Cara Agar BAB Tidak Keras

Cara Agar BAB Tidak Keras





Untuk sebagian orang mengalami BAB tidak lancar & keras masih dianggap hal yg biasa, padahal jika hal itu dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan berbagai macam penyakit komplikasi & bisa berakibat fatal untuk tubuh. Berbicara mengenai BAB, apabila tidak dikeluarkan sama saja kalian menyimpan racun di dalam tubuh. Hal itu tentu saja membuat kalian tidak nyaman di dalam beraktivitas bahkan bisa menyebabkan kalian menjadi sakit. Jika dalam satu minggu kalian tidak BAB secara tidak lancar hal itu bukan tidak mungkin apabila mengakibatkan BAB berdarah.

BAB Keras


Tapi bagaimana kalau BAB yg kalian lakukan setiap hari menjadi tidak lancar, apa yg menjadi penyebabnya, bagaimana cara supaya BAB lancar & tidak keras & bagaimana supaya bab lancar secara alami. Sekarang akan saya bahas bagaimana supaya BAB lancar :

Cara Agar Bab Tidak Keras


1. Penuhi Kebutuhan air di dalam tubuh.

Supaya BAB lancar dalam satu hari seseorang harus memenuhi asupan minum air dalam satu hari sekitar 1,5 Liter air atau delapan gelas air perhari. Minum air putih yg cukup akan menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh & juga membuat BAB menjadi lancar.

2. Berolahraga.

Dengan berolahraga membuat tubuh kalian jadi sehat & bugar, tidak hanya tubuh kalian yg mempunyai dampak yg baik tapi juga bagus untuk memperlancar BAB kalian. Luangkan waktu kalian untuk berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari supaya membantu pergerakan usus, seperti olahraga aerobik ataupun berjalan kaki.

3. Madu.

Meminum madu tak hanya dijadikan sebagai meningkatkan daya tahan tubuh tapi meminum madu bisa juga untuk memperlancar BAB. Dengan meminum dua sendoh teh madu dalam tiga kali sehari akan membantu untuk memperlancar buang air besar kalian.

4. Makan buah-buahan.

Supaya bab lancar perbanyaklah memakan buah-buahan. Buah yg baik utuk melancarkan BAB adalah buah pepaya, pisang & strawberry. Buah pisang dipercaya bisa untuk memperlancar BAB, buah pepaya & stareberry bukan hanya kaya dengan vitamin C yg bagus untuk kulit kalian buah tersebut juga dipercaya ampuh untuk memperlancar BAB.

5. Makan sayur-sayuran.

Supaya bab lancar makanlah sayuran yg banyak mengandung serat setiap harinya agar terhindar dari sembelit. Sayur-sayuran yg kaya akan serat bisa kalian temukan di dalam bayam, kubis atau wortel. Wortel banyak mengandung vitamin A yg bagus buat memperlancar BAB yg juga kalian tahu bahwa wortel baik buat kesehatan mata.

6. Kacang-kacangan.

Supaya bab lancar kalian bisa juga mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang mempunyai kandungan serat yg tinggi sehingga kacang bagus buat memperlancar BAB. Jenis kacang-kacangan yg baik adalah kacang almond, kacang mente, kacang merah, kacang kulit, & kacang panjang.

7. Ubi Jalar.

Ubi jalar terkenal dengan kandungan seratnya yg tinggi jadi juga sangat bagus buat memperlancar BAB, ubi juga mempunyai beta karotin & vitamin A yg tinggi. Memakan ubi bisa dengan di rebus atau dibakar & dikonsumsi bersama dengan kulitnya, kalian masih bisa mendapatkan manfaat dari ubi jalar ini.

8. Berjongkok.

Supaya bab lancar posisi berjongkok sangat bagus buat mempermudah mengeluarkan kotaran daripada closet duduk, dengan berjongkok jadi memperkecil sudut antar tulang paha & pelvis, hal itu akan mempermudah saat mendorong kotoran keluar secara lancar.

9. Duduk terlalu lama.

Duduk yg terlalu lama bisa juga mengakibatkan BAB jadi tidak lancar, sehingga alangkah lebih baik jika kalian sambil berdiri & merenggangkan badan sesekali supaya tidak terlalu lama dalam posisi duduk.

10. Jauhi Obat-obatan.

Untuk menghindari dari susah BAB sebaiknya gunakanlah bahan-bahan yg alami terlebih dahulu jangan langsung memakai obat-obatan seperti obat pencahar. Hal itu dikarenakan apabila kalian terlalu lama di dalam pemakaian obat pencahar secara jangka panjang bakal menjadi tidak baik buat kesehatan pencernaan kalian.

11. Biasakan BAB secara teratur.

Sesibuk apapun kalian usahakanlah supaya BAB secara teratur, terkadang karena ada kesibukan kalian terus menunda ingin membuang air besar. hal itu jika terus dilakukan akan mengakibatkan ambeien.
Usahakan supaya buang air besar secara teratur setiap hari, ketika kalian sudah terasa ingin BAB segeralah untuk BAB.

Itu dia cara supaya BAB lancar, jika dalam jangka panjang gejala BAB masih berlanjut sebaiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya bisa ditangani secara tepat.


    Baca Juga :

Share this: