Cara Agar Bisa Bersin

Cara Agar Bisa Bersin



Bersin atau juga disebut sternutasi adalah pelepasan udara yg tidak disengaja dari hidung. Itu adalah cara tubuh agar membuat kotoran keluar dari saluran hidung. Alergi, iritasi, virus & trauma pada hidung dapat menyebabkan bersin. Bersin biasanya kuat & bisa terjadi dengan tiba-tiba. Terkadang orang mungkin mempunyai keinginan untuk bersin, tapi tidak bisa melakukannya. Ketidakmampuan bersin tersebut bisa menyebalkan, apalagi jika ada yg iritasi pada hidung atau sudah sesak. Berita baiknya, ada kemungkinan untuk menstimulasi tubuh agar bisa bersin.

Apa yg menyebabkan tubuh bersin? adalah ketika iritasi. Benda asing yg masuk ke dalam hidung & terjebak di dalam lendir dibagian hidung. Partikel tersebut lalu menuju ke perut, dimana asam lambung menetralisirnya. Di dalam beberapa kasus, partikel tersebut bisa mengiritasi selaput lendir hidung & tenggorokan. Iritasi ini dapat menstimulasi saraf trigeminal, yg mengirimkan pesan ke otak agar memicu tubuh untuk bersin. Bagian tubuh lain yg berperan di dalam bersin meliputi otot perut, otot diafragma, dada, & tenggorokan.

Cara Agar Bisa Bersin

Berikut dibawah ini adalah tips untuk menginduksi kerja bersin dengan cara mengaktifkan saraf yg memicu hidung menjadi bersin:

1. Menggunakan tisu
Gulung ujung tisu sampai berbentuk runcing, lalu masukan ke dalam 1 lubang hidung sampai bersin. Perlahan gerakkan tisu kedalam & keluar hidung, sampai terasa sensasi menggelitik dan bersin. Tindakan tersebut akan memancing saraf trigeminal. Penting agar berhati-hati ketika menggunakan teknik sgsr bisa bersin ini, jangan memasukkan terlalu jauh ke dalam lubang hidung karena bisa menyebabkan rasa sakit.

2. Menggelikan hidung dengan menggunakan bulu
Beberapa orang bisa di induksi bersin cuma dengan menyikatkan bulu sikat gigi di bawah hidungnya dengan menggunakan bulu palsu. Hal tersebut tidak dianjurkan untuk menggunakan bulu yg sebenarnya, atau untuk memasukkan bulu kedalam hidung.

3. Lihatlah cahaya
Untuk sebagian orang, yg secara tiba-tiba melihat cahaya terang bisa menyebabkan bersin.

4. Cabut bulu di lubang hidung
Memetik 1 bulu lubang hidung dapat memancing saraf trigeminal untuk mendatangkan bersin. Walaupun bulu lembut, kulit di lubang hidung itu sangat sensitif.

5. Menghirup serbuk bumbu
Bumbu dapur misalnya cabai & pala bisa mengganggu selaput lendir & menyebabkan bersin, tapi berhati-hatilah ketika mencium bumbu, karena apabila terlalu banyak dapat menyebabkan sensasi terbakar di dalam lubang hidung.

6. Pijat hidung
Dengan perlahan pijat ataupun menggosok ujung hidung ke bawah dengan menggunakan tangan untuk mendapatkan respon dari saraf trigeminal. Sebagian orang mungkin akan mendapatkan hasil dari mencubit hidung ini. Sekali lagi, bereksperimenlah dengan menggunakan teknik ini sampai sensasi menggelitik & bersin terjadi.

Terkadang, mungkin butuh untuk memicu bersin. Walaupun ada banyak metode buat melakukan ini, tidak semua metode tersebut akan berhasil untuk semua orang. Hal itu karena orang meresponsnya secara berbeda terhadap iritasi & mempunyai tingkat sensitivitas yg berbeda terhadap stimulasi saraf trigeminal.

Bukan hanya itu, beberapa teknik agar bisa bersin mungkin bekerja lebih baik ketimbang yg lain untuk orang yg menderita flu. Karena mereka mungkin mempunyai banyak lendir di dalam hidung yg bisa menjebak kotoran ataupun debu. Orang yg hidungnya tersumbat barangkali akan lebih baik menstimulasi saraf trigeminal dengan cara manual daripada menghirup iritasi. Ingat, tetaplah berhati-hati untuk memancing saraf hidung agar kalian bisa bersin. Jangan pernah memasukkan apapun yg keras ataupun tajam ke dalam lubang hidung.
    Baca Juga :


Share this: