Aturan Minum Vitacimin C

Aturan Minum Vitacimin C



VITAMIN C adalah salah satu vitamin yg paling digemari & paling banyak beredar di pasaran. Jika kondisi tubuh kalian lagi tidak fit, terkena gejala flu, kalian pasti mengonsumsi vitamin ini karena diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Beraneka macam jenis produk vitamin C ada di pasaran, mulai dari dosis rendah sampai dosis yg tinggi. Bentuknya juga beragam dari minuman, tablet sampai ke serum vitamin C. Seperti yg lagi marak sekarang ini ialah produk minuman bevitamin c dosis tinggi yakni 1000 milligram.

Mungkin belum banyak orang yg tau benar mengenai dosis maksimal manusia dalam mengkonsumsi vitamin c perharinya & mungkin masih banyak yg mengkonsumi minuman vitamin c berdosis 1000 milligram ini tanpa tau benar dosisnya. Dosis harian vitamin C untuk orang dewasa sekitar antara 75-90 milligram saja. Bukan 1000 milligram seperti yg iklan-iklan bilang.

Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi buah-buahan & sayur mayur yg dikonsumsi setiap hari. Bahkan satu buah kiwi bisa mencukupi kebutuhan vitamin C kalian dalam satu hari.

Pemakaian vitamin C dengan dosis yg berlebihan dalam waktu yg lama tidak dibenarkan & tidak bijaksana. Pemakaian vitamin C dosis tinggi dalam waktu yg lama bisa mengakibatkan : Terganggunya penyerapan vit B12 (padahal vitamin B12 sangat diperlukan untuk menormalkan fungsi saraf otak & berperan untuk produksi sel-sel darah merah).

Sering membawa dampak kelebihan produksi asam lambung yg bisa mencetuskan diare, penyakit gastritis & perforasi (iritasi di dinding lambung). Menimbulkan urikosuria (suatu peningkatan kadar asam urat di dalam air kemih) yg bisa memicu terbentuknya batu oksalat di dalam ginjal (alias batu ginjal).

Untuk mengomsumsi vitamin C dengan dosis di atas 2.000 milligram perhari kabarnya bisa mengakibatkan kerusakan jaringan otak. Jadi mengkonsumsi suplemen atau minuman yg mengandung vitamin c boleh bahkan mungkin bagus kalau memang yg dikonsumsi sesuai batas dosis maksimal manusia mengonsumsi vitamin c perharinya.

Intinya kalau memang akan mengonsumsi suplemen, serum, minuman yg mengandung vitamin c kalian juga harus perhatikan dosisnya apakah itu memang sudah sesuai dengan dosis atau tidak, karena meskipun kelihatannya sepele & memang tidak banyak orang yg tau, apabila terus dikonsumsi setiap hari akan sangat berbahaya buat kesehatan bahkan menyebabkan kematian, maka bijaklah & teliti dalam memilih sebuah produk supaya tidak malah merugikan untuk diri kalian sendiri.

Semua orang tau apa itu vitamin C & apa manfaatnya tapi cuma sedikit orang yg tau pemakaian dosis yg benar. Konsumsi perhari yg dibutuhkan oleh tubuh cuma 60-70 milligram & apabila berlebih tubuh akan membuangnya.

Coba datang ke pusat perbelanjaan & lihat dibarisan multivitamin khususnya vitamin C. Nyaris semuanya mengadung High Vitamin padahal mengkonsumsi High Vitamin itu cuma untuk orang yg defisiensi.

Disarankan minum Vitamin C dosis 500 milligram jika akan berolahraga berat sebab vitamin C bisa memperbaiki fungsi otot tehadap kerusakan oksidatif ketika berolahraga. Cara kerjanya mungkin dengan cara memperlancar pengeluaran asam laktat pada otot.

Tapi jika aktivitas sehari-hari kalian tidak terlalu berat sebaiknya mengonsumsi sesuai dengan RDA saja. Daripada beli yg mahal & nanti dibuang mending beli Vitamin C IPI. Vit C IPI ini diminum 1-2 tablet perhari, selain itu harganya murah meriah hanya Rp 2000-an.
    Baca Juga :


Share this: