Apakah Scabies Bisa Sembuh Total

Apakah Scabies Bisa Sembuh Total



Scabiesis adalah suatu penyakit kulit yang dikarenakan tungau atau sejenis kutu scabies/sarcoptes. Penyakit kulit ini sering kali menyerang hewan kucing, anjing, kelinci dan bisa juga menular ke manusia.

Apakah Scabies Bisa Sembuh Total

Mayoritas kutu scabies yang ada di kelinci dan anjing dikarenakan oleh tungau sarcoptes scabies, dan tungau notoedres cati lebih menyerang kepada hewan kucing yang menyebabkan scabiesis. Bukan cuma tungau notoedres cati tapi juga Sarcoptes scabies bisa menyerang hewan kucing.

Scabies

Penyakit kulit scabiesis di kucing lebih sering dikarenakan oleh tungau notoedres cati, sama halnya seperti tungau sarcoptes scabies yang lebih menyerang pada hewan anjing. Tungau-tungau tersebut ukurannya sangat kecil sekitar 0,2-0,4 mm dan hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop atau kaca pembesar.

Semua kehidupan tungau tersebut ada di dalam tubuh induknya. Tungau betina menggali atau melubangi kulit lalu dia bertelur beberapa kali sambil selalu menggali saluran-saluran yang ada didalam kulit. Penggalian yang dilakukan oleh induk semang bisa mencapai hingga beberapa centimeter.

Sehabis bertelur beberapa kali, induk tungau mati dan dalam 3 atau 8 hari telur akan menetas mengeluarkan larva berkaki enam.

Larva yang sudah dewasa berubah jadi nimfa yang memiliki delapan kaki. Kemudian jika nimfa sudah dewasa ia akan menjadi larva dewasa. Didalam lubang saluran kulit yang dibuat oleh induk tungau tadi tungau dewasa melakukan perkawinan dan melakukan proses daur kehidupan berulang kali. Satu siklus kehidupan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu.

scabiesis bisa menyerang kucing di semua usia, baik betina ataupun jantan. Menularnya penyakit scabies ini terjadi karena melalui kontak fisik dengan kucing atau dengan alat-alat yang tercemar oleh tungau penyebab scabies seperti kandang, sisir, dan lain-lain.

Tanda Tanda Terkena Scabies

Awal dari gejala scabies biasanya adalah terjadi rontoknya bulu-bulu serta gatal di sekitar telinga serta dipinggiran telinganya ada kerak berwarna putih yang bisa dilihat. Penyakit bisa meluas dengan cepat menuju ke area wajah, hidung, leher dan kelopak mata. Terkadang tungau juga bisa menyebar sampai ke area perut atau telapak kaki.

Cara Menyembuhkan Scabies

Obat yang biasa digunakan dari dulu guna mengatasi penyakit scabies adalah belerang/sulfur. Belerang ini adalah obat untuk penyakit kulit yang di karena oleh jamur. Cara menyembuhkannya adalah dengan memandikan kucing atau anjing menggunakan sabun atau sampo yang mengandung bahan sulfur/belerang, lalu dicelup ke dalam air yang mengandung belerang sebesar 2-3%. Mandi serta dicelup tersebut dilakukan setiap 7 hari sekali sampai sembuh. Dibutuhkan paling tidak 6 sampai 8 kali mandi hingga penyakitnya bisa sembuh.

Dan dibutuhkan suntikan ivermectin selama 2 minggu seakli, supaya penyakit scabies bisa sembuh dengan total. Jika di rumah ada lebih dari 1 kucing maka semua kucing harus diobati karena jika tidak kemungkinan akan terjadi infeksi ulang dari kucing yang tidak mendapatkan penyembuhan, akibatnya penyakit kulit scabies ini tidak akan pernah sembuh total.

Cara Mencegah Scabies

Pencegah bisa dilakukan dengan cara menjauhi kontak langsung dengan kucing atau anjing liar atau yang terkena penyakit scabies ini. Kucing yang tinggal di dalam rumah biasanya jarang kena penyakit kulit scabies ini.

cuci bersihkan dan disinfeksi peralatan seperti sikat, sisir dan lainya setelah digunakan oleh kucing yang terkena dengan penyakit scabies. Jangan menitipkan hewan pada tempat yang peralatan atau sanitasinya tidak baik. Diperhatikan juga apakah alat-alat perlengkapan untuk kucing tersebut di desinfeksi terlebih dahulu sebelum digunakan kepada kucing lain.

Jika ada kucing yang mengalami gejala sakit scabies segera pisahkan dari kucing lainnya agar penyakit tersebut tidak menular. Mandikan dengan sampo yang mengandung sulfur atau dibawa ke dokter hewan guna melakukan pengobatan.

Scabies Menular Ke Manusia

Sama dengan tungau lainnya tungau penyebab penyakit scabies ini juga bisa menyerang manusia. Biasanya menyebabkan rasa gatal di kulit dan menyebabkan kemerahan.

Di bagian gatal biasanya berbentuk benjol kecil seperti jerawat, didalamnya itu ada cairannya yang apabila pecah karena selalu digaruk dapat menyebar ke sekitar lainya. Rasa gatal dari tungau scabies ini cukup.

Untuk manusia penyakit scabies ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Ada beberapa orang yang mungkin memiliki kekebalan tubuh yang kurang bagus dari penyakit tungau scabies ini. Pengobatannya bisa dilakukan dengan menggunakan sabun yang mengandung sulfur misalnya JF sulfur atau bisa juga dengan menggunakan salep scabicid.

Itu dia mengenai penyakit scabies cara penyembuhan, mencegah dan tanda-tandanya, semoga dengan informasi tersebut bisa bermanfaat untuk kalian semua.
    Baca Juga :


Share this: