Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Untuk Diet

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Untuk Diet



Kunyit asam merupakan salah satu minuman kesehatan tradisional yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Pada umumnya kunyit asam ini dijajakan oleh penjual jamu keliling dalam kondisi segar. Cara membuat jamu kunyit asam agar enak dan kaya khasiat bagi kesehatan sebaiknya memperhatikan kualitas rempah kunyit yang akan digunakan.

Aturan Minum Jamu Kunyit Asam Untuk Diet

Hindari memilih kunyit yang sudah agak busuk umbinya, karena rasa jamu yang akan dihasilkan bisa dipastikan tidak enak dan pahit. Pilihlah umbi kunyit yang besar, tua , dan keras. Umbi yang sudah tua akan memberikan warna kuning pekat dan aroma kunyit kuat pada jamu yang anda buat. Manfaat jamu kunyit asam bagi wanita diantaranya memperlancar haid, mecegah munculnya jerawat, dan mencegah kanker payudara.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Sebagai tanaman rempah khas Indonesia, kunyit sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional sejak zaman dahulu. Apabila sari kunyit yang berwarna kuning dicampur dengan air asam jawa, maka resep campuran bahan ini disebut jamu kunyit asam. Minuman jamu tradisional yang dibuat dari umbi atau rimpang kunyit ini biasanya menggunakan bahan campuran lain untuk menambah rasa.

Asam jawa, cengkeh, jahe, gula pasir, garam, air jeruk nipis, dan daun belutas merupakan bahan campuran yang biasa digunakan untuk menambah rasa jamu kunyit asam agar lebih enak. Belakangan ini banyak jamu tradisional yang dijual dalam botol kemasan, instan kunyit salah satunya. Meskipun dibuat dan dikemas dengan cara yang lebih modern, instan kunyit memiliki khasiat dan manfaat yang sama.

Produk jamu kunyit dalam kemasan biasanya dicampur dengan asam jawa dan gula pasir sebagai pemanis. Kaum wanita, baik ibu-ibu maupun remaja lebih suka meminum instan kunyit karena terbukti berkhasiat memperlancar haid dan mengatasi gangguan perut.

Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
  1. Zat kurkumin dalam kunyit asam memiliki khasiat utama sebagai anti bakteri, anti peradangan, anti koagulan dan anti kanker.
  2. Membantu memperlancar siklus mentruasi wanita dan mengatasi nyeri haid.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh berkat kandungan vitamin C di dalamnya.
  4. Meringankan gangguan hati, menurunkan kolesterol, dan membantu menurunkan berat badan.
  5. Sifat anti kanker ramuan jamu kunyit asam terbukti melalui penelitian dapat mencegah kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.
  6. Sari kunyit yang dicampur air asam jawa memiliki sifat analgesik dan anti peradangan sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi, mengobati artritis dan nyeri sendi.
  7. Meminum jamu kuyit asam secara teratur juga terbukti mampu mencegah munculnya jerawat, menghilangkan flek hitam bekas jerawat, dan mengatasi bau badan tak sedap.
  8. Sifat anti koagulan alami pada umbi kunyit berkhasiat menghalangi pembekuan darah dan mencegah terjadinya trombosis (aliran darah terhambat).
  9. Jamu kunyit dapat menurunkan tekanan darah, mengobati sakit diare, sakit lambung, asma, usus buntu, dan rematik.

Cara Membuat Jamu Kunyit Asam

Bahan-bahan :
  • Jamu kunyit asam tradisional
  • 130 g kunyit
  • 15 sendok air asam jawa
  • 250 g gula pasir
  • Air secukupnya

Cara membuat :
  1. Cuci bersih kunyit, kemudian buang kulitnya dengan cara dikupas atau dikerok.
  2. Blender kunyit dengan tambahan sedikit air. Saring, ambil sarinya dan sisihkan ampasnya.
  3. Siapkan panci, rebus sari kunyit dan gula pasir.
  4. Aduk terus menerus sampai gula larut dengan sempurna. Sari kunyit akan mendidih dan menimbulkan busa.
  5. Kecilkan api. Kemudian ketika busa mulai turun dan sari kunyit berubah menjadi tepung, tambahkan air asam jawa satu sendok, aduk perlahan.
  6. Tambahkan lagi air asam jawa sambil diaduk-aduk perlahan, lakukan terus menerus sampai 15 sendok asam jawa atau sampai mendapat rasa kunyit asam yang diinginkan.
  7. Selanjutnya, hancurkan serbuk yang masih menggumpal. Lakukan selagi masih panas karena jika sudah dingin serbuk tersebut akan mengeras dan susah dihancurkan.
  8. Setelah tidak ada lagi gumpalan-gumpalan serbuk, jamu kunyit asam siap disajikan hangat. Aturan minum ramuan tradisional ini 2x sehari masing-masing 1/2 gelas diminum secara rutin.

Resep jamu kunyit asam dingin

Bahan-bahan :
  • Es kunyit asam dingin
  • 50 g kunyit
  • 50 g asam jawa
  • 100 g gula jawa
  • 300 ml air
  • Potongan es batu

Cara membuat :
  1. Kupas dan cuci bersih kunyit, blender bersama sedikit air.
  2. Masukkan kunyit yang sudah di blender, asam jawa, gula, dan air ke dalam panci.
  3. Rebus sampai mendidih.
  4. Angkat lalu saring.
  5. Sajikan dengan potongan es batu agar lebih segar.

Prosedur pembuatan jamu kunyit asam memang memiliki sedikit perbedaan tergantung orang yang membuatnya. Kreasi resep minuman tradisional kunyit asam biasanya disesuaikan dengan bahan yang ada disekitar. Anda pun bisa membeli instan kunyit dalam kemasan botol atau serbuk kunyit untuk diolah sendiri dengan cara yang lebih praktis dan sederhana. Meminum jamu kunyit asam terbukti berkhasiat mencegah penyakit kanker, membantu menurunkan kolesterol, memperlancar haid, dan baik untuk diet.
    Baca Juga :


Share this: