Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung





Untuk kalian yg ingin bisa mempunyai simpanan uang lebih banyak lagi, sejumlah cara bisa menghemat uang berikut dibawah ini pastinya bisa bermanfaat untuk kalian!

Cara Hidup Hemat Agar Bisa Menabung

Buat Anggaran

Langkah pertama yg bisa kalian lakukan untuk bisa menghemat uang kalian adalah berusaha menyusun anggaran belanja bulanan kalian. Hal ini semata supaya kalian bisa mengatur pengeluaran hanya untuk membeli kebutuhan sehari-hari yg benar-benar kalian perlukan. Karena biasanya ketika kalian tidak membuat anggaran belanja, kalian tidak akan bisa berhati-hati di dalam menggunakan uang kalian yg nantinya akan berujung pada menghamburkan uang untuk membeli barang yg sebetulnya tidak kalian perlukan.

Dengan bisa menyusun anggaran belanja bulanan & membuat prioritas sesuai kebutuhan, kalian akan mengetahui berapa banyak uang yg kalian butuhkan selama 1 bulan penuh sehingga kalian bisa memperkirakan berapa banyak uang yg bisa kalian sisihkan.

Bandingkan harga saat berbelanja

Belanja tentu saja sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi siapapun. Untuk sebagian orang brand/merek sebuah produk yg sering dia dengar biasanya akan cenderung langsung di beli tanpa membandingkan harga sama produk lain yg sejenisnya. Tapi bagi kalian yg ingin bisa berhemat, kalian harus mau untuk membandingkan harga barang kebutuhan yg kalian perlukan. Jika ada produk lain yg lebih murah tapi memberikan manfaat yg sama, tidak ada salahnya untuk memilih produk itu.

Tapi menghemat uang bukan berarti kalian harus mengurangi kualitas hidup kalian dengan membeli produk yg murah & bernilai manfaat yg lebih sedikit. Ingat! Tujuan untuk membandingkan harga yaitu bisa untuk mendapatkan barang yg lebih murah tetapi mempunyai nilai manfaat yg sama.

Bawa selalu daftar belanjaan kalian

Kesalahan fatal yg bisa dilakukan oleh banyak orang apalagi kaum muda ketika berbelanja ialah tidak membawa daftar kebutuhan yg dia inginkan. Sehingga ketika belanja mereka akan cenderung membeli barang yg sebetulnya tidak diperlukan & tergiur diskon yg akhirnya membeli kebutuhan bulanan yg berlebihan.

Tapi hal itu tidak akan terjadi jika kalian membawa daftar belanja kebutuhan kalian. Dengan membawa daftar belanja, kalian akan lebih berhati-hati & mawas diri untuk menggunakan uang kalian, tentunya hal ini akan berdampak kalian akan lebih bisa menghemat uang kalian.

Menabung

Menabung dengan langsung memotong gaji bulanan

Untuk memuluskan tekat kalian akan bisa menghemat uang, kalian bisa langsung menabung dengan cara memotong penghasilan kalian di awal ketika kalian mendapat gaji. Kalian bisa menyimpannya di bank yg menawarkan potongan 0% untuk simpanan. Sehingga uang kalian akan baik-baik saja & tidak berkurang ketika kalian simpan.

Dengan memotong penghasilan kalian di awal bisa mencegah kalian untuk membelanjakan uang yg kalian sisihkan. Tentu saja kau harus menonaktifkan kartu ATM yg kalian miliki sehingga kalian tidak leluasa untuk mengambil uang yg sudah kalian simpan.

Buat target untuk menabung

Menabung jadi satu hal yg masih sulit untuk dilakukan terlebih bagi kalian yg tidak bisa mengatur keuangan kalian. Tapi jika kalian mempunyai suatu keinginan yg tidak bisa kalian dapatkan dengan bersabar, maka menabung di ibaratkan satu-satunya jalan kesabaran agar bisa meraih apa yg kalian inginkan. Menabung akan lebih mudah di lakukan apabila kalian memiliki sebuah target yg ingin kalian capai.

Misalnya kamu yang belum mempunyai kendaraan tentu saja ingin sekali memilikinya sehingga sedikit demi sedikit kalian membiarkan penghasilan kalian terpotong untuk bisa membayar kendaraan yg sudah kalian beli dengan cara mencicil. Hal itu bisa kalian terapkan ketika menabung, uang yg sudah kalian hemat bisa langsung kalian tabung setiap bulannya secara rutin seperti ketika kalian membayar cicilan kendaraan kalian.

Hal terpenting di dalam melakukan penghematan uang supaya bisa menabung adalah tekad kalian & kekonsistenan di dalam menjalankan semua itu. Memang untuk menjalankannya di awal bakal sangat sulit bahkan kalian lebih ingin menyerah melakukannya. Tapi jika kalian sudah terbiasa maka hal itu akan lebih mudah untuk dijalankan kedepannya.


    Baca Juga :

Share this: