Cara Supaya Bibir Tidak Kering

Cara Supaya Bibir Tidak Kering



Bibir adalah salah satu bagian terpenting yg ada di wajah yg menjadi sorotan banyak orang. Ada beberapa orang yg menilai kecantikan wanita itu dari bibirnya. Bibir yg merah, sehat & menarik itu bisa semakin menambah kesan kecantikan.

Oleh karena itu banyak sekali wanita yg melakukan perawatan bibir hingga harus rela operasi demi mendapatkan bibir yg cantik & sehat. Bahkan mereka pun mau apabila harus mengeluarkan banyak uang untuk operasinya. Sebab dengan bibir yg cantik, mereka juga bisa tampil dengan percaya diri.

Tapi, kebanyakan wanita Indonesia kurang mengerti & kurang paham bagaimana cara merawat bibir yg benar. Merawat bibir memang tidak boleh sembarangan. Apabila salah perawatan akan dapat mengakibatkan iritasi pada bibir. Berikut dibawah ini adalah beberapa cara untuk merawat bibir yang benar, supaya tetap sehat & menarik:

Cara Supaya Bibir Tidak Kering

1. Hindari bahan kimia yg bisa merusak bibir

Jika kalian menggunakan lipstik, sebaiknya kalian janganlah sering-sering menggunakan lipstik. Apalagi kalau diketahui ada bahan kimia yg berbahaya, bukannya bibir semakin cantik, namun justru malah membuat bibir tambah kering, pecah-pecah atau bahkan rusak.

2. Hindari menjilat bibir

Kebanyakan orang mengira bahwa dengan menjilati bibir, akan menjaga kelembaban dari bibir. Justru sebaliknya, Menjilatinya malah bakal menyebabkan bibir semakin kering. Maka jangan membiasakan kalian menjilatinya, karena itu adalah kebiasaan yg bisa merusak bibir kalian.

3. Gunakan lip balm

Ketika kalian ingin keluar ruangan, biasakan kalian untuk menggunakan lip balm. Bukan hanya melembabkan bibir, lip balm juga bisa melindungi bibir kalian dari polusi udara & teriknya sinar matahari secara langsung. Kulit di bibir termasuk kulit paling tipis yg dimiliki manusia, sehingga harus dirawat supaya tetap sehat & lembab.

4. Penuhi asupan nutrisi

Langkah pertama buat mengatasi bibir kering dan pecah pecah adalah dengan memenuhi semua kebutuhan nutrisi. Bibir kering bisa disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi, vitamin C, B, & asam lemak essensial. Untuk memenuhi asupan nutrisi tersebut, konsumsilah makanan-makanan yg berasal dari buah & sayur. Misalnya seperti jeruk, jambu biji, sayur brokoli, alpukat, bayam & masih banyak lagi. Jika perlu, konsumsilah suplemen multivitamin setiap hari.

5. Hindari kebiasaan mengigit bibir
6. Jangan bernafas melalui mulut terlalu sering

Setelah kalian berhasil membiasakan untuk menggunakan pelembab & tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk di atas. Langkah selanjutnya yg harus kalian lakukan adalah perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini bisa menjaga bibir kalian supaya tetap sehat & menarik.

Tomat

Tomat adalah buah yg mengandung vitamin E & C cukup tinggi. Kandungan vitamin-vitamin di dalam tomat bisa meningkatkan kelembaban pada bibir secara alami. Selain mengkonsumsi, kalian bisa juga menggunakannya secara langsung. Cara mengatasi bibir kering dengan menggunakan tomat sangatlah mudah. Belah satu buah tomat segar menjadi dua bagian. Masing-masing bagian tersebut di oleskan secara merata kesemua bagian bibir, baik atas ataupun bawah. Biarkan selama 16 menit, kemudian bilaslah dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Lemon / Jeruk nipis

Baik lemon atau jeruk nipis, keduanya sama-sama mempunyai sifat masam. Ternyata dibalik sifat masamnya itu, kedua buah keluarga jeruk ini menyimpan vitamin C yg cukup tinggi. Dengan menggunakan lemon atau jeruk nipis bibir nanti akan terasa sedikit perih. Tapi rasa tersebut akan menghilang dengan sendirinya seiring bibir kalian mulai sembuh.

Madu

Madu terkenal sebagai pelembab alami yg cukup efektif. Kandungan mineral essensial yang ada di dalam madu bisa menjaga kelembaban bibir & mencegahnya dari paparan cahaya matahari. Cara merawat bibir kering dengan menggunakan madu cukuplah mudah. Oleskanlah madu dengan rutin setiap sebelum beraktivitas, tanpa dibersihkan pun bibir akan lembab sepanjang hari. Tapi supaya maksimal, oleskan juga pada waktu sebelum tidur.

Mentimun

Mentimun adalah sayuran yg diperkaya dengan kandungan air yg cukup tinggi. Kandungan air tersebut ternyata bersifat seperti lend-ir, sehingga dapat membantu merawat bibir yg pecah-pecah secara alami. Pertama haluskan mentimun secukupnya, lalu oleskan keseluruh bagian bibir gaya merata. Jangan lupa dipijat secara lembut selama 6 menit supaya meresap, setelah itu diamkan kira-kira selama 16 menit & cuci pakai air dingin.
    Baca Juga :


Share this: