Persiapan Perlengkapan Melahirkan Anak Pertama

Persiapan Perlengkapan Melahirkan Anak Pertama





Sebelum kalian mempersiapkan daftar barang bawaan yg ingin dibawa ketika akan melahirkan, sebaiknya jika kalian menanyakan terlebih dahulu kepada pihak rumah sakit mengenai perlengkapan melahirkan yg sudah disediakan oleh pihak rumah sakit jadi kalian hanya perlu menambahkan barang yg tidak disiapkan oleh rumah sakit tersebut.

Persiapan Perlengkapan Melahirkan


Adanya persiapan yg matang bisa membuat ibu hamil akan mempersiapkan persalinan secara baik & tepat. Maka dari itu di artikel kami sekarang ini kita akan mencoba berbagi tips perlengkapan persalinan yg tepat untuk ibu menjelang persalinan.

Persiapan Perlengkapan Melahirkan Anak Pertama


1. Pakaian yg nyaman

Piyama atau baju tidur adalah salah satu perlengkapan pakaian yg nyaman digunakan untuk seorang wanita yg baru saja menyelesaikan proses persalinan walau itu normal atau caesar. Pakailah jenis pakaian berbahan yg mudah menyerap keringat & juga pakaian dengan kancing didepan dengan tujuan agar mempermudahkan kalian ketika akan memberikan ASI kepada bayi.

2. Bra & Bantal Menyusui

Bra khusus untuk ibu menyusui jadi salah satu perlengkapan ibu hamil yg tidak boleh kalian tinggalkan karena dalam keadaan menyusui bayi selepas melahirkan bra khusus ibu menyusui sangatlah membantu apalagi jika kalian melahirkan anak pertama yg belum mempunyai pengalaman sebelumnya. Dan juga diperlukannya bantal menyusui dengan tujuan supaya bisa memudahkan memberikan ASI kepada bayi kalian jadi masukan bantal menyusui ke dalam daftar perlengkapan yg harus dibawa ketika akan melahirkan disebuah rumah sakit.

3. Sandal

Bawa sandal dengan permukaan yg tebal & tidak licin agar menghindari terpeleset didalam kamar mandi rumah sakit. Tentu saja kalian mengetahui kondisi setiap rumah sakit pasti akan berbeda di dalam menjaga kebersihan apalagi di area kamar mandi.

4. Perlengkapan kebersihan

Untuk jaga-jaga apabila dari pihak rumah sakit tak memberikan perlengkapan kebersihan kepada ibu melahirkan ada baiknya kalian mengantisipasinya dengan cara membawa perlengkapan kebersihan dari rumah. Perlengkapan kebersihan buat ibu melahirkan misal seperti alat mandi, sisir & juga alat make up supaya tetap terkondisi ketika ada tamu yg mau melihat kondisi ibu & bayi yg baru saja dilahirkan.

5. Dokumen penting

Tak kalah penting adalah dokumen penting yg harus kalian bawa ke rumah bersalin. Walaupun kalian sudah mendaftar di rumah sakit, terkadang ada beberapa rumah bersalin masih membutuhkan konfirmasi ulang sehingga kartu asuransi ataupun surat lainnya yg akan mendukung administrasi perlu dipersiapkan. Pasrahkan dokumen - dokumen tersebut pada suami atau keluarga yg berjaga supaya ketika pihak rumah sakit butuh dokumen tersebut tidak perlu kalian yg harus menyerahkannya.

Bukan hanya perlengkapan ibu melahirkan ada beberapa saran daftar perlengkapan bayi yg juga perlu untuk kalian bawa, yaitu :

  • Bawa buku catatan pemeriksaan rutin dokter supaya dokter tahu kondisi terakhir dari ibu hamil tersebut.
  • Popok bayi yg dibawa tidak harus banyak. Kalian cukup membawanya tiga pcs karena biasanya pihak rumah sakit atau bidan sudah menyediakannya.
  • Selimut bayi adalah perlengkapan terpenting yg harus kalian bawa.
  • Mengingat bayi masih belum terbiasa sama udara baru. Pilihlah bahan yg nyaman untuk bayi.
  • Sarung tangan & kaki adalah perlengkapan yg harus kalian bawa didalam tas bayi. Sarung tangan & sarung kaki bisa kalian bawa masing-masing satu pasang.
  • Topi bayi adalah barang yg dibutuhkan untuk membuat tubuh bayi menjadi nyaman.
  • Baju setelan bayi 2 pcs yg bisa kalian bawa untuk pakaian pulang dari rumah bersalin.

Sebaiknya jika kalian memasukkan semua kebutuhan & perlengkapan diatas kedalam 1 tas untuk mematangkan persiapkan yg sudah kalian rencanakan tersebut. Lalu tempatkan tas berisikan perlengkapan ibu melahirkan di area yg mudah dilihat & diraih untuk dibawa supaya bisa mempermudah untuk ditemukan saat secara mendadak harus segera berangkat ke rumah sakit & jangan lupa untuk memberitahukan tempat tas tersebut pada suami atau keluarga yg akan menemani kalian ketika proses persalinan di rumah sakit.


    Baca Juga :

Share this: