Cara Mengatur Suhu Ac Agar Tidak Terlalu Dingin

Cara Mengatur Suhu Ac Agar Tidak Terlalu Dingin





Bagi beberapa orang, AC ( Air Conditioning ) layaknya kipas yg sekali nyala bisa langsung mendinginkan semua ruangan. Bedanya untuk AC, kalian bisa menentukan sendiri suhu yg dihasilkan oleh pendingin ruangan AC ini. Sayangnya, masih banyak orang awam yg kurang paham bagaimana cara mengatur suhu AC yg benar.

Suhu AC yg pas tidak hanya menghemat pengeluaran listrik bulanan kalian, tapi juga mempengaruhi kesehatan tubuh kalian. Suhu yg terlalu dingin dalam ruangan bisa membuat kalian terkena gangguan kesehatan misalnya hipotermiangin ( alergi dingin ) & juga flu. Maka dari itu, berikut dibawah ini adalah cara mengatur suhu AC yg pas didalam ruangan :

Cara Mengatur Suhu Ac Agar Tidak Terlalu Dingin

Setting suhu AC di 24oC
Pertama-tama, tentukan suhu ruangan standar yg paling pas untuk ruangan kalian. Tapi, bukan berarti ini menjadi patokan supaya kalian terus menyetel suhu AC tersebut sepanjang waktu. Ini juga disesuaikan sama kondisi suhu di luar ruangan yg juga ikut mempengaruhi. Suhu tersebut dianggap suhu terbaik karena kalian bisa merasakan dingin dan juga menghemat biaya listrik rumah.

Naik & turunkan suhu setahap demi setahap
Jika kalian merasa suhu AC 24oC masih terlalu panas, turunkanlah suhu 1 level lebih rendah. Rasakan perlahan, turunkan lagi sampai ruangan kalian merasa nyaman. Hal ini sama dengan jika kalian merasa terlalu dingin oleh suhu AC 24oC. Naikkan perlahan-lahan hingga kalian menemukan suhu yg ideal untuk ruangan kalian.

Matikan AC ketika kalian berpergian
Mematikan AC ketika rumah kalian kosong bisa membantu menghemat pengeluaran listrik bulanan. Apabila tetap ingin dinyalakan, naikkan suhunya kurang lebih 2-3o dari suhu normal.

Pilih suhu AC 4oC lebih tinggi ketika bersiap tidur
Kebanyakan orang lebih merasa nyaman saat tidur dengan suhu ruang yg lebih hangat. Sebaiknya kalian menaikkan suhu AC paling tidak 4oC lebih tinggi dari suhu ruang yg biasa kalian gunakan, sehingga kalian bisa tetap merasa dingin tanpa harus kedinginan. Tapi, jika kalian termasuk yg bisa lebih pulas dengan menggunakan suhu dingin, kembalikan saja pengaturannya seperti ketika di siang hari.

Demikianlah tips mengatur suhu AC dari kita semoga artikel sederhana ini dapat menjadi tambahan wawasan kalian.


    Baca Juga :

Share this: