Cerita Singkat Tentang Sejarah Asal Usul Candi Borobudur Lengkap

Cerita Singkat Tentang Sejarah Asal Usul Candi Borobudur Lengkap



Candi Borobudur adalah salah satu peninggalan paling bersejarah yg ada di Indonesia. Bangunan tersebut merupakan candi Buddha yg letaknya di kabupaten Magelang, kurang lebih 40 kilometer di sebelah barat laut kota Jogjakarta.

Candi Borobudur

Uniknya, letak Candi Borobudur itu dikelilingi oleh beberapa gunung yg ada di pulau Jawa yakni: Gunung Merbabu (yg berlokasi di sebalah timur), Gunung Merapi (yg letaknya di sebelah barat laut), Gunung Sumbing (yg letaknya di sebelah selatan), & Gunung Sindoro (di sebelah utara).

Borobudur

Sejarah, keindahan dan juga kemegahan Candi Borobudur jadi magnet tersendiri baik untuk para pelajar yg tertarik sama sejarah pada reliefnya hingga sebagai tempat wisata keluarga dari seluruh penjuru Indonesia. Latar belakang candi borobudur monumen tersebut dibangun sebagai tempat suci dari agama Buddha berdasarkan model alam semesta. Di masa tersebut Candi Borobudur sering dipakai sebagai tempat ziarah umat manusia.

Sampai sekarang, Borobudur masih sering dipakai untuk dijadikan tempat ziarah umat Buddha yg setiap tahunnya datang dari seluruh pelosok tanah air untuk berkumpul merayakan hari Trisuci Waisak.

Sejarah Borobudur

Kapan candi borobudur dibangun? sejarah candi borobudur untuk sekarang ini, hasil dari perkiraan perhitungan yg dilakukan oleh para ahli sejarah mengatakan bahwa pembangunan candi borobudur dibangun sekitar tahun 800 masehi dengan kurun antara 760M & 830M. Sejarah berdirinya candi borobudur itu diprediksi berjalan selama 74-100 tahun lamanya.

Asal Usul Borobudur

Perkiraan tahun berdirinya Candi Borobudur itu diperkuat dengan bukti ditemukannya sebuah tulisan singkat yg dipahat di pigura asli relief pada kaki candi (Karwa Wibhangga). Candi borobudur dibangun pada masa kerajaan Syailendra. Para ahli sejarah juga mengatakan bahwa Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha yg diketahui pada abad kejayaaan wangsa Syailendra dimana Syailendra sendiri adalah wangsa Buddha.

Bukti kuat peninggalan candi borobudur juga ditemukan dengan adanya candi-candi kecil yg merupakan peninggalan dari wangsa Syailendra yg menganut agama Budha Mahayana. Bukti-bukti tersebut sampai sekarang digunakan untuk memberitahuakan kesimpulan bahwa Candi Borobudur ditemukan sekitar pada tahun 800 masehi.

Candi Borobudur diperkirakan dibangunan dalam jangka waktu yg cukup lama yakni sekitar 50 tahun lamanya. Hal itu didasarkan dari beberapa bukti yg ditemukan oleh para ahli berupa pengenalan serat, corak pigura dalam pembangunan candi, dan beberapa prasasti yg mendukung.

Sesudah proses pembangunan candi selesai, beberapa prasasti menerangkan bahwa candi itu dahulunya adalah tempat untuk ziarah & berdoa oleh umat Buddha. Bahkan sampai sekarang jika ada hari raya umat Buddha, tak jarang Candi Borobudur digunakan untuk sebagai tempat upacara ibadah.

Cerita Candi Borobudur

Pada masa itu, Candi Borobudur hanya dipakai selama -+ 150 tahun saja. Jelas-jelas tidak sesuai sama lama pembangunannya. Hal tersebut terjadi dikarenakan oleh keruntuhan wangsa Syailendra yg menyebabkan umat-umat Buddha bermigrasi menuju tempat lain untuk berdoa & berziarah (masih berupa asumsi sementara oleh sejumlah ahli). Sampai pada akhirnya candi tersebut tidak digunakan kembali & terbengkalai begitu saja sampai terkubur di dalam tanah.

Fakta candi borobudur, candi Borobudur yg terlantar semakin lama semakin tersembunyi dibawah lapisan tanah & debu vulkanik yg kemudian ditutupi oleh pepohonan dan semak belukar hingga menyerupai sebuah bukit.

Penemuan candi borobudur - melalui puing-puing yg ada disekitar candi, Candi Borobudur kembali ditemukan pada tahun 1814 masehi oleh seorang penjelajah dunia yg bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Dia secara langsung memerintahkan anak buahnya agar membongkar tanah & menemukan sebuah piramida besar berbentuk candi yg tidak lain merupakan Candi Borobudur itu sendiri.

Tapi, karena kesibukannya berperang, Sir Thomas Stamford Raffles tidak meneruskan penggalian itu. Sampai di tahun 1835 masehi, seorang gubernur jenderal Belanda yg bernama Hartman melanjutkan penggalian candi & berhasil mengangkat monumen itu kembali ke permukaan.

Itu dia cerita singkat tentang sejarah asal usul candi borobudur lengkap, semoga dengan cerita mengenai sejarah borobudur tersebut memuaskan dahaga keingintahuan kalian mengenai sejarah dari candi borobudur.
    Baca Juga :


Share this: