www.desywulandari.com

Cara Agar Cepat Mengantuk



Orang yang kurang tidur, bukan hanya meningkatkan resiko kesehatan secara keseluruhan. Apabila kalian sering merasakan kesulitan tidur atau kesulitan mengantuk, disini ada cara terbukti untuk mendapatkan tidur yg kalian butuhkan.

Cara Agar Cepat Mengantuk


1. Atasi kebisingan
Berisik adalah persoalan yg paling dikeluhkan orang disaat mereka ingin bisa mengantuk dengan cepat. Tapi masalahnya, beberapa kondisi kebisingan tertentu misalnya suara kendaraan, suara keramaian tidak bisa dihindari apabila bertempat tinggal ditepi jalan raya ataupun tempat berkumpulnya banyak orang. Suami yg tidur mendengkur, bisa juga menjadi masalah yg sulit dihindari. Nah cara cepat buat mengesampingkan kebisingan tersebut adalah menggunakan headphone khusus yg didesain untuk membantu mengurangi tingkat masalah tersebut.

Agar Cepat Mengantuk


2. Matikan semua elektronik & gelapkan cahaya.
Agar bisa tidur, tubuh harus meningkatkan kadar hormon yg memicu rasa kantuk. Dan hormon tersebut akan bekerja apabila cahaya kamar lebih redup dari cahaya luar ruangan. Laptop, tv, hp akan menghambat penciptaan hormon tersebut. Hal ini akan membuat kalian terus berjaga & sulit bisa mengantuk. Matikan & hentikan pemakaian semua alat elektronik yg menggunakan layar terang setidaknya 1 jam sebelum tidur, sehingga akan lebih mudah untuk tubuh kalian agar merasa lelah & ngantuk.

3. Berendam air hangat sebelum tidur
Meningkatkan suhu kulit bakal meningkatkan perasaan mengantuk & akan membuat tidur kalian lebih mudah & nyenyak. Mandilah air hangat selama 31 menit sebelum tidur.

4. Mempersiapkan tubuh sebelum tidur
Saat kalian akan pergi ke kamar untuk tidur, coba pakai sebuah teknik relaksasi progresif berikut agar cepat mengantuk. Caranya sangat mudah, kalian cukup mengerutkan jari-jari kaki kalian dengan erat dalam tujuh hitungan & kemudian dilemaskan kembali. Ulangi melalui untuk setiap kelompok otot yg bekerja mulai dari jari-jari kaki & ke leher.

5. Suhu kamar tidur yang sejuk
Orang biasanya bisa mengantuk dengan lebih mudah & lebih baik ketika suhu ruangan dalam keadaan sejuk. Kalian bisa mengatur letak tempat tidur yg mempunyai ventilasi cukup atau bisa juga memakai peralatan khusus pengatur suhu ruangan.

6. Buat catatan kegiatan sehari-hari kalian
Rutinitas harian kalian sangat mempengaruhi seberapa baik kalian bisa mengantuk. Catatan tidur bisa cukup menolong kalian untuk membuat keterkaitan dengan tidur kalian. Setiap hari catat rekor berapa banyak kalian minum kafein yg kalian minum, kapan & seberapa banyak kalian berolahraga, apa yg kalian makan, apa yg kalian lakukan ketika pergi ke tempat tidur & ketika bangun, serta total waktu tidur kalian. Nah catatan-catatatan tersebut bisa kalian tunjukkan kepada spesialis atau dokter yg bisa membantu memecahkan masalah tidur kalian.

7. Berfikir santai
Daripada merenungkan peristiwa yg sudah terjadi di siang hari kalian ditempat tidur, cobalah membaca majalah atau buku yg menceritakan hal-hal besar setidaknya 2 jam sebelum tidur sehingga pikiran kalian tidak tegang & gugup. Tepat sebelum ingin tidur, cobalah melakukan latihan santai agar cepat mengantuk. Bayangkan sebuah keadaan yg tenang, seperti susana kalian ketika di pantai dan sebagainya. Seiring dengan berjalannya waktu, rutinitas baru kalian tersebut akan membantu memberikan isyarat kepada otak untuk terbiasa.

8. Minum minuman yang hangat
Meminum sesuatu yg hangat & menenangkan akan merelaksasi tubuh & menenangkan pikiran. Jangan meminum minuman berkafein karena akan sulit mengantuk. Secangkir susu hangat yg ditambah madu, teh chamomile, ataupun teh mint sangat bagus buat membantu kalian supaya bisa tertidur dengan cepat.

9. Sesuaikan posisi bantal kalian.
Idealnya orang tidur dengan leher & tubuh sejajar atau lurus. Jika harus, letakkkan bantal diantara lutut untuk menahan pinggul supaya tetap dalam posisi netral. Sebagian orang bahkan menggunakan 2 bantal, 1 untuk mengganjal lengan & 1 bantal lagi untuk menahan kepala. Bahkan orang lain juga memilih untuk menambah 1 bantal lagi untuk menyelipkan lengan. Yg penting bagaimana cara supaya bantal tersebut bisa membuat kalian merasa nyaman dan cepat membuat mengantuk.

10. Jauhi penggunaan obat tidur warung
Obat tidur memang dapat mengatasi permasalahan mengantuk kalian dengan cepat, tapi dalam jangka panjang tentu akan ada konsekuensi tidak baik termasuk ketergantungan.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Cara Agar Cepat Mengantuk. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top