Aturan Minum Cuka Apel

Aturan Minum Cuka Apel





Cuka apel adalah minuman fungsional yg disebut-sebut bisa memberikan efek positif untuk kesehatan. Sudah dikenal dari jaman Yunani kuno, cuka menjadi salah satu bahan pengobatan yg digunakan oleh praktiksi medis di jaman dulu. Cuka didapat dari proses fermentasi panjang yg akhirnya menyisakan komponen seperti asam gallic, asam asetat, katekin & lain-lain. Ini menjadikan cuka mempunyai manfaat sebagai antioksidan dan antimikrobial.

Cuka Apel

Sekarang cuka, terutama cuka apel, mulai kembali dikenal oleh masyarakat & dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan buat menyembuhkan penyakit. Apa saja kira-kira manfaat dari cuka apel?

1. Mengatur kadar gula di dalam darah
2. Membantu untuk menurunkan berat badan
3. Mengatasi sembelit, asam lambung, maag, & gangguan pencernaan lain

Bagaimana Cara Mengkonsumsi Cuka Apel

Jika kalian ingin mengkonsumsi cuka apel hal terpenting yg harus kalian perhatikan adalah cara meminumnya. Kalian sangat tidak disarankan untuk langsung meminum langsung cuka apel tanpa dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu. Karena sifatnya yg asam, jika tidak kalian campur dengan air, cuka apel malah dapat melukai tenggorokan kalian. Selain itu sifat asamnya juga berbahaya buat kesehatan gigi karena bisa mengikis lapisan enamel gigi, hal itu akan menyebabkan gigi kalian mudah keropos.

Aturan Minum Cuka Apel

Perbandingan cuka apel & air setidaknya 1 berbanding 10. Jika kalian menggunakan 1 sendok makan cuka apel, campurkanlah dengan 10 sendok makan air putih. Mengkonsumsi cuka apel setidaknya 1 sampai 2 sendok makan perharinya. Tidak ada aturan khusus kapan kalian diharuskan mengkonsumsi cuka apel, tapi beberapa orang biasanya minum cuka apel pada pagi hari atau sebelum & sesudah makan. Jangan lupa agar berkumur dengan menggunakan air setelah meminum cuka apel agar menghilangkan sifat asam di dalam mulut kalian supaya tidak merusak gigi.

Pastikan kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kalian sebelum memasukkan cuka apel ke dalam pola makan kalian sehari-hari & jangan langsung menjadikan cuka apel untuk dijadikan pengganti obat-obatan jika kalian mengkonsumsi obat tertentu untuk penyakit kalian. Ingatlah bahwa gaya hidup sehat mempunyai peran terbesar untuk menjaga kesehatan kalian.


    Baca Juga :

Share this: