Cara Agar Gigi Tidak Maju

Cara Agar Gigi Tidak Maju



Setiap orang dilahirkan dengan kelebihan & kekurangan. Untuk sebagian orang menganggap gigi tonggos adalah sebuah kekurangan, maka segala usaha dilakukan untuk merubahnya. Protrusif adalah istiah medisnya dari kondisi tonggos. Ada sejumlah faktor yg membuat gigi anak menjadi tonggos.

Cara Agar Gigi Tidak Maju

Saat seseorang disebut mempunyai gigi tonggos, ada lima kemungkinan kondisi yg terjadi pada rahang sebagai brikut :

Posisi gigi depan rahang atas lebih dari 3 millimeter jarak nya terhadap gigi depan rahang bawah
Atau ukuran rahang bawah normal, tapi ukuran rahang atas lebih besar dari ukuran normal
Ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal juga bisa membuat seseorang terlihat tonggos meskipun ukuran rahang atasnya normal
Rahang bawah ukuran nya lebih kecil dari normal
Rahang atas ukuran nya lebih besar dari normal

Penyebab Gigi Tonggos

Faktor yg menjadi sebab dari gigi seseorang itu tonggos diantaranya karena faktor lingkungan tulang jaringan lunak di dalam rahang itu sendiri & tulang komponen tulang rawan, ukuran & bentuk gigi yg tidak normal, jumlah gigi yg tidak normal, pedoman erupsi yg tidak tepat, gangguan ketika erupsi, erupsi ektopik, kehilangan dini gigi sulung, kehilangan dini gigi tetap & jaringan lunak juga kemungkinan bisa menjadi faktor dari penyebab gigi tonggos. Serta ada satu lagi yaitu karena faktor genetik atau keturunan.

Mencegah Gigi Anak Tonggos

Supaya Gigi Anak Tidak Tonggos, tindakan yg dilakukan adalah berikut dibawah ini :

Kebiasaan tidak baik anak seperti menghisap ibu jari harus dijauhi
Untuk mencegah gigi sulung copot sebelum waktunya, sebaiknya menjaga kesehatan gigi tetap & gigi sulung. Menjaga kesehatan gigi sulung amat penting sekali yakni agar gigi tetapnya mempunyai pedoman untuk tumbuh jadinya tidak tumbuh tonggos nantinya.
Dan melakukan pemeriksaan klinis terhadap gigi anak atau memperoleh informasi lebih lengkap ada baiknya kunjungi dokter gigi langganan.
    Baca Juga :


Share this: