Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk



Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk


Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk - Sampai sekarang Ternak kambing masih banyak dilakukan secara tradisional. Sebetulnya seiring waktu perkembangan teknologi budidaya ternak kambing selalu mengalami kemajuan & perkembangan, diantaranya mengenai hal pakan. Dari riset dilapangan pakan yg difermentasi bisa menambah berat badan secara cepat karena pakan ini mudah dicerna & membuat kambing ataupun kotorannya tidak berbau.

Ada beberapa hal yg harus diperhaikan sebelum benar-benar memulai usaha untuk beternak kambing. Secara garis besar, ada tiga hal pokok yg harus diperhatikan dalam usaha beternak kambing, diantaranya adalah bibit kambing, makanan, & pelaksanaannya.

Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk

Pemilihan Bibit untuk Ternak Kambing

Bibit ternak kambing yg dipilih di dalam usaha ternak kambing ini tentu saja ada baiknya disesuaikan dengan tujuan usaha peternakan. Apakah untuk kambing perah ataukah pedaging? Contohnya, untuk produksi daging kambing, kacang yg dipiih, dan untuk produksi susu, kambing etawa merupakan pilihan yg terbaik.

Cara Agar Kambing Cepat Gemuk

Supaya hasil ternak maksimal ada baiknya bibit ternak kambing mesti memenuhi persyaratan umum seperti di bawah ini :

Berbadan sehat.
Bulu bersih & mengilat.
Tidak cacat.
Bibit kambing mesti diambil dari keturunan induk & pejantan yg berkualitas.
Daya adaptasi terhadap lingkungan tinggi.

Dan ciri calon indukan kambing yg baik sebagai berikut.

Kambing bertubuh besar & kekar, tetapi tidak terlalu gemuk. Mempunyai dada lebar & dalam. Sementara, garis punggung & pinggang lurus.
Kambing berperilaku jinak & mempunyai sorot mata yg ramah.
Keempat kaki kambing lurus dengan tumit yg tinggi.
Kambing mempunyai gigi lengkap, dengan rahang atas & bawah rata, sehingga bisa merumput dengan baik.
Kambing berasal dari keturunan kembar. Bisa juga dilahirkan tunggal, tapi berasal dari induk muda.
Kambing mempunyai ambing simetris & tidak menggantung.

Sementara, calon pejantan berkualitas mempunyai ciri berikut.

Kambing bertubuh besar & panjang, tapi tidak terlalu gemuk. bagian belakang tubuh lebih besar & lebih tinggi. berdada lebar. terlihat gagah & aktif, serta mempunyai nafsu kawin yg tinggi.
Keempat kaki Kambing lurus & kuat.
Kambing berasal dari keturunan kembar.
Kambing berusia sekitar 1,5-3 tahun.

Membuat Pakan Fermentasi & Konsentrat Bebas Bau

Konsentrat adalah makanan tambahan kambing & bisa meningkatkan bobot kambing 9-12 kilogram dalam waktu 3 bulan. Komposisi membuat konsentrat adalah : dedak halus 70%, jagung giling 8,1%, ongok 20%, garam dapur 1,4% & kalsium 0,5%.

Konsentrat tersebut diberi sebagai makanan tambahan untuk ternak kambing di samping rumput sebagai bahan makanan pokoknya. Untuk kambing yg berusia 5 bulan dikasih pakan konsentrat 2 ons perharinya. Dan yg usianya lebih tua. pakan konsentrat ditingkatkan jadi 0,25-0,3 kilogram perhari. Pemberian pakan konsentrat tersebut dilakukan setiap hari sebelum diberi rumput di pagi hari. Dengan cara tersebut bobot kambing bisa bertambah sampai mencapai rata-rata 100 gram perekor perhari.

Berdasarkan pengalaman resep diatas disadari masih kurang maksimal buat mendapatkan pertumbuhan berat badan kambing yg baik, dalam komposisi konsentrat tersebut mesti terkandung unsur protein. karenanya dikembangkan resep kedua yg komposisinya terdiri dari dedak halus 75%, jagung giling 8%, kalsium 2%, bungkil kedelai 3%, bungkil kelapa 10% & garam dapur 2%. Resep tersebut, bisa meningkatkan bobot ternak kambing sebesar 2 kali penggemukan resep pertama.

Seluruh bahan tersebut diatas supaya mudah bercampur satu sama lain harus di dalam kondisi lembut. Bahan tersebut lalu dicampur ke dalam suatu wadah & diaduk sampai merata. Bahan-bahan yg sudah bercampur merata inilah yg disebut konsentrat & siap diberikan untuk ternak kambing. Konsentrat yg akan diberikan takarannya harus pas jadi bisa habis sekali makan. Sebelum diberikan konsentrat tersebut diberi air sedikit-sedikit sambil diaduk sampai diperoleh adonan yg pekat.

Supaya kotoran kambing tidak bau, konsentrat dapat difermentasi dengan capuran tetes tebu ataupun air gula merah ditambah dengan activator biologi misal EM4 atau Starbio. Konsentrat lalu dibungkus tanpa udara & kedap udara selama tiga minggu. Jika berbau seperti Tape maka fermentasi berhasil & kadar protein meningkat drastis. pakan kambing tersebut bisa disimpan dalam waktu yg lama.

Selain Konsentrat, pakan hijauan kambing bisa juga difermentasi. Hijauan yg akan difermentasi bisa di cuci kemudian diangin-anginkan. Setelah itu dicampur dengan tetes tebu & starbio. Komposisi Starbio (EM4) & tetes tebu bisa diuji coba sendiri mana yg paling tepat. Jika tidak ada tetes tebu bisa memakai air gula. Lalu hijauan ditutup rapat selama tiga minggu sampai berbau harum. Hijauan yg difermentasi lebih mudah dicerna & mengandung protein yg lebih tinggi. Dan juga kotoran kambing tidak akan berbau.

Makanan kambing diberikan 2 kali sehari, yaitu di pagi & sore hari. Berat makanan hijauan adalah 10% dari berat badan kambing.
Berikan juga garam beryodium secukupnya.
Air minum diberi sebanyak 1,5-2,5 liter perekor perhari.
Makanan penguat (konsentrat) harus diberikan pada kambing bunting, induk yg lagi menyusui, & pejantan yg sering dikawinkan. Makanan penguat tersebut dalam bentuk bubur sebanyak 0,5-1 kilogram perhari.


    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Cara Merawat Kambing Agar Cepat Gemuk. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top