www.desywulandari.com

Cara Membuat Pesmol Ikan Mas



Resep masakan sekarang ini menghadirkan resep pesmol ikan mas yang enak. Kalian bisa juga mengkreasikan dengan bahan ikan yang lain selain ikan mas. Ikan lain yg bisa dipakai adalah ikan gurame, bawal, ikan nila, bandeng, mujaer, lele atau ikan kembung. Tentunya masing masing ikan memiliki citarasa tersendiri.

Pesmol Ikan Mas


Membuat ikan pesmol tentu saja akan menjadi masakan lezat untuk keluarga tercinta. Jika tidak suka sama pedas kalian bisa mengurangi cabe di dalam bahan membuat pesmol ikan mas di bawah ini. Sebelum mengolah ikan kalian membutuhkan air jeruk nipis & garam untuk melumuri ikan mas supaya bau amis pada ikan bisa berkurang sehingga cita rasa dari pesmol ikan mas menjadi lebih terasa.

Bahan pesmol ikan mas

1 ruas kunyit
200 milliliter air
1 ruas jahe
1 sdm air jeruk nipis
3 lembar daun salam
2 ekor ikan mas
garam secukupnya
1/4 sdm garam
1 butir tomat
10 buah kemiri
1 batang serai
5 butir cabe rawit
2 batang daun bawang
2 butir cabe merah
5 buah bawang putih
1 ruas lengkuas
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
5 butir cabai hijau
gula pasir secukupnya
minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Pesmol Ikan Mas Yang Enak


  • Bersihkan ikan kemudian keluarkan perutnya, lalu bagi ikan jadi 3 bagian kemudian cuci dengan menggunakan air mengalir. Lumuri ikan pakai garam & air jeruk nipis, lalu goreng ikan sampai matang. Angkat & tiriskan.
  • Haluskan kemiri, jahe, bawang putih & kunyit sampai halus.
  • Kemudian panaskan minyak & goreng bumbu yg sudah dihaluskan sampai harum. Tambahkan air secukupnya.
  • Masukkan juga lengkuas, sereh, daun salam, masak sampai harum. Tambahkan cabai merah, cabai rawit, tomat & cabai hijau, masak sampai layu, masukkan juga garam & merica secukupnya, aduk rata & masak sampai matang.
  • Setelah matang, tambahkan dengan ikan kemudian tambahkan dengan belimbing sayur jika suka supaya rasanya semakin segar. Selesai, kini pesmol ikan mas siap untuk disajikan.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Cara Membuat Pesmol Ikan Mas. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top