Quinoa Adalah

Quinoa Adalah





Seiring dengan makin tingginya kesadaran manusia dengan pentingnya gaya hidup yang sehat, berbagai produk makanan yang diklaim baik untuk kesehatan juga semakin banyak bermunculan. Salah satunya adalah produk makanan yang akan kami bahas di kesempatan kali ini yaitu quinoa.

Quinoa Adalah

Quinoa adalah biji-bijian yg asalnya dari tanaman Chenopodium quinoa. Tanaman tersebut sudah ada dari 5000 tahun yg lalu. Tanaman tersebut adalah tanaman asli dari daerah region Andean Peru, Bolivia, Ekuador, & Kolombia. Sekarang negara penghasil utama quinoa yang ada di dunia adalah Peru, Bolivia, & Amerika Serikat (Colorado & Nevada). Pembudidayaan quinoa juga sudah mulai banyak dikembangkan di negara lain misal Belanda, Inggris, Italia, Swedia,  Prancis, Denmark, Kenya, daerah Himalaya, & utara India. Ada beberapa tipe quinoa, ada yg berwarna putih/gading, merah/ungu, ataupun cokelat/hitam. Quinoa yg ada di Indonesia biasanya quinoa putih & merah.

Apa saja kandungan gizi yang ada di dalam quinoa?

Quinoa tinggi dengan protein, kandungan lemak tidak jenuh,  kaya serat, & mengandung berbagai mineral serta vitamin yg dibutuhkan untuk tubuh.

Protein di dalam quinoa lebih tinggi jika dibanding dengan produk biji lainnya. Tapi keunggulan quinoa lebih kepada kualitas kandungan proteinnya. Protein di bentuk dari asam amino. 8 asam amino esensial yg dinilai sangat penting untuk anak-anak & orang dewasa yakni isoleucin, lysine, leucine, phenylalanin, methionine, tryptophan, threonine & valine ada di dalam quinoa. Kandungan asam amino esensial lysine di dalam produk biji lainnya rendah. Muatan asam amino esensial methionine & cysteine di sebagian besar kacang-kacangan juga rendah.

Setengah dari lemak yg ada di dalam quinoa berupa asam lemak esensial omega 3 (linolenic) & asam lemak esensial omega 6 (linoleic). Linolenic & linoleic disebut asam lemak esensial karena tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Kandungan serat di dalam quinoa lebih tinggi ketimbang di dalam biji lainnya, tetapi lebih rendah jika dibanding dengan kandungan serat di dalam kacang-kacangan.

Manfaat Quinoa

Karena tak mengandung gluten, quinoa bisa digunakan sebagai pengganti karbohidrat untuk penderita celiac disease atau intoleransi gluten. Quinoa juga bagus dikonsumi untuk penderita diabetes. Kandungan serat yg tinggi di dalam quinoa membuat laju pelepasan gula menuju ke pembuluh darah lebih lambat, sehingga kerja insulin di dalam tubuh terbantu. Selain itu, serat juga bisa membuat tubuh cepat merasa kenyang, & melancarkan kerja dari saluran pencernaan (mencegah ambeien).

Cara menggunakan quinoa

Di Indonesia, quinoa bisa ditemukan di supermarket-supermarket besar atau toko-toko online yg menjual bahan-bahan makanan sehat. Sebelum dipakai, quinoa harus dibilas dahulu agar menghilangkan saponin di dalam permukaannya. Saponin mengakibatkan quinoa terasa pahit ketika dimakan. Pilihan lain adalah membeli quinoa yg sudah di cuci sebelum di kemas.

Cara memasak quinoa mirip seperti cara memasak nasi. Diperlukan air sebanyak dua gelas untuk memasak satu gelas quinoa. Setelah quinoa tercampur dengan air, rebus selama kurang lebih lima belas menit sampai seluruh air meresap. Karena rasanya yg tawar, quinoa bisa digunakan untuk berbagai jenis masakan baik untuk campuran sayur buat makanan pembuka, untuk dijadikan makanan utama pengganti nasi, bahan makanan penutup, atau sebagai bahan pembuat cemilan.

Kesimpulan

Quinoa menyimpan banyak nutrisi. Quinoa bisa digunakan sebagai pelengkap produk-produk makanan yg lain, sehingga komponen makanan yg kalian konsumsi jadi lebih seimbang & kecukupan gizi tubuh menjadi lebih maksimal.


    Baca Juga :

Share this: