Cara Agar Hidung Tidak Mampet

Cara Agar Hidung Tidak Mampet



Masalah hidung tersumbat tidaklah mengenal usia & bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, hingga orang dewasa. Lalu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat ini? Nah berikut dibawah ini ada beberapa cara sederhana yg bisa langsung kalian praktekan.

Cara Agar Hidung Tidak Mampet

Istirahat yang Cukup

Salah satu penyebab flu di hidung ialah karena kecapekan & kekebalan tubuh yg berkurang. Maka dari itu kalian butuh istirahat yg banyak untuk memulihkan kesehatan. Ketika beristirahat kalian akan memberikan kesempatan kepada sistem imun agar memperbaiki diri sehingga bisa menyingkirkan penyakit yg hinggap di dalam tubuh.

Mandi Air Hangat

Mandi dengan menggunakan air hangat sangat direkomendasikan ketika kalian sakit flu & hidung tersumbat. Karena uap air dari air hangat itu akan masuk ke dalam tubuh sehingga bisa mengencerkan lendir di dalam hidung. Lendir itu juga akan mudah dikeluarkan & nafas akan terasa lega.

Hidung Mampet

Jangan Membuang Ingus Kuat-Kuat

Biasanya hidung tersumbat karena lagi flu disebabkan oleh lendir yg ada di dalam hidung. Jika kalian membuang lendir dengan kuat-kuat akan membuat lapisan yang ada di dalam hidung semakin meradang. Oleh karena itu, buanglah lendir atau ingus secara lembut dengan cara sebelah kanan & kiri bergantian.

Kompres hidung

Dengan mengompres hangat di bagian atas hidung bisa membuat nafas menjadi lega. Kalian bisa melakukan dengan cara membasahi handuk kecil dengan menggunakan air hangat, kemudian tempelkanlah pada batang hidung secara menyeluruh.

Lakukan pengompresan tersebut dengan tubuh di dalam posisi berbaring. Jika handuk sudah dingin maka kalian bisa mengulanginya lagi dengan membasahinya memakai air hangat. Lakukan trik tersebut hingga hidung tersumbat menjadi berkurang.

Konsumsi Makanan & Minuman ini

Beberapa makanan & minuman dipercaya bisa meredakan hidung tersumbat karena nutrisi yg dikandungnya. Makanan & minuman ini juga bisa mempercepat proses penyembuhan flu. Berikut dibawah ini adalah daftarnya:

Minum vitamin c
Minum teh herbal
Minum air hangat
Hirup aroma bawang merah
Makan makanan pedas
Hirup aroma balsem atau minyak kayu putih
Minum jeruk hangat
Berkumur dengan menggunakan air garam

Berbagai tips & trik di atas tidaklah susah untuk dipraktekkan & bisa kalian jadikan pertolongan pertama saat hidung lagi tersumbat. Dengan begitu hidung tersumbat yg sangat membuat tidak nyaman baik buat bernafas ataupun berbicara bisa segera diatasi. Untuk hasil yg memuaskan maka lakukan dengan rutin selama penyembuhan. Namun apabila hidung tersumbat berlangsung lama maka segeralah periksakan diri ke dokter,untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan.

Semoga informasi di atas bisa mengatasi masalah kalian ketika memadai mengalami hidung tersumbat. Walaupun pada umumnya hidung tersumbat bisa sembuh dengan sendirinya, namun ada kalanya kalian perlu mengatasinya dengan cepat apabila sudah terasa sangat mengganggu.
    Baca Juga :


Share this: