Cara Mengatur Suhu Ac Agar Dingin

Cara Mengatur Suhu Ac Agar Dingin



Bagi pemakai baru AC Split, tentu saja kalian belum terbiasa memakai remote AC yg tersedia. Apalagi jika sebelumnya kalian adalah pengguna AC Window yg hanya mengandalkan panel atau tombol yg berada di AC nya, pastinya remote AC Split akan jadi hal baru buat kalian. Sebagai hal baru sangat normal apabila ketika menggunakannya kalian menemukan beberapa kesulitan.

Cara Mengatur Suhu Ac Agar Dingin

Tidak perlu khawatir tak bisa mengoperasikan AC Split jika kalian belum bisa menggunakan remote nya. Kita akan memberikan panduan cara memakai remote AC secara sederhana. Sambil belajar cara menggunakan remote AC, kita juga akan mengulas tentang fungsi-fungsi yg ada di sebuah remote AC.

Cara Pakai Remote AC dan Fungsinya

1. Power ON/OFF

Fungsi utama dari remote AC sudah pasti untuk menghidupkan & mematikan unit AC yg terpasang. Berbeda dengan AC Window yg mempunyai tombol power di AC-nya, AC Split cuma bisa dinyalakan dengan menggunakan remote walaupun beberapa tipe AC Split model lama mengandalkan panel tombol yg terhubung dengan unitnya.

Cara memakai remote AC sebagai tombol ON/OFF nyala mati sangat mudah. Biasanya warna tombol ON/OFF itu dibedakan dari warna tombol-tombol yang lain. Cukup dengan tekan tombol Power sambil mengarahkan remote ke bagian AC, maka pendingin ruangan bakal menyala atau mati.

2. Display

Beda sama remote TV yg tidak mempunyai display, remote AC mempunyai display atau layar tampilan yg memberikan suatu informasi. Fungsi display tersebut untuk menunjukkan pengaturan pada AC kalian. Suhu AC dapat dilihat di dalam display remote AC tersebut. Selain itu, jika kalian sedang menjalankan mode tertentu, maka mode itu juga bisa terbaca di display remote AC tersebut.

Display ini bakal tetap menyala ketika unit AC sedang beroperasi. Namun, jika AC mati displaynya pun juga akan mati. Pastinya fungsi dari display remote AC itu sangat bermanfaat untuk memudahkan kalian menetapkan pengaturan AC.

3. Temperatur

Ketika lagi ada di dalam ruangan ber-AC, kalian merasa bahwa udara yg berasal dari AC tidak terlalu dingin & justru membuat hawa disekitar semakin panas. Hal tersebut dikarenakan oleh suhu AC yg terlalu tinggi. Semakin tinggi suhu AC yg tertera di dalam display remote, maka udara dingin yg dihembuskan oleh pendingin ruangan tidak begitu kencang.

Jika kalian merasa panas ataupun kedinginan, gunakanlah remote AC untuk menurunkan ataupun menaikkan suhu AC. Cara menggunakan remote AC untuk menaikkan & menurunkan suhu adalah dengan menekan tombol yg berbentuk tanda panah keatas (buat mengecilkan suhu AC) & menekan tombol panah kebawah (buat membesarkan suhu AC).

4. Timer

Pernahkah kalian memutuskan untuk menghemat listrik dengan cara mengurangi pemakaian AC? Sejatinya, kalian tetap bisa memakai pendingin ruangan hanya saja kalian harus mengontrol waktu pemakaiannya. Cara yg paling efektif yaitu mengatur timer dengan memakai remote AC.

Dengan timer kalian bisa mengatur waktu kapan AC bakal mati dengan sendirinya. Misal, ketika tengah malam terasa sangat dingin, maka aturlah timer buat mematikan daya listrik AC secara otomatis. Jadi, kalian tidak perlu lagi bangun lebih awal buat mematikan AC karena sekarang ini sudah ada timer di remote AC yg bisa mematikan AC secara otomatis.

5. Mode

Di AC Split paling mutakhir ada beberapa mode pengoperasian AC. Mode tersebut bisa diatur melalui remote & mempengaruhi kinerja AC. Berikut dibawah ini adalah beberapa mode yg ada di dalam AC Split :

Cool Mode
Untuk mengatur AC supaya membuat suhu udara di dalam ruangan menjadi sangat dingin. Mode tersebut sangat cocok untuk mendinginkan ruangan yg penuh sesak atau terlalu besar.

Dry Mode
Agar mengurangi kelembaban udara di dalam ruangan. Ketika menjalankan Dry Mode AC, itu berarti suhu udara yg dihasilkan AC kalian tidak akan terlalu besar buat mengurangi kelembaban didalam ruangan tersebut.

Fan Mode
Biasanya, Fan Mode ini menghasilkan udara yg tidak sedingin Cool Mode AC.

Auto Mode
Untuk menyalakan AC & mengatur kerja fan secara otomatis. Saat menyalakan Auto Mode, AC akan mendeteksi suhu yang ada di ruangan kalian. Jika suhu ruangan panas, AC akan bekerja makin keras untuk menghasilkan udara yg dingin, ketika suhu udara di dalam ruangan sudah mulai dingin AC akan mengurangi kinerjanya ataupun mati secara otomatis selama beberapa saat.

6. Swing

Fungsi dari tombol Swing di remote AC untuk mengatur arah hembusan udara yg keluar dari AC sesuai dengan keinginan kalian. Ketika menekan tombol Swing, AC bisa menyalurkan udara ke atas & ke bawah secara bergantian ataupun ke kiri atas ke kanan. Intinya, tombol Swing itu diciptakan untuk menyebarkan udara dingin AC secara merata.

Sesudah memahami cara menggunakan remote AC sesuai sama fungsi-fungsi tombolnya, kalian juga bisa mulai mengoperasikan AC dengan fitur & mode yg kalian butuhkan.
    Baca Juga :


Share this: