Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai Secara Alami

Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai Secara Alami





Meskipun menstruasi adalah bagian dari siklus kehidupan wanita, tapi tetap saja menstruasi cukup mengganggu. Sebab beberapa wanita mengalami gangguan selama menstruasi seperti gejala nyeri, perut kram & juga kaki yg terasa kurang nyaman. Karena itu menstruasi yg datang tidak tepat waktunya bisa mengacaukan kegiatan tertentu. Misalnya saja ketika akan mengikuti outing yg mengharuskan kesiapan fisik. Lalu bagaimana cara mempercepat datang bulan?

Cara Agar Menstruasi Cepat Selesai Secara Alami

Memang ada cara-cara tertentu yg bisa dilakukan untuk mempercepat ataupun memperlambat menstruasi. Cara ini dilakukan dengan cara mengatur hormon di dalam tubuh wanita. Cara-cara ini kebanyakan sering dilakukan oleh wanita-wanita yg sibuk. Selain itu, cara ini juga dipilih apabila seorang wanita berencana bepergian jauh, misal naik haji.

Cara ini dilakukan dengan mengganggu pola menstruasi dalam jangka waktu tertentu. Tapi pola menstruasi tersebut akan kembali normal seperti semula jika efek obat di dalam tubuh sudah habis. Cara ini ada baiknya dilakukan dengan pengawasan dokter kebidanan.

Bukan hanya dengan menggunakan obat-obatan, masih ada alternatif untuk mempercepat menstruasi yaitu dengan cara alami. Salah satu caranya ialah dengan mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dianggap dapat mempercepat haid. Vitamin C dapat meningkatkan jumlah lapisan di uterus sehingga memperbesar kemungkinan agar segera menstruasi. Sebagian wanita merasa harus mengonsumsi vitamin C atau makanan dengan kandungan vitamin C supaya rahim berkontraksi sehingga menstruasi segera datang.

Adapun jumlah harian vitamin C yg disarankan untuk dikonsumsi ialah sebesar 60 milligram. Vitamin C alami dapat diperoleh dengan mengonsumsi paprika, pepaya, jeruk, brokoli, kiwi, tomat, & sayuran hijau.

Tidak hanya dengan mengonsumsi vitamin C saja, peterseli juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat menstruasi. Daun peterseli mempunyai kandungan apiol & miristisin. Kedua zat tersebut bisa membuat rahim sedikit berkontraksi. Peterseli dapat dikonsumsi dengan cara diseduh. Cucilah & potong seperempat cangkir peterseli segar. Lalu rebus 1 cangkir air & tuang airnya pada peterseli. Diamkan peterseli terendam selama sekitar 6 menit. Setelah itu keluarkan peterseli & minum airnya.

Pilihan lainnya adalah dengan memakai kunyit. Kunyit berkhasiat untuk meredakan nyeri menstruasi & mendorong menstruasi menjadi teratur. Untuk menggunakan kunyit ini, taburkanlah kunyit bubuk atau parutan kunyit ke dalam nasi, sayuran & makanan lainnya. Atau tambahkan 1 sendok teh kunyit ke dalam 1 cangkir air, lemon dan madu.

Memperbaiki Pola Hidup

Menstruasi yg tidak teratur menjadi salah satu masalah untuk wanita. Menstruasi yg tidak teratur membuat kaum wanita susah memprediksi waktu datang bulan sehingga bisa menghambat perencanaan aktivitas-aktivitas yg membutuhkan kekuatan fisik. Untuk mendapatkan menstruasi yg teratur, ada baiknya perbaiki pola hidup.

Kaum wanita sebaiknya mengatur waktu supaya bisa beristirahat dan menghilangkan stres. Karena saat mengalami stres menstruasi menjadi tertunda. Stres dapat mengubah fungsi bagian otak yg mengatur hormon pengendali terjadinya menstruasi. Karena itu jika merasakan stress, sisihkan waktu buat beristirahat, konsumsi makanan-makanan yg berkualitas & lakukan olahraga. Cobalah juga untuk melakukan yoga & meditasi.

Nah, itu dia beberapa cara mempercepat menstruasi yg bisa dicoba oleh kaum wanita. Tentu saja kaum wanita bisa memilih cara yg paling praktis, tidak berbahaya & mudah dilakukan. Cara-cara tersebut bisa menjadi solusi terutama untuk kaum wanita yg mengalami gangguan datang bulan. Menstruasi yg lancar & teratur akan membuat kaum wanita dapat memprediksi jadwal menstruasi sehingga kegiatan bisa lebih mudah direncanakan.


    Baca Juga :

Share this: