Susunan Acara Lamaran Sederhana

Susunan Acara Lamaran Sederhana





Walaupun tidak kalah penting dengan acara pernikahan, biasanya acara lamaran dibuat sesederhana mungkin karena masih banyak biaya yg dibutuhkan sampai acara pernikahan berlangsung. Di dalam sebuah acara lamaran sederhana, umumnya hanya dihadiri oleh 2 keluarga pasangan yg akan menikah saja, sejumlah kerabat dekat, ketua RT & beberapa sahabat.

Acara lamaran juga dibuat simpel alias tidak menggunakan prosesi adat yg cenderung lama & membutuhkan persiapan yg cukup panjang dan dana yg tidak sedikit. Supaya semua acara lancar, kalian harus membuat sebuah daftar ataupun checklist yg berisi semua hal yg harus kalian & pasangan persiapkan.

Persiapan Acara Lamaran


1. Hantaran atau Seserahan
Ketika keluarga pria datang ke kediaman wanita untuk lamaran, pastinya mereka tidak membawa tangan kosong. Ada sejumlah hantaran yg diserahkan ke pihak wanita sebagai tanda pengikat & sokongan untuk melaksanakan pernikahan.

Secara garis besar, hantaran lamaran yg dibawa pihak pria adalah uang hantaran, baju lengkap dengan baju dalam, perhiasan, sepatu & tas, keperluan untuk berhias, seperangkat alat sholat & sebagainya. Bagi mereka yg masih berpegang kepada tradisi adat, berbagai makanan tradisional & sembako biasanya juga menjadi hantaran yg diserahkan.

2. Cincin Lamaran
Untuk sebagian pasangan, acara lamaran juga suatu acara pertunangan. Hal itu dilakukan untuk menghemat waktu & biaya, sehingga tidak terlalu sering mengadakan acara. Pastinya, sepasang cincin lamaran harus dipersiapkan sebelum hari lamaran.

Kalian bisa memesan atau membelinya langsung ke toko perhiasan. Supaya mendapatkan cincin yg sinkron keinginan dengan ukuran & model yg pas, kalian harus memilih untuk memesan cincin lamaran tersebut. Cincin lamaran juga bisa digunakan kembali sebagai cincin pernikahan ketika menikah nanti.

3. Makanan
Didalam sebuah acara, tentu saja makanan jadi salah satu hal pokok yg harus dipersiapkan dengan baik. Kalian bisa memilih untuk masak sendiri ataupun memesan semua makanan supaya tidak terlalu repot. Untuk jenis makanan, kalian harus mempersiapkan makanan kecil ataupun snack & makanan inti, seperti nasi dan lauk pauknya. Apabila keluarga besar kalian & pasangan terdiri dari banyak anggota, maka memesan makanan untuk lamaran jadi pilihan bijak supaya tidak terlalu sibuk sebelum acara berlangsung.

4. Pakaian
Sebagian pasangan sangat mempersiapkan acara lamarannya secara detil supaya lebih mengesankan. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan pakaian untuk lamaran. Kalian bisa mempersiapkan baju yg seragam ataupun tidak, sesuaikan dengan selera & kemampuan. Dengan catatan, baju yg dikenakan sebaiknya baju resmi, sang wanita memakai kebaya & sang pria memakai beskap atau setelan jas.

5. Akomodasi
Untuk pasangan yg tinggal di kota yg berjauhan, transportasi & akomodasi juga merupakan poin krusial yg harus dipersiapkan untuk lamaran. Untuk transportasi, keluarga pria bisa memilih beberapa pilihan transportasi generik atau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dan buat akomodasi, pihak wanita harus mempersiapkan lokasi dimana keluarga pihak pria bisa menginap. Kalian bisa mempersiapkan sebuah rumah yg bisa digunakan untuk menginap ataupun memesan sejumlah kamar di salah satu hotel terdekat.

Susunan Acara Lamaran Sederhana


Proses lamaran ini merupakan proses dimana pihak keluarga laki-laki mendatangi pihak wanita untuk menyampaikan maksud & tujuannya yaitu ingin meminang sang wanita. Di bawah ini adalah contoh susunan acara lamaran yang sederhana.

Susunan Acara Lamaran


1. Pihak pria anda Keluarga Bapak dan Ibu tiba di tempat disambut sama perwakilan pihak keluarga perempuan.
2. Sampainya di dalam MC (pembawa acara) menyampaikan ucapan selamat datang & memberikan kata sambutan atau pembukaan.
3. Pembacaan Doa oleh Ustad
4. MC mempersilakan perwakilan pihak perempuan untuk menanyakan maksud & tujuan kedatangan keluarga pihak laki-laki
5. Perwakilan pihak laki-laki menyampaikan maksud dari kedatangan keluarga pihak laki-laki tersebut untuk melamar & memperkenalkan anggota keluarganya.
6. Perwakilan pihak perempuan memperkenalkan anggota keluarganya & memberikan jawaban
7. Setelah lamaran diterima secara resmi, keluarga laki-laki mengucapkan terimakasih & kata penutup serta menyerahkan hantaran.
8. Pembacaan doa oleh ustad
9. Ramah tamah dan santap bersama
10. Keluarga pihak laki-laki pamit pulang: keluarga pihak perempuan menyerahkan hantaran balasan.


    Baca Juga :

Share this: