www.desywulandari.com

Persiapan Ke Kawah Ijen



Berwisata alam butuh persiapan khusus. Apalagi jika kalian melakukan perjalanan wisata ke gunung. Seperti misalnya kalian ingin mengunjungi & menikmati fenomena alam tertentu di kawah Ijen. Nah untuk mencapai lokasinya kalian harus melakukan pendakian. Untuk yg sudah biasa naik gunung tentu tak akan mengalami kendala yg berarti. Namun bagi yg belum pernah naik gunung ada baiknya mempersiapkan beberapa hal mendasar yg cukup penting sebelum kalian mulai pendakian. Jangan sampai anda gagal mencapai lokasi Kawah Ijen karena anda belum memahami medan sehingga anda kurang persiapan.

Kawah Ijen


Nah dibawah ini akan diberikan sejumlah tips wisata ke kawah ijen yg akan memberikan informasi mengenai apa saja yg harus dipersiapkan & apa saja yg harus dibawa untuk bisa mencapai lokasi ke kawah Ijen.

Persiapan Ke Kawah Ijen


Persiapan Alat
Persiapan ke kawah Ijen yg kedua ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Anda harus mempersiapkan alat-alat yg digunakan selama menjalani pendakian ke puncak Ijen. Kalian juga mesti memikirkan untuk alat apa saja yg anda butuhkan. Jangan sampai anda membawa alat yg tidak penting karena itu sama saja bakal membebani anda untuk pendakian. Yg pasti kalian harus mempersiapkan barang-barang yg wajib dibawa, diantarannya adalah :

– Masker, masker di sini bukan hanya masker biasa tetapi masker respirator atau disebut masker N95 untuk memfiltrasi udara yg masuk ke tubuh anda.
– Senter, buat menikmati fenomena blue fire tentu saja anda harus melakukan pendakian ketika malam hari maka dari itu sangat penting sekali untuk membawa senter buat pencahayaannya.
– Makanan, bawa makanan ringan buat mengganjal perut karena di kawasan puncak Kawah Ijen tidak ada warung makan ataupun restoran. Bawa makanan secukupnya saja jangan terlalu banyak karena dapat memberatkan. Jangan lupa juga membawa air minum yg cukup karena melakukan pendakian tentu saja sangat melelahkan.

Persiapan Fisik
Tak hanya untuk menuju ke Kawah Ijen saja, tapi jika anda berencana untuk berwisata ke gunung anda harus mempersiapkan kondisi fisik yg prima. Beberapa waktu sebelum anda berwisata anda bisa melakukan olahraga supaya badan kalian bugar & tidak kaget ketika anda harus melakukan pendakian dengan jalur trek yg cukup panjang. Untuk menuju puncak gunung Ijen dimana disana ada Kawah Ijennya anda harus melakukan pendakian dengan berjalan kaki sejauh tiga kilometer. Jalur trek pendakian itu bisa anda lalui selama dua jam jika anda berjalan normal tanpa berhenti-berhenti. Meskipun medannya cukup mudah tapi tetap saja kondisi seperti itu akan menyulitkan para pemula yg tidak pernah mendaki gunung & juga jarang olahraga. Untuk itu butuh persiapan fisik yg prima. Anda bisa berlatih dengan sering-sering berolahraga ringan misalnya jogging & jalan santai supaya nantinya anda sudah terbiasa & bisa mencapai puncak ke Kawah Ijen dengan lancar.

Menggunakan Jasa Guide Lokal
Tips pergi ke Kawah Gunung Ijen yg terakhir adalah memilih pemandu wisata atau guide. Tentu saja guide lokal sudah sangat mengenali medan & daerah kawasan wisata Kawah Ijen jadi dengan menggunakan jasa guide lokal anda tidak akan tersesat dan juga anda bisa dibantu apabila mengalami masalah ketika melakukan pendakian bukan hanya itu ketika sampai disana guide lokal bisa juga menjelaskan & menjadi juru foto dadakan atau juga bisa memberikan tips spot foto yg bagus. Dan juga dengan menyewa jasa guide lokal anda bisa juga mengenal budaya & kearifan lokal warga sekitar.

Nah, itu dia tips penting dan persiapan pergi ke kawah gunung ijen yg harus kalian ketahui. Selamat liburan.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Persiapan Ke Kawah Ijen. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top