Cara Agar Bisa Menstruasi

Cara Agar Bisa Menstruasi



Di dalam tulisan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang beragam penyebab telat menstruasi atau datang bulan. Di keadaan normal, haid biasanya terjadi dalam kurun waktu 1 bulan sekali. Menstruasi akan terjadi lantaran dinding rahim tidak dibuahi, sehingga akhirnya meluruh.

Peluruhan tersebutlah yg kemudian menjadi darah yg keluar dari alat vtal wanita. Ini proses yg normal & wajar terjadi. Tetapi jika menstruasi yg biasanya didapat satu bulan sekali, kemudian jadwalnya mundur ataupun terlambat, apa penyebabnya?

Kehamilan

Tidak bisa disangkal bahwa salah satu petunjuk ataupun ciri-ciri permulaan kehamilan ialah menstruasi yg telat. Walaupun tidak semua wanita yg mengalami menstruasi yg telat bisa diistilahkan sebagai situasi hamil. Maka dari itu jika kalian curiga apakah penyebab telat haid yg kalian alami merupakan pertanda hamil atau bukan, lebih baik pastikanlah dengan menjalankan percobaan urine menggunakan test pack tes kehamilan.

Baru Menstruasi
Gangguan Kelenjar Tiroid
Stres atau Depresi
Masalah Berat Badan

Lalu, bagaimana cara mengatasi telat menstruasi ini? Simak pembahasan khususnya berikut di bawah ini.

Cara Agar Bisa Menstruasi

Jika kalian mengalami gangguan telat datang bulang, ada beberapa cara mengatasi telat datang bulan yg bisa kalian lakukan supaya normal seperti sebelumnya. Siklus menstruasi setiap wanita pastinya bervariasi. Jadi sesudah mengetahui berbagai penyebab telat menstruasi/terlambat datang bulan, seharusnya kalian tidak perlu merasa khawatir lagi. Jangan panik, karena yg paling penting adalah kalian tau apa penyebabnya & bagaimana cara menuntaskannya.

Dengan Jeruk Nipis

Cara mengatasi telat menstruasi yg paling mudah ialah dengan memakai jeruk nipis. Seperti yg mungkin sudah kalian ketahui sebelumnya, jeruk nipis itu banyak manfaatnya. Di dalam jeruk nipis dikenal memiliki kandungan asam askrobat, kalsium, mineral, kalori & fosfor. Nah, untuk membuat obat telat datang bulan dari jeruk nipis, kalian cukup seduh perasan jeruk nipis & madu murni dengan secangkir air hangat. Minumlah setiap hari & rasakan perubahannya.

Daun Papaya

Selain itu kalian juga bisa memanfaatkan khasiat daun pepaya. Meskipun rasanya agak pahit & tidak enak jika dibanding dengan jeruk nipis, tapi daun pepaya cukup berkhasiat untuk mengatasi masalah telat menstruasi ini.

Metode menuntaskan telat datang bulan dengan menggunakan daun pepaya ini cukup mudah, yaitu dengan merebus daun pepaya yg masih muda dengan dua gelas air bersih. Campurkan juga asam, garam & sedikit gula. Aduk sampai betul-betul merata & rebusannya ditunggu sampai mendidih. Selanjutnya diamkan beberapa menit hingga hangat, kemudian minum ramuan tradisional tersebut dua kali sehari sampai siklus menstruasi kalian kembali normal.

Rutin Berolahraga

Kalau kalian tidak ingin meminum ramuan-ramuan tradisional buat menyelesaikan penyebab telat menstruasi yg demikian, ada satu metode yg lebih praktis, yaitu dengan berolahraga. Lakukanlah olahraga secara teratur setiap minggunya agar hormon & siklus datang bulan lebih stabil.

Jangan lupa juga agar selalu mendapatkan waktu istirahat yg cukup setiap harinya. Jangan biasakan tidur malam ataupun begadang karena bisa mempengaruhi siklus menstruasi, kesehatan kalian bahkan akan ikut terganggu.

Itu dia penjelasan mengenai bermacam-macam penyebab telat menstruasi & bagaimana cara mengatasi telat datang bulan dengan mudah. Sekarang kalian tidak perlu merasa cemas lagi ketika mengalami telat menstruasi. Semoga bermanfaat.
    Baca Juga :


Share this: