Awal Berdirinya Taj Mahal

Awal Berdirinya Taj Mahal





Taj Mahal adalah sebuah monumen yg terletak di Agra, India. Dibangun karena keinginan Kaisar Mughal Shah Jahan, anak dari Jahangir, sebagai sebuah musoleum buat istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga terkenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya itu menghabiskan waktu sekitar 22 tahun (1630-1653) & merupakan sebuah karya besar dari arsitektur Mughal.

Taj Mahal

Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal mempunyai kekayaan yg besar selama masa kejayaannya. Pada tahun 1631 istri ketiganya & merupakan istri yg paling dicintainya meninggal sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak yg ke-14 mereka. Di tahun 1983 Taj Mahal dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO

Sejarah Pembuatan Taj Mahal

Shah Jahan yg awalnya bernama Pangeran Khurram dilahirkan di tahun 1592. Dia adalah anak dari Raja Jehangir (generasi keempat Kekaisaran Mughal) & cucu dari Akbar the Great. Ketika dia sedang berjalan menyusuri Meena Bazaar, dia melihat seorang gadis lagi menjajakan kain sutera & manik-manik kaca. Shah Jahan pencetus Taj Mahal jatuh cinta pada pandangan pertama. Gadis tersebut adalah Mumtaz ul Zamani, cucu dari bangsawan negara Persia, Arjumand Banu Begum. Tapi dia harus menunggu lima tahun kemudian untuk bisa menikahi Mumtaz ul Zamani, tepatnya pada tahun 1612.

Awal Berdirinya Taj Mahal

Di tahun 1628, Shah Jahan naik menjadi raja & Mumtaz ul Zamani diberi julukan Mumtaz Mahal yg mempunyai arti "Jewel of the Palace" (Permata di Istana). Walaupun sebelumnya sang raja sudah mempunyai 2 istri, tapi Mumtaz Mahal merupakan yg paling dicintainya, dia menemani kemanapun sang raja pergi, baik itu di dalam istana ataupun di tenda-tenda dalam perjalanan dengan sang raja.

Ketika Mumtaz Mahal melahirkan anak ke-14 mereka pada tahun 1931, dia meninggal karena komplikasi. Shah Jahan melakukan janji bahwa ia tidak akan pernah menikah lagi & akan membangun makam termegah diatas kuburannya

Beberapa waktu sesudah kematiannya, Shah Jahan memerintahkan Ustad Ahmad untuk membuat bangunan ini Taj Mahal. Ustad Ahmad mengumpulkan 20.000 orang pekerja yg terdiri dari tukang batu, tukang emas, & pengukir yg termasyhur dari seluruh dunia.

Dengan bumbung, kubah & menara yg terbuat dari marmer putih, dan seni mozak yg indah, Taj Mahal adalah salah satu dari 7 keajaiban di dunia. Ada 43 jenis batu permata, termasuknya adalah berlian, kristal, jed, topaz & nilam sudah digunakan untuk memperindah Taj Mahal. Taj Mahal dibangun dengan simetris & makam Mumtaz Mahal ada tepat di tengah bangunan Taj Mahal. Satu-satunya yg tidak simetris adalah makam Shah Jahan yg letaknya disebelah makam Mumtaz Mahal karena makam tersebut tidak ada di dalam rencana awal pembangunan.

Awalnya Shah Jahan berkeinginan mendirikan Taj Mahal versi hitam buat menunjukkan kesedihannya kepada dunia sepeninggal Mumtaz Mahal & juga sebagai tempat peristirahatan terakhir bagi dirinya. Tapi rencana tersebut digagalkan oleh putranya. Dan pembuatan Taj Mahal sendiri memakan waktu selama 22 tahun.


    Baca Juga :

Share this: