Cara Agar Bibir Tidak Pecah Pecah

Cara Agar Bibir Tidak Pecah Pecah





Bibir mudah mengalami kondisi kering & pecah-pecah. Bibir kering bukan cuma tidak menarik, tapi juga bisa menyakitkan.

Cara Agar Bibir Tidak Pecah Pecah


1. Tidak Menjilat Bibir

Karena relatif tipis, bibir dapat mengalami kerusakan karena aktivitas yg tampaknya tidak berbahaya: menjilati bibir sendiri. Sesudah dijilat, bibir memang akan menjadi lembab, tapi hanya untuk sementara waktu. Saat air liur mengering, kelembaban alami di bibir juga ikut menguap. Apalagi air liur terdiri dari enzim yg berfungsi memecah makanan untuk dicerna. Apa yg terjadi pada makanan, mungkin juga bekerja ke kulit di bibir. Dua enzim pencernaan yg ditemukan di dalam air liur, amilase & maltase, bisa turut 'mencerna' kulit di bibir.

Bibir Pecah Pecah


2. Minum Banyak Air

Dehidrasi sering jadi penyebab bibir kering. Pastikan minum cukup air setiap hari bisa membantu menjaga bibir bebas dari keadaan kering & pecah-pecah. Saat tubuh mengalami dehidrasi, seluruh sel-sel, termasuk sel kulit yg membentuk bibir juga menjadi kering. Minum cukup air membuat sel-sel tubuh mengalami rehidrasi. Ini artinya asupan air yg cukup juga membuat bibir menjadi tetap lembab. Jadi berapa banyak air yg harus diminum? Aturan praktis yg paling banyak dikutip adalah minum 8 gelas perhari.

3. Membeli Lip Balm Yang Berkualitas

Ada rumor bahwa lip balm bersifat adiktif & bahkan membuat bibir semakin kering. Rumor itu sebetulnya tidak berdasar. Bahan paling umum di dalam lip balm adalah fenol, menthol & camphor itu semua tidak membuat bibir kering. Lip balm tetap jadi salah satu cara paling praktis agar bibir tetap menjadi lembab.


    Baca Juga :

Share this: