www.desywulandari.com

Aturan Minum Folavit Sebelum Hamil



Ketika membaca buku atau artikel yg membahas mengenai kehamilan, kalian mungkin sering mendapati ulasan mengenai asam folat. Kemudian apakah sebenarnya hubungan antara zat tersebut dengan kehamilan? Secara singkat, asam folat memang berguna untuk proses kehamilan. Peran vital dari asam folat ialah untuk mencegah cacat tabung saraf pada fetus yg baru terbentuk. Masalah tersebut bisa terjadi di tahap awal kehamilan, bahkan sebelum calon ibu tau bahwa mereka mengandung. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yg rutin mengonsumsi asam folat folavit di 1 bulan sebelum konsepsi & trimester pertama kehamilan dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf sampai 70%.

Manfaat Asam Folat Untuk Kehamilan

Substansi itu juga efektif untuk mengurangi berbagai risiko cacat, termasuk cacat pada jantung. Di keadaan normal, tubuh perlu asam folat buat memproduksi sel darah merah & menurunkan risiko anemia. Kegunaan lain dari zat ini yaitu untuk mempengaruhi kinerja DNA dan pembentukan sel. Jadi pada dasarnya, mengomsumsi asam folat folavit secara teratur sangat bagus buat mempercepat proses berkembangnya sel-sel plasenta dan tumbuh kembang bayi. Tau preeklamsia? Kami yakin kalian paling tidak pernah mendengar istilah itu. Preeklamsia adalah gangguan kompleks yg bisa berakibat buruk untuk kesehatan bayi. Ibu yg sering mengonsumsi asam folat folavit berpeluang besar menjauhkan bayi mereka dari cacat tabung saraf.

Aturan Minum Folavit Sebelum Hamil

Dosis yg disarankan minum folavit adalah sebesar 400 microgram perhari atau 1x perhari, sebaiknya mulai diminum sebelum kalian merencanakan kehamilan atau konsepsi. Sebagian pakar kesehatan berpendapat bahwa dosis boleh ditingkatkan hingga 600 microgram perhari terutama setelah seorang wanita positif hamil. Tabung saraf merupakan bagian penting yg menginisiasi proses perkembangan otak & tulang belakang bayi. Maka dari itu, zat apapun yg bisa membantu tumbuh kembang bagian tersebut sangat disarankan untuk dikonsumsi. Jika kalian ingin memulai terapi, pastikanlah membaca label agar kalian tau bahwa kalian sudah mengonsumsi dosis yg pas.

Ada banyak merk yg menjual suplemen folavit ini, sebaiknya pilih yg sudah dikenal untuk memastikan kualitasnya. Apapun yg kalian makan akan memberikan dampak kepada bayi kalian, maka dari itu harap lebih berhati-hati di dalam memilih suplemen & asupan nutrisi. Jika kalian mengonsumsi vitamin prenatal, kemungkinan besar didalam kandungannya sudah tercantum asam folat, jadi tidak perlu lagi mencari tambahan. Batas maksimal yg diijinkan adalah 1000 microgram kecuali dokter menyarankan untuk mengonsumsi dosis berbeda. Tips itu berlaku terutama pada mereka yg vegetarian. Vegetarian beresiko mengalami kekurangan vitamin B12. Mengonsumsi asam folat folavit malah akan mempersulit diagnosa defesiensi vitamin B12.

Hal lain yg perlu kalian ketahui adalah soal konsumsi bagi mereka yg memiliki bobot tubuh berlebih. Golongan tersebut lebih berisiko terhadap cacat tabung saraf. Oleh karena itu, jika kalian merasa berat tubuh kurang ideal saat mau hamil, segera hubungi dokter kandungan & cari tau apakah dosis asam folat folavit boleh ditingkatkan. Pada banyak kasus, dokter menganjurkan untuk mengomsumsi lebih dari 400 microgram perhari untuk calon ibu yg bermasalah dengan berat badan.

Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Adakah makanan yg mempunyai kandungan asam folat? Ada, tapi penyerapan asam folat versi sintetis ataupun buatan jauh lebih baik daripada yg terkandung di dalam makanan. Sayur hijau terutama yg warnanya agak gelap biasanya kaya akan folat, sebut saja brokoli, bayam, asparagus, lobak hijau, dan lain-lain. Sumber lain yg bisa menjadi alternatif yaitu kacang polong. Seperti yg sudah dijabarkan sebelumnya, walaupun makanan-makanan tersebut kaya folat, tetapi bukan berarti bisa menjadi sumber utama pengganti dari suplemen folavit.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Aturan Minum Folavit Sebelum Hamil. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top