Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Mengelupas

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Mengelupas





Bibir adalah salah satu bagian wajah yg mempunyai daya tarik sendiri, khususnya untuk seorang wanita. Oleh sebab itu, menjaganya supaya tetap sehat & terlihat prima adalah hal yg sangat penting. Jika tidak dirawat dengan baik, bibir bisa kering & berisiko pecah-pecah.

Kulit bibir tidak memiliki pelindung terhadap sinar UV, pengaruh AC, atau perubahan temperatur. Hal ini karena kulit bibir tak seperti bagian kulit lainnya yg mempunyai melanin, yakni pigmen pewarna sekaligus pelindung untuk kulit. Selain itu, kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yg bisa menghasilkan pelumas alami dimana sangat berperan untuk melembabkan kulit.

Penyebab Bibir Kering

Sebelum mengulas semakin detil cara mengatasi bibir kering, sebaiknya kalian mengetahui penyebab bibir kering terlebih dahulu. Sejumlah penyebabnya adalah :

1. Sinar matahari

Bukan hanya kulit tubuh, bibir juga harus terlindungai dari cahaya matahari. Hal itu dikarenakan sinar matahari bisa juga membuat bibir menjadi kering dan mengelupas.

2. Pengelupasan kulit bibir

Sebetulnya, pengelupasan kulit bibir (secara alami) adalah hal yg normal. Setiap sel memiliki kemampuan untuk beregenerasi, termasuk juga kulit bibir yg pada waktu tertentu akan mengelupas secara alami. Tapi demikian, kalian jangan tergoda untuk mengelupasnya.

Hal itu dikarenakan mengelupas kulit bibir yg belum mati sepenuhnya bisa membuat bibir terluka & terasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, biarkanlah kulit bibir mengelupas dengan sendirinya.

3. Menjilat bibir

Saat bibir kering, cara instan yg kerap dipikirkan beberapa orang agar membuat bibir lembab kembali yaitu dengan menjilatnya. Hal tersebut cukup lumrah karena memang mudah dilakukan. Tapi, cara tersebut sebetulnya kurang tepat, bahkan membuat bibir menjadi kering. Kenapa bisa demikian? Karena air liur yg digosokkan secara berulang kali ke bibir justru bisa menghilangkan kelembaban alami bibir.

Berkaitan dengan ini, kalian sebaiknya juga menghindari pemakaian pelembab bibir dengan rasa. Pelembab bibir yg ada rasanya akan memicu kalian untuk menjilat bibir berulang kali, yg pada akhirnya membuatnya menjadi kering atau pecah-pecah. Oleh sebab itu, pilihlah pelembab yg tanpa rasa.

4. Pemakaian lipstik matte

Lipstik berjenis matte (tidak mengkilap) memang lagi menjadi tren akhir-akhir ini. Tapi demikian, lipstik matte cenderung membuat bibir jadi kering. Oleh sebab itu perhatikan pemakaiannya. Selain itu, lipstik yg menawarkan warna tahan lama bisa juga membuat bibir menjadi kering ataupun pecah-pecah.

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dan Mengelupas

Sekarang saatnya mengetahui cara mengatasi bibir kering. Ada sejumlah cara untuk mengatasi bibir kering yg bisa kalian lakukan, diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Minum cukup air

Mengkonsumsi air yg cukup setiap harinya sangat berdampak bagus buat kesehatan tubuh, termasuk juga bibir. Ketika tubuh terhidrasi secara baik, kesehatan bibir juga akan terjaga dengan baik, resiko bibir kering atau pecah-pecah menjadi semakin kecil.

2. Gunakan Pelembab bibir

Seperti diketahui bahwa bibir tak memiliki kelenjar minyak dan tidak bisa melembabkan dengan sendirinya, oleh karena itu diperlukan sebuah pelembab untuk melembabkannya. Pilih produk pelembab bibir yg menggunakan bahan petroleum atau beeswax karena bisa menjaga kelembaban bibir secara baik.

Selain itu, sebaiknya untuk memilih produk yg dilengkapi dengan SPF karena bakal melindungi bibir kalian dari cahaya matahari yg bisa membuat bibir pecah-pecah. Kalian juga bisa memakai salep dari minyak kelapa atau juga disebut cocoa butter. Oleskanlah setiap hari sebelum tidur.

3. Penuhi Asupan Nutrisi

Bibir kering bisa terjadi lantaran tubuh kekurangan nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, zat besi & asam lemak essensial. Maka dari itu, kalian dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat yg mengandung nutrisi-nutrisi tersebut. Beberapa diantaranya adalah berasal dari buah & sayuran, seperti alpukat, jambu biji, jeruk, brokoli, bayam & sebagainya. Mengkonsumsi suplemen multivitamin bisa juga untuk dipertimbangkan.

4. Memakai bahan-bahan alami

Selain produk pelembab, cara untuk mengatasi bibir kering yg bisa dilakukan adalah dengan memakai bahan-bahan alami untuk dioleskan ke bibir. Bahan-bahan ini diketahui bisa berperan sebagai pelembab alami. Beberapa diantaranya ialah madu, mentimun, tomat, wortel & lemon.

Untuk bahan-bahan yg bertekstur padat seperti tomat, wortel, & mentimun, cara pemakaiannya adalah dengan dihaluskan terlebih dahulu, kemudian dioleskan ke seluruh bagian bibir secara merata. Biarkan selama kurang lebih 16 menit, kemudian cuci dengan menggunakan air.


    Baca Juga :

Share this: