Cara Agar Badan Tidak Lemas

Cara Agar Badan Tidak Lemas



Untuk kalian yg merasa tubuhnya cepat sekali lelah, letih, lemas, lesu & sebagainya, maka kalian perlu mengetahui hal-hal apakah yg menyebabkan hal itu terjadi untuk selanjutnya mencari solusinya.

Kurang tidur adalah penyebab rasa lemas yg paling umum. Tapi, sering kali lemas tetap melanda meskipun waktu tidur malam mencukupi. Berikut dibawah ini hal-hal yg bisa membuat kita gampang capek :

Cara Agar Badan Tidak Lemas

1.Tidur tidak berkualitas

Mendapatkan tidur yg cukup sangatlah penting karena jika kalian selalu mendapatkan jam tidur yg kurang, akan sangat mempengaruhi keadaan kesehatan kalian menjadi lemas. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menyebabkan masalah pada berat badan kalian, kemurungan ( lemas tidak bersemangat ), masalah pada jantung & bahkan membuat tubuh kalian rentan terkena penyakit. Kebanyakan orang tau bahwa tidur sangatlah penting, tapi demikian mereka justru semakin hari semakin memperoleh jam tidurnya semakin berkurang karena alasan kerjaan yg menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dan sebagainya.

2.Menu makan yg sembarangan

Supaya energi & oksigen tidak banyak terpakai untuk mengolah makanan, aturlah pola makan yg seimbang. Perbanyak sayuran, buah-buahan & makanan berprotein, tapi konsumsilah karbohidrat secukupnya saja. Misal, untuk makan siang, kalian bisa memilih gado-gado, yg terdiri dari sejumlah macam sayuran, tempe atau tahu, & sedikit lontong. Untuk menambah protein, tambahkanlah sebutir telur rebus, sebenarnya, menu makan siang biasa juga boleh, tapi jangan semua lauknya banyak lemak. Untuk sayuran, misal, porsi minimalnya 1/3 dari nasi. Jadi, jika nasinya nambah, sayurnya juga harus ditambah supaya tidak lemas

3.Anemia

Anemia merupakan penyebab utama lemas pada wanita. Keadaan tersebut terjadi ketika tubuh tidak mempunyai cukup sel darah merah untuk mengalirkan oksigen ke jaringan & organ. Anemia mudah didiagnosis dengan cara tes darah.

4.Gangguan Pernapasan

Meskipun mempunyai waktu tidur cukup, sebagian orang merasa capek / lemas setelah bangun di pagi hari. Gangguan selama tidur seperti pernapasan yg berhenti sebentar berkali-kali ketika tidur malam (Sleep Apnea). Setiap gangguan terjadi, kalian akan terbangun meskipun tidak menyadarinya. Hasilnya, kalian kurang tidur walaupun menghabiskan 8 jam di tempat tidur.

5.Hypothyroidism

Tiroid adalah kelenjar kecil yg ada di pangkal leher yg mengendalikan metabolisme tubuh mengubah makanan menjadi energi. Jika aktivitas kelenjar kurang aktif & fungsi metabolisme terlalu lambat, akibatnya kalian akan merasa lemas.

6.Depresi

Depresi bukan saja merupakan satu buah gangguan emosional, tapi menyebabkan banyak gejala fisik. lemas, sakit kepala, & kehilangan nafsu makan merupakan salah satu gejala yg paling umum. Jika merasa lemas slama lebih dari 2 minggu, periksakanlah diri ke dokter.

7.Kelebihan Kafein

Kebanyakan kita menganggap kopi adalah untuk menghilangkan kelelahan. Berlebihan mengonsumsi minuman yg satu ini bisa berakibat sebaliknya. Kafein dalam jumlah moderat meningkatkan kewaspadaan & konsentrasi. Tapi penelitian menunjukkan mengkonsumsi kafein menyebabkan lemas kelelahan.

8. Infeksi Saluran Kemih

Jika kalian pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), kalian mungkin akrab dengan rasa sakit & terbakar yg membuat lemas. Tapi ISK tidak selalu identik dengan gejala diatas. Dalam sejumlah kasus, penderita ISK menunjukkan tanda-tanda kelelahan. Tes urine akan memastikan adanya ISK.

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasi badan cepat lemas secara alami:

1.Menambah Porsi Untuk Sarapan Pagi Kalian.

Aktivitas & pekerjaan setiap orang tentu berbeda-beda. Nah, bagi kalian yg harus mengeluarkan tenaga ekstra ketika bekerja supaya tidak lemas dengan menambah porsi sarapan pagi lebih banyak dan juga bergizi sangatlah dianjurkan.

2.Cukupi Kebutuhan Air Putih Didalam Tubuh.

Kurangnya mengkonsumsi air putih dalam jumlah yg cukup bisa memperparah rasa lemas yg dialami oleh tubuh dan menurunkan tingkat konsentrasi di saat bekerja yg membutuhkan fokus yg tinggi.

3.Mengkonsumsi Sayuran Berdaun Hijau.

Aneka sayuran hijau khususnya bayam mempunyai berbagai nutrisi yg dibutuhkan oleh tubuh agar tidak lemas. Berdasarkan faktanya, bayam mempunyai kandungan kalium dan vitamin B untuk meningkatkan energi di dalam tubuh.

4.Luangkan Waktu Buat Berolahraga Pagi.

Olahraga ringan di pagi hari (seperti berjalan kaki) bisa membantu memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh & kalian pun tidak mudah lemas. Ini dikarenakan, darah yg membawa berbagai nutrisi & oksigen sangat diperlukan seluruh bagian tubuh kalian.

5.Rilekskan Tubuh Ketika Istrahat Siang Hari.

Saat istirahat makan siang, kalian bisa mengistirahatkan tubuh agar menghilangkan lemas seusai makan siang selama kurang lebih 16 menit. Baringkan tubuh, pejamkan mata dan hilangkan semua beban atau masalah dipikiran kalian.

6.Cukupi Waktu Tidur Malam Kalian.

Idealnya, diperlukan waktu tidur malam sekitar 7 sampai 8 jam setiap malamnya. Sehingga stamina bisa kembali normal di pagi hari & kalian pun bisa menjalankan aktivitas tanpa lemas atau pekerjaan dengan tenaga yg lebih.
    Baca Juga :


Share this: