Cara Agar Anak Nafsu Makan Dan Gemuk

Cara Agar Anak Nafsu Makan Dan Gemuk





Cara agar anak mempunyai nafsu makan bukanlah hal yg gampang dilakukan oleh para orang tua. Pasalnya sebagian besar anak-anak memiliki seribu alasan untuk menolak saat disuruh untuk makan. Jika sudah demikian, dampaknya akan terasa untuk si anak itu sendiri. Dan sebagai orang tua, kalian tentu tidak mau terjadi sesuatu kepada anak kalian. Oleh sebab itu kalian sebagai orang tua harus mempunyai cara-cara jitu supaya nafsu makan si anak meningkat & asupan gizinya pun bisa terpenuhi.

Cara Agar Anak Nafsu Makan Dan Gemuk

1. Coba berikan makanan dalam porsi kecil
Ingat, lambung anak belum sanggup untuk menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan dia makanan sedikit demi sedikit.

2. Biasakan ada acara makan bareng bersama keluarga setiap harinya
Dengan dia melihat orang tua & anggota keluarga lainnya memakan makanan, anak jadi tertarik juga untuk menyantap makanannya. Jika anak tetap menolak buat makan, minta anak agar tetap duduk di ruang makan hingga jam makan selesai.

3. Variasi makanan
Buatlah sejumlah pilihan menu makanan, kemudian biarkan si anak memilih makanan yg dia sukai. Biasanya anak lebih suka sama makanan pilihannya.

4. Ketika jam makan berikanlah anak air putih sebagai minumannya
Sesudah dia menghabiskan makannya maka kalian bisa memberikan susu kepadanya. Jika kalian memberikan susu sebelum jam makan, maka takutnya dia akan cepat merasa kenyang & berkurang minatnya untuk menghabiskan makanannya.

5. Sajikan secara menarik
Sesudah menyajikan banyak pilihan, sajikanlah tampilannya secara menarik. Misal, mencetak nasi goreng di dalam cetakan berbagai bentuk yg lucu untuk anak.

6. Suasana saat anak makan harus menyenangkan
Maksudnya santai & tidak dalam keadaan terburu-buru, pemberian makanan saat terburu-buru dapat membuat anak tersedak.

7. Memberi makan secara teratur
Jadwalkan waktu untuk makan dengan teratur, agar si anak terbiasa sama waktu makannya.

8. Menyelipkan ataupun menyembunyikan jenis sayuran atau buah yg anak tidak suka di dalam makanan kesukaannya
Misalnya saja anak tidak suka pisang & wortel, tapi suka cake & muffin, maka kalian bisa membuat cake pisang ataupun muffin wortel untuknya.

9. Beri cemilan sehat
Ketika bisa berjalan, si kecil suka bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, kegiatannya anak tambah banyak saja. Ini mungkin membuat susah untuk duduk manis & makan dengan tenang. Agar menyiasatinya, berikan dia cemilan sehat dalam porsi kecil tetapi beragam.

10. Perkenalkan jenis makanan baru pada anak
Ketika kalian ingin memperkenalkan jenis makan baru kepada anak maka berikan makanan tersebut bersamaan sama makanan kesukaan si anak. Anak mungkin akan menyentuh, mencium & mencoba menggigitnya, & ada kemungkinan memuntahkan makananan tersebut karena rasa & tekstur yg belum pernah dicobanya. Bersabarlah, jangan cepat menyerah & berikan makanan tersebut setelah beberapa hari kemudian.


    Baca Juga :

Share this: