Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lemot

Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lemot



Hadirnya sistem berbasis android yg marak digunakan di dalam ponsel membuat ponsel semakin canggih & memudahkan penggunanya apalagi dengan munculnya banyak aplikasi yg sesuai dengan perangkat android & sesuai kebutuhan kita. Tapi masalah umum yg sering dialami pengguna handphone android yaitu lemot atau lambat ketika beroperasi. Masalah tersebut mulanya bukanlah sesuatu yg besar tetapi dengan pesatnya perkembangan teknologi dimana kecepatan adalah aspek utama, masalah lemot tersebut menjadi krusial & akhirnya banyak orang yg berusaha menemukan solusi supaya ponsel dengan basis android mereka dapat beroperasi dengan lancar & bebas lemot. Ada beberapa penyebab mengapa ponsel android mengalami proses lamban di dalam beroperasi & dengan mengetahui penyebabnya, tentu akan lebih mudah menyiasati supaya kinerja ponsel android tidak lemot kembali.

Cara Setting Hp Android Agar Tidak Lemot

Penyebab ponsel android jadi lamban bisa dikarenakan terlalu banyak aplikasi yg dipasang. Hampir setiap hari, ada aplikasi baru yg menarik & tanpa sadar setiap permintaan aplikasi akan di instal sehingga membebani sistem & masalah operasi lamban pun terjadi. Walaupun ponsel android mempunyai slot memori eksternal, tetapi kebanyakan sistem beroperasi didukung dari memori internal yg mana jika memori tersebut penuh, maka berpotensi hp android tersebut menjadi lemot. Ketidaksesuaian RAM & prosesor dengan instalasi atau versi android juga satu dari beberapa penyebab lemotnya ponsel android. Sejumlah kebiasaan seperti chatting & browsing akan menumpuk cache yg akan membebani ponsel & itu juga merupakan pemicu kinerja lambat dari handphone android.

Beberapa tips supaya handphone android tidak lemot, bisa dengan memilih prioritas dari aplikasi yg di instal. Kurangi aplikasi yg tidak sering digunakan ataupun tidak perlu agar proses booting tidak lama & kinerja ponsel tidak menurun. Android mempunyai sistem multi tasking dimana aplikasi bisa dibuka dalam waktu bersamaan & itu sangat berguna untuk penggunanya, tetapi disinilah sering terjadi sumber masalah handphone android lemot karena kita tidak tahu aplikasi yg masih aktif & yg tidak. Gunakan aplikasi task manager supaya kita tahu aplikasi yg masih aktif & bisa menutupnya ketika tidak digunakan, itu akan mengurangi risiko handphone android lemot.

Memori internal yg ada di dalam ponsel akan digunakan sebagian besar buat mendukung sistem, yg mana jika terlalu banyak aplikasi android yg dipasang akan membuatnya penuh. Menghapus aplikasi yg tidak terpakai bisa menjadi solusi tapi kalau semua aplikasi yg di instal adalah aplikasi yg dibutuhkan, ada baiknya memindahkannya ke memori eksternal supaya tidak terlalu membebani. Proses pemindahan apps dari memori internal ke eksternal untuk beberapa handphone android mungkin membutuhkan rooting. Gunakanlah pula aplikasi penghapus cache yg notabene akan bertambah seiring dengan makin aktifnya kegiatan chatting ataupun browing. Pembersihan cache secara berkala adalah langkah baik buat menghindari ponsel lemot. Menginstal aplikasi yg sesuai & menginstal aplikasi penambah kecepatan bisa juga bermanfaat.
    Baca Juga :


Share this: