Cara Agar Anak Cepat Gemuk Dan Tinggi

Cara Agar Anak Cepat Gemuk Dan Tinggi





Anak-anak yg sehat mempunyai pertumbuhan & perkembangan optimal sesuai sama usianya. Demikian juga dengan pertumbuhan berat badannya. Biasanya buat mengetahui pertumbuhan anak di dasarkan dari berat badannya. Berat badan yg sesuai dengan grafik pertumbuhannya berarti termasuk anak yg sehat & sudah tumbuh optimal. Sedangkan apabila berat badannya berada dibawah grafik maka pertumbuhannya kurang maksimal. Orang tua yg mempunyai anak dengan berat badan kurang akan mencari cara untuk menambah berat badan anak secara alami terlebi dahulu.

Cara Agar Anak Cepat Gemuk Dan Tinggi

Melalui Asupan Makanan

Anak-anak dengan berat badan yg gemuk sering dianggap lebih sehat & lebih menggemaskan ketimbang anak dengan berat badan yg kurang atau kurus. Orang tua yg mempunyai anak dengan berat badan kurang akan berusaha buat menaikkan berat badan buah hatinya dengan beragam cara. Mungkin saja dengan memberi vitamin penambah nafsu makan & memberikan asupan makanan yg lebih banyak.

Setiap usia anak butuh asupan makanan dengan kadar yg berbeda. Misalnya anak yg berusia 2-3 tahun membutuhkan kalori sebanyak 1.000 kkal perhari & anak yg berusia 4-8 tahun membutuhkan kalori sebanyak 1.200-1.400 kkal perhari. Untuk menaikkan berat badan anak sekitar 5 ons perminggu dibutuhkan tambahan kalori sebesar 3.500 kkal.

Bukan hanya menambah asupan kalori juga bisa ditambah dengan asupan lemak. Dengan menambah asupan lemak ke dalam makanan anak bisa lebih cepat untuk meningkatkan berat badannya karna lemak mengandung kalori yg lebih tinggi daripada jenis makanan lain nya. Berikan bahan makanan yg mengandung lemak tinggi seperti keju, saus krim, atau susu.

Cara menambah berat badan anak secara alami bisa juga dengan menambah asupan karbohidrat ke dalam makanan anak sehari-hari. Karbohidrat mengandung kalori dengan kadar yg tinggi walaupun tidak setinggi di dalam lemak. Berikan makanan yg mengandung karbohidrat dengan kandungan kalori tinggi seperti sereal oatmeal, buah kering, kismis, sari buah ataupun madu.

Pastikan supaya anak-anak selalu makan dengan teratur. Anak-anak harus dibiasakan untuk makan teratur tiga kali sehari dengan 2x makanan selingan diantara waktu makan. Apabila anak-anak tidak makan teratur & melewatkan jam makannya bisa mengurangi asupan kalori yg dibutuhkan untuk menambah berat badannya. Apalagi kalau anak beraktifitas secara aktif justru bakal memicu pengurangan berat badan yg lebih banyak lagi.

Melalui Asupan Minuman

Anak-anak biasanya susah untuk menerima asupan makanan yg lebih banyak. Untuk memenuhi kebutuhan kalorinya bisa diberikan minuman dengan kandungan kalori yg tinggi. Misalnya saja dengan memberinya jus buah segar, susu segar, smoothies, atau yoghurt. Minuman tersebut mengandung kalori tinggi yg bisa menambah berat badan anak.

Pilih susu dengan kandungan kalori yg lebih tinggi. Sekarang sudah banyak tersedia susu yg diformulasi khusus buat menambah berat badan anak. Rasanya juga sangat enak yg akan membuat anak-anak merasa ketagihan.

Berolahraga

Walaupun anak-anak harus meningkatkan berat badannya tapi tidak lantas bermalas-malasan. Biasakan anak-anak agar berolahraga. Dengan berolahraga maka peredaran darah jadi lancar, tubuh jadi segar & bisa memancing pertumbuhan ototnya.

Setelah anak-anak berolahraga harus diberi asupan makanan & minuman yg tinggi kalori. Misalnya berikan jus buah segar untuk sebagai pelepas dahaga setelah letih berolahraga.

Cara menambah berat badan anak secara alami rupanya sangat mudah. Berikan asupan makanan & minuman yg mengandung kalori tinggi utuk menambah berat badan anak.


    Baca Juga :

Share this: