Cara Agar Internet Tidak Lemot

Cara Agar Internet Tidak Lemot



Berdasarkan yg pernah saya baca dari beberapa sumber, Indonesia itu menduduki peringkat nomor 2 terbaik. Apanya yg terbaik? Terbaik lemotnya kecepatan internet, bhaha. Tapi, kalian masih bisa mengusahakan supaya smartphone kalian mempunyai kecepatan internet yg lumayan cepat. Cara mengatasi internet lemot hp android cukup mudah. Dalam tutorial berikut ini, akan saya bagikan cara mengatasi internet hp yang lambat.

Cara Agar Internet Tidak Lemot


1. Pakailah Provider Internet yang Cocok untuk Daerah kalian

Langkah yg paling penting untuk mempercepat koneksi internet kalian adalah memilih penyedia layanan internet / provider internet (biasanya orang menyebutnya 'kartu') yg cocok untuk daerah kalian. Pemilihan provider internet yg salah menyebabkan koneksi internet kalian lelet, lemot, atau tidak stabil.

Cara yg paling mudah untuk mengetahui provider internet apa yg cocok buat daerah kalian bisa cek di google dengan kata kunci 'cek jaringan (nama provider)'. Hal itu tentu membantu kalian mengetahui provider yg cocok untuk daerah kalian.

2. Gunakan jaringan WCDMA atau 3G only

Ini merupakan cara yg paling ampuh yg bisa mempercepat koneksi internet android kalian. Ada beberapa layanan jaringan yg digunakan oleh android yaitu  EDGE, GPRS, 3G, HSPA, & 4G LTE. Mereka mempunyai kecepatan browsing & download yg berbeda-beda.

GPRS adalah jaringan internet yg paling lambat saat ini. Dan 4G LTE adalah Teknologi yg belum lama di rilis di Indonesia & jadi populer karena kecepatanya. Tapi sayangnya, belum banyak provider yang mempunyai jaringan ke 4G LTE. Jadi untuk sekarang Jaringan 3G atau WCDMA jauh lebih cepat ketimbang jaringan lainya.

Nah, untuk mempercepat koneksi internet android, kalian harus mengunci jaringan android kalian di 3G atau WCDMA (HSPA).

Beberapa android mempunyai jenis pengaturan yg berbeda-beda, tapi intinya sama. caranya adalah :
- Masuk ke dalam Pengaturan
- Pilih jaringan lainya
- Kemudian pilih jaringan selular
- Pilih Mode jaringan
- Dan terakhir pilih WCDMA only atau jika tidak ada pilihlah 3G Only untuk memperlancar internet

Atau bisa beralih ke jaringan internet 3G yang ada di android kalian dengan instan yaitu dengan masuk ke menu telepon. Cara tersebut kadang-kadang tidak bekerja untuk beberapa smartphone, tapi kalian bisa mencobanya, caranya adalah :
- Tekan : *#*#4636#*#* kemudian ok
- sesudah masuk, pilihlah informasi perangkat
- Pilih WCDMA Only atau apabila tidak ada pilihlah 3G Only

3. NonAktifkan Pengaturan Sinkronisasi Otomatis / Auto Sync & Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Banyak banget aplikasi yg butuh kuota Internet seperti Gmail, Line, Facebook Messenger, WhatsApp, BBM & lain-lain yg jika terus mengakses internet pada latar belakang akan membuat koneksi internet menjadi lambat. Aplikasi yang aktif di latar belakang tersebut bisa mengurangi kecepatan internet di smartphone kalian. Kenapa ? dan Apa alasannya? Coba kalian bayangkan jika 1 motor dikendarai oleh 5 orang, apakah motor itu bisa berjalan dengan cepat? Kira-kira begitu ilustrasinya.

Untuk menonaktifkan data internet di latar belakang, pertama bisa menghapus aplikasi yg berjalan di latar belakang, bukan menghapus aplikasi tersebut, tapi menghapus taskbar, sehingga cuma ada 1 aplikasi yg berjalan di smartphone kalian, yakni aplikasi yg lagi kalian gunakan.

Kedua, kalian bisa masuk ke pengaturan kemudian pilih jaringan data kemudian pilih batasi data latar belakang pada aplikasi di dalam smartphone kalian. Caranya yakni dengan menonaktifkan aplikasi tersebut. Pengaturan pada setiap android bisa saja berbeda, jadi kalian bisa cari sendiri pengaturanya di android kalian masing-masing demi internet jadi stabil.

Untuk menonaktifkan auto synch internet masuk ke pengaturan kemudian pilih Akun kemudian pilih nonaktifkan auto Sync.

4. Gunakan Browser yang Cepat & Ringan

Pilih browser yg cepat & ringan karena hal ini berpengaruh kepada koneksi internet di smartphone kalian. Browser yg cepat & ringan yg bisa kalian gunakan adalah operamini, atau browser bawaan dari android kalian. Browser tersebut adalah aplikasi browser yg ringan & cepat.
    Baca Juga :


Share this: