafasan. Penyakit tersebut biasa dikarenakan oleh bakteri basil atau mycobacterium tuberculosis yg dikeluarkan oleh penderita lewat batuk.

Penyakit Tbc

Bakteri tersebut biasanya lebih sering menginfeksi bagian paru-paru dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Penyakit tersebut bisa juga menular ke orang lain, tapi cara penularannya tidak semudah penularan seperti penyakit flu atau pilek, sebab penyakit tersebut menular melalui cairan yg dikeluarkan oleh penderita TBC. Tapi walau begitu tetap harus menjaga kontak dengan penderita jika tidak ingin tertular TBC.

Gejala penyakit TBC
Ada yg mengatakan jika seseorang sudah menderita penyakit TBC, maka bisa dengan mudah terdeteksi. Padahal ada juga seseorang yg menderita penyakit TBC, tapi gejala yg ditimbulkan muncul secara bertahap & bahkan adapula seseorang yg tidak sadar bahwa dirinya sudah menderita penyakit TBC. Dan juga tidak semua orang mengalami gejala awal yg sama & menyadari akan munculnya penyakit TBC. Dan berikut dibawah adalah contoh gejala-gejala umum yg ditimbulkan, bagi seseorang yg sudah menderita penyakit TBC :

TBC

  • Sudah lama menderita penyakit batuk & biasanya sudah terjadi lebih dari tiga minggu.
  • Mengalami batuk berdahak yg terkadang disertai dengan darah.
  • Kehilangan nafsu makan & mengalami penurunan berat badan secara tajam.
  • Mengalami demam yg diikuti dengan keringat & biasanya terjadi di malam hari.
  • Mengalami sesak nafas & rasa nyeri di dada.

Hal yg harus dihindari supaya tidak terkena penyakit TBC
Jika kalian sudah mengetahui bahwa orang disekeliling kalian ataupun bahkan salah satu keluarga kalian ada yg menderita penyakit TBC, pastinya kalian tidak mau kan apabila nanti ikut tertular ? Berikut dibawah ini adalah hal yg harus kalian lakukan supaya tidak tertular penyakit TBC yakni :

  • Jangan menggunakan peralatan makan yg sama dengan pengidap TBC.
  • Bantu jauhi anak-anak & juga balita dari pengidap TBC.
  • Pakai masker ketika hendak berinteraksi dengan pengidap TBC.
  • Memperbanyak mengonsumsi suplemen kesehatan, supaya bisa menjaga kekebalan tubuh.
  • Makan-makanan yg bergizi.

Langkah awal yg harus dilakukan bagi pengidap TBC
Bagi kalian yang sudah menderita penyakit TBC, ada banyak hal yg harus kalian lakukan supaya tidak memperparah penyakit TBC kalian, yakni:

  1. Setiap hari kalian harus rajin mengonsumsi sayuran & buah-buahan dalam jumlah kalori yg tepat & harus sesuai dengan anjuran dari dokter.
  2. Jika ingin mengonsumsi daging, maka pilih daging tanpa lemak atau rendah lemak. Lalu jagalah asupan total lemak & minyak kalian antara 25-30% kalori perhari.
  3. Dalam 1 hari kalian harus 3 kali mengonsumsi susu ataupun produk olahan susu lainnya. Hal tersebut disebabkan karena seseorang yg menderita sakit TBC sangat membutuhkan asupan kalsium yg tinggi.
  4. Makanan yg dikonsumsi oleh penderita TBC, haruslah dimasak dengan matang supaya mudah dicerna oleh penderita.
  5. Konsumsi makanan yg banyak mengandung protein, misalnya seperti kacang-kacangan & juga biji-bijian.

Jadi, dari sejak dini perhatikanlah kesehatan tubuh kalian & juga orang-orang disekeliling kalian & perhatikan apakah ada yg menderita penyakit TBC ataukah tidak. Karena jika terlambat menyadari, maka akan semakin susah untuk proses pengobatannya. Cepat lakukan pemeriksaan tes darah untuk mendeteksi keadaan kesehatan kalian.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Penyakit Tbc Disebabkan Oleh. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top