www.desywulandari.com

Persiapan Melahirkan Normal Anak Pertama



Menjadi orang tua baru adalah anugerah sekaligus tantangan. Ada banyak perasaan yg dialami oleh para orang tua baru terutama ibu yg akan melahirkan anak pertamanya.

Persiapan Melahirkan Anak


Khawatir dengan rasa sakit ketika melahirkan adalah hal normal. Untuk menghilangkan kekhawatiran kalian, berikut dibawah ini beberapa tips yg bisa kalian pertimbangkan.

Persiapan Melahirkan Normal Anak Pertama


1. Mengikuti kelas melahirkan

Ikuti kelas pra melahirkan akan memberikan manfaat tersendiri untuk kalian. Beberapa kelas sudah mulai dibuka buat ibu hamil trimester kedua. Dari kelas tersebut, calon ibu akan diberi informasi tentang serba-serbi melahirkan. Pengetahuan yg memadai akan menghidarkan diri kalian dari informasi yg sesat.

2. Olahraga Ibu Hamil

Persiapan Melahirkan Anak Pertama berikutnya adalah latihan khusus untuk ibu hamil, kalian akan diajari bagaimana membangun kekuatan & kesehatan supaya lebih kuat ketika proses persalinan nanti. Bukan hanya itu, olahraga juga menumbukan kepercayaan diri bagi ibu hamil sehingga membantu untuk mengurangi ketakutan-ketakutan kalian ketika melahirkan. Tentunya kalian harus memilih instruktur senam hamil yg bersertifikat & kompeten.

3. Cukup gizi

Dengarkan semua saran dari dokter melahirkan tentang konsumsi makanan yg paling tepat untuk ibu hamil. Tubuh yg sehat akan membuat proses persalinan lancar dan juga menghindari dari hal-hal yg tidak diinginkan.

4. Selalu positif

Cobalah rubah lingkungan kalian menjadi lebih positif. Mulailah dari hal yg kecil seperti mengganti chanel televisi & menonton acara-acara yg menyenangkan, menyingkir dari orang-orang yg suka menakut-nakuti, & memilih-milih bacaan tentang melahirkan.

Kehidupan sosial media kalian juga harus dijaga. Abaikan apabila ada cerita-cerita menakutkan tentang melahirkan yg berseliweran di Facebook. Pikiran negatif bakal mempengaruhi alam bawah sadar & pada akhirnya bukan tidak mungkin kalian akan mengalami apa yg kalian takutkan.

5. Memilih tempat melahirkan

Tempat melahirkan yg akan kalian tuju haruslah tempat melahirkan yg kalian percaya. Dokter & petugas melahirkan disana harus yg senantiasa memberi kalian suport besar buat menghadapi persalinan.

6. Cek kesehatan secara rutin

Jangan lantaran kalian tidak mempunyai keluhan kehamilan kemudian malas memeriksakan diri. Cek rutin tidak hanya merupakan bagian penting dari persiapan untuk melahirkan anak pertama. Mereka yg sudah pernah melahirkan juga memerlukan cek kesehatan rutin. Dengan rutin cek kesehatan, kalian akan tau lebih banyak mengenai diri kalian & calon bayi.

7. Siapkan perlengkapan bayi

Lantaran ini anak pertama, maka kalian harus melakukan usaha lebih buat mengumpulkan baju bayi & perlengkapannya. Berbeda apabila itu adalah melahirkan kedua dimana sangat mungkin banyak baju bekas bayi dari sang kakak.

8. Siapkan biaya persalinan

Biaya melahirkan tersebut harus kalian siapkan ketika kalian sudah berencana hamil. Kamu juga harus memikirkan kemungkinan buat menjalani operasi caesar. Apabila biaya sudah terkumpul dalam jumlah yg cukup, maka hati kalian juga akan tenang.

9. Minta suami untuk mengelus punggung

Jika ketika melahirkan sudah dekat & kalian mulai merasakan nyeri, mintalah suami agar mengusap punggung sampai pinggang kalian untuk meredakan rasa sakit.

10. Berdoa

Jangan lupa meminta kepada Yang Kuasa supaya dimudahkan menjalani persalinan melahirkan pertama kalian.

Dan berikut dibawah ini adalah benda-benda penting yg harus kalian bawa ketika ke rumah sakit :
  • Pakaian dalam
  • Perlengkapan mandi
  • Pembalut khusus nifas
  • Dompet (uang, kartu asuransi, kartu identitas)
  • Pompa air susu ibu
  • Handphone & charger
  • Baju ganti yg nyaman
  • Ikat rambut
  • Selimut
  • Guling khusus untuk ibu hamil
  • Perlengkapan bayi seperti baju, perlak, bedong, popok, bedak, minyak telon, handuk, selimut, sling carrier atau stroller newborn.

Dengan seluruh persiapan matang diatas, ibu siap mendengar tangis pertama dari makhluk mungil yg sudah sejak sembilan bulan kalian nantikan.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Persiapan Melahirkan Normal Anak Pertama. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top