Cara Agar Bisa Bangun Subuh

Cara Agar Bisa Bangun Subuh



Ada apa sama shalat subuh kenapa bukan shalat yg lain. Hal ini karena shalat subuh merupakan sholat yg sangat sulit untuk dilakukan, karena waktu subuh adalah waktu yg sulit untuk bangun dari tidur di atas kasur.

Cara Agar Bisa Bangun Subuh


Masalahnya adalah shalat subuh merupakan shalat wajib yg harus kalian laksanakan karena ada kosekuensi yg akan kalian dapatkan jika kalian tidak melaksanakan shalat tersebut. Dan juga, di dalam HR Imam Ahmad, AlMusnad 2/424, Shahih AlJami, 133 dikatakan "Seberat-berat sholat bagi orang munafik ialah shalat Isya' & shalat fajar. Jikalau mereka tau keutamaan dari sholat tersebut, maka mereka akan datang walaupun dalam keadaan merangkak." Nah, jangan sampai kalian termasuk kedalam golongan tersebut ya, & berikut dibawah ini adalah cara supaya bisa bangun untuk solat subuh :

Tidur Lebih Awal

Menurut hadis shahih, 'Nabi Muhammad SAW tak suka tidur sebelum shalat Isya'. Tapi, saat ini kebanyakan dari kalian berlaku sebaliknya, kalian cenderung untuk tidur larut malam dengan kegiatan yg kurang bermanfaat sehingga sulit bangun subuh. Setelah shalat isya tidak disarankan berbincang tentang hal yang tidak bermanfaat, kecuali untuk hal belajar/mencari ilmu pengetahuan, mempelajari sejarah orang2 beriman, berbincang dengan tamu & alasan lain yang dibenarkan, maka hal itu tidak dilarang untuk dilakukan.

Pastikanlah lebih dahulu, bahwa kalian tidur, sebaiknya berdo'a. Sebelum tidur, niatkan & yakinkan diri untuk bangun sholat subuh. Dan ingatlah Allah sesegera mungkin setelah terbangun dari tidur.

Minta Bantuan Orang Lain Supaya Membangunkan Kalian

Tentu kalian tidak ingin dalam kerugian & kelalaian yg membuat lupa akan kewajibannya buat melaksanakan shalat lima waktu. Karena memang shalat adalah tiang agama & merupakan amalan awal yg akan dihisab pertama kali ketika di yaumil hisab. Jadi, silakan kerjasama dengan orang lain agar bisa bangun subuh.

Memakai Berbagai Cara Yang Memungkinkan

Berbeda orang bisa berbeda juga caranya, begitu juga masalah bangun di waktu subuh. Ada yg bisa terbangun dengan bantuan jam weker, ada yg bisa terbangun dengan dipercikkan air, & ada juga yg bisa bangun lebih awal saat tertidur di tempat yg kurang nyaman seperti ruang tamu. Serta masih banyak cara lain yg bisa diterapkan sesuai dengan kecenderungan tiap individu.

Jangan Makan Terlalu Banyak Sebelum Tidur

Sesuatu yg berlebihan tidak baik. Orang yg makan terlalu banyak merupakan salah satu contoh pemborosan terhadap makanan. Makin banyak makan akan memudahkan orang tersebut agar terlelap tidur karena merasa lelah & susah bangun subuh karena rasa mengantuk yg sangat.

Seperti itulah cara agar bisa bangun untuk shalat subuh, semoga kalian semua bisa bertambah keinginan & motivasi agar bangun subuh karena sudah kewajiban kita sebagai seorang muslim.
    Baca Juga :


Share this: