www.desywulandari.com

Daftar Persiapan Pernikahan



Persiapan pernikahan yang harus dimasukkan ke dalam daftar ada 2 bagian, yakni bagian akad nikah & bagian resepsi pernikahan. Berikut dibawah ini adalah hal-hal yang harus ada di dalam daftar cek list persiapan pernikahan, diantaranya :

Daftar Persiapan Pernikahan


1. Bagian Akad Nikah

Bagian ini adalah bagian yg paling penting dalam pernikahan yg harus masuk ke dalam cek list persiapan pernikahan. Cara supaya percaya diri ketika akad nikah adalah harus yakin di dalam hati, karena bagian akad nikah adalah inti dari pernikahan yg harus dilangsungkan ataupun dijalankan. Seperti:

Surat Numpang Nikah dari KUA

Adalah surat yg harus dipenuhi apabila seseorang akan melakukan pernikahan ditempat lain selain dirumah sendiri, seperti mau menikah di masjid dengan beda kelurahan, ataupun pasangan dari pengantin yg bukan berasal dari satu kecamatan yg berlangsung di gedung pernikahan. Itulah aturan yg ada di Indonesia, sehingga harus memakai surat tersebut, yg bisa juga disebut dengan surat izin sewa tempat buat menikah. Surat tersebut bisa diurus dengan cara, meminta surat kepada RT & RW, kemudian baru ke kantor kelurahan & terakhir diserahkan ke KUA setempat, barulah pernikahan di luar tempat bisa dilakukan.

Saksi

Saksi adalah orang yg sangat penting di dalam pernikahan. Orang yg bisa menjadi saksi di dalam pernikahan secara agama Islam, yaitu orang-orang yg memenuhi syarat-syarat tertentu. Syarat tertentu tersebut ialah:

Beragama Islam
Harus berjenis kelamin Laki-laki
Mempunyai akal atau tidak gila
Usianya sudah memasuki dewasa
Dan yang terakhir adalah orang yg mengerti mengenai pernikahan

Seorang yg diharuskan menjadi saksi di dalam pernikahan berjumlah minimal 3 orang & semuanya harus memenuhi syarat-syarat tersebut. Kalau tidak memenuhi syarat maka pernikahan yg dilakukan tidak akan sah.

Penghulu

Penghulu adalah seorang yg mempunyai kewajiban untuk menikahkan & mencatat pernikahan kedua belah mempelai di dalam catatan negara. Penghulu adalah wakil dari orang tua mempelai wanita yg seharusnya mempunyai kewajiban menikahkan putrinya dengan mempelai laki-laki. Tapi saat ini sudah bisa diwakilkan kepada orang yg mempunyai jabatan sebagai penghulu. Proses perwalian tersebut terjadi karna adanya sebuah alasan dari orang tua wanita. Misal wali tersebut tidak bisa menikahkan putrinya ataupun walinya sudah meninggal. Jika penghulu tidak mau, bisa digantikan dengan saudara kandung laki-laki dari mempelai perempuan.

Pembaca Al-Quran & penerjemahan

Pembaca Al-Quran adalah seseorang yg bertugas untuk membaca Al-Quran & disusul oleh penerjemah untuk menerjemahkan isi dari surat Al-Quran yg dibaca tersebut di dalam pernikahan. Pembacaan Al-quran adalah serangkaian dari resepsi dari sebuah akad nikah. Mereka membaca Al-Quran dengan menggunakan nada tinggi yg disebut dengan qiroati. Begitu juga dengan penerjemahnya, sehingga hanya orang-orang yg bisa membaca Al-Quran dengan qiroati yg menjadi pembacanya.

Ustad

Adalah orang yg dipercaya mengerti mengenai aturan dalam menikah, yg mungkin bisa menjadi pencerah ataupun pemberi wawasan ketika akad nikah dijalani. Jika ada sesuatu yg kurang ataupun salah, dengan hadirnya seorang ustad itu berarti beliau bisa membenarkan kesalahan yg terjadi pada waktu resepsi dilakukan. Dan juga tugas beliau adalah sebagai pelengkap dari sebuah rangkaian akad nikah, yg berupa siraman rohani yg berfungsi memberikan pengertian apa itu pernikahan & bagaimana cara menjadi pasangan yg sakinah & cara meningkatkan keyakinan diri. Jadi pengantin baru bisa menjalani hidup sebagaimana mestinya seorang yg berumah tangga & sebagai orang yg memimpin doa untuk mendoakan sepasang pengantin baru tersebut.

Persiapan Pernikahan


2. Bagian resepsi

Bagian resepsi adalah bagian yg berfungsi untuk memeriahkan sebuah acara resepsi pernikahan, tetapi jika tidak dilakukan resepsi itu tidak akan jadi masalah. Itulah sebabnya bagian resepsi tidak begitu penting, tapi jika kalian bisa untuk melaksanakannya, maka tak ada salahnya kalian mempersiapkan resepsi sebaik mungkin.

Tempat

Tempat untuk melaksanakan resepsi pernikahan yg harus dipilih sesuai dengan kebutuhan. Kalian harus mempersiapkan tempat yg luas supaya resepsi bisa diselenggarakan dengan ramai. Ingin di rumah ataupun di tempat lain juga bisa, misal jika kalian menginginkan resepsi di gedung ataupun menyewa hotel. Musyawarah terlebih dahulu sama orang-orang yg bersangkutan, seperti orang tua dari mempelai lak-laki atau mempelai perempuan, karena hal itu adalah cara menjaga perasaan orang lain & menghormati pendapat orangtua. Tentukan dimana tempat resepsi akan dilaksanakan jauh hari, sehingga lebih mudah saat membuat denah di dalam undangan.

Undangan

Undangan merupakan sebuah sarana yg digunakan untuk memberi tau tentang kapan & dimana, atau dengan siapa akan melakukan resepsi pernikahan. Jadi orang yg diinginkan untuk datang ke resepsi tersebut bisa mengetahui waktu, tempat, yg ditentukan pelaksanaannya. Ada 2 cara untuk mengundang para tamu supaya mereka bisa hadir ke tempat resepsi, yg pertama menggunakan surat undangan, biasanya dipakai untuk orang yg tempatnya jauh & yang kedua berbentuk makanan.

Biasanya diberikan kepada orang di sekitar wilayah tempat tinggal & orang-orang terdekat dari kedua mempelai pernikahan. Segera membuat daftar untuk orang-orang yg ingin di undang. Jangan sampai ada teman yg tidak di undang & tentukan berapa kuota orang yg di undang. Sehingga untuk pembuatan hidangan tidak terjadi kekurangan.

Dekorasi

Dekorasi adalah hiasan dari tempat yg akan digunakan resepsi, sehingga tempat yg digunakan untuk resepsi terlihat lebih megah & anggun. Ada banyak varian dekorasi yg bisa dipilih dalam sebuah pernikahan, misalnya dekorasi adat jawa, adat Sunda, Betawi & masih banyak lagi yg lainnya. Tentukan dekorasi sesuai keinginan kalian, mau menggunakan adat dari daerah mana yg ingin digunakan.

Katering

Katering adalah makanan yg sudah disiapkan khusus untuk tamu undangan pernikahan. Ini merupakan hal yg paling penting. Jangan sampai saat orang yg datang ke acara resepsi tak ada makanan, sehingga membuat kecewa para tamu. Umumnya jika di sebuah desa tidak memakai katering melainkan menyewa orang terdekat agar menyiapkan hidangan untuk sebuah resepsi. Selain hidangan yg berupa makanan nasi & lauk, tapi ada juga makanan ringan seperti kue & lain sebagainya.

Prawedding

Foto prawedding merupakan foto yg dilakukan oleh calon pengantin & dilakukan ketika sebelum acara berlangsung. Sekarang ini foto prawedding sangat banyak sekali yg melakukannya, & bahkan foto prawedding dijadikan salah satu cara hubungan menjadi romantis. Foto prawedding berguna untuk dijadikan tampilan depan di dalam sebuah sampul undangan & biasanya dipasang disebuah pintu masuk didalam sebuah acara resepsi pernikahan.

Dari semua daftar persiapan pernikahan diatas, membutuhkan biaya yg tidak sedikit. Sehingga bagi kalian yg ingin melaksanakan resepsi pernikahan, ada baiknya mengumpulkan uang yg dirasa cukup untuk melakukan sebuah resepsi pernikahan. Sebaiknya bagi kalian yg ingin melakukan pernikahan dalam beberapa tahun kedepan, lebih baik mulai menabung dari sekarang, agar ketika waktu yg dinginkan untuk menikah tiba tidak kebingungan mencari tambahan biaya.

Dokumentasi

Ini juga tak boleh ketinggalan, karena ini juga hal yg penting untuk dijadikan kenangan pribadi serta tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Setelah sekian lama berlalunya pernikahan tersebut, kalian bisa melihat kenangan waktu menikah & masih bisa mengingat acara tersebut. Dokumentasi bisa dilakukan dalam bentuk video & bisa berupa foto. Kalian bisa mendokumentasikan sebuah acara dari awal sampai akhir. Biasanya banyak tamu yg datang untuk meminta foto bersama dengan kedua mempelai, yg akan memberi kenangan yg spesial.

Souvenir

Jangan lupa souvenir, karena souvenir adalah oleh-oleh yg diberikan untuk setiap tamu yg baru datang ataupun akan pulang. Bila memberikan souvenir ataupun bingkisan, maka akan memberikan kesan yg baik yg diberikan kepada para tamu undangan. Souvenir boleh berupa miniature boneka pernikahan, ataupun boneka kecil yg dibungkus dengan kotak mika & diberi hiasan pita, ada juga yg menggunakan gantungan kunci, gelas lukis yg berisi lukisan kedua mempelai & sebagainya.

Tetapi jika tidak ingin mengeluarkan banyak dana, sebaiknya menikah yg biasa-biasa saja tanpa ada resepsi yg mewah & hanya mengundang tetangga dekat & juga saudara saja, sehingga tidak menghabiskan banyak biaya. Karena inti dari pernikahan bukanlah sebuah pesta yg mewah yg mengundang banyak orang, tetapi sebuah acara yg dilakukan untuk menjalin sebuah ikatan yg halal sesuai agama & negara.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Daftar Persiapan Pernikahan. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top