www.desywulandari.com

Xerostomia Adalah



Mulut kering atau Xerostomia adalah masalah umum. Hal itu bisa terjadi dari yg hanya gangguan untuk sesuatu yg mempunyai dampak besar pada kesehatan umum & kesehatan gigi, serta nafsu makan & kenikmatan makanan.

Xerostomia Adalah

Mulut kering, atau xerostomia, mengacu ke kondisi apapun dimana mulut kalian luar biasa keringnya. Sangat sering, mulut kering merupakan hasil dari penurunan air liur yg dihasilkan oleh kelenjar yang ada di mulut kalian (kelenjar ludah) & itu sering asalnya dari efek samping obat-obatan. Kurang sering, mulut kering bisa disebabkan oleh kondisi yg secara langsung mempengaruhi kelenjar ludah.

Air liur menolong mencegah kerusakan gigi dengan menetralkan asam yg dihasilkan oleh bakteri, membatasi pertumbuhan bakteri & membasuh partikel makanan. Air liur juga meningkatkan kemampuan kalian untuk rasa & membuatnya lebih mudah untuk menelan.

Pengobatan untuk xerostomia tergantung dari penyebabnya.

Gejala Xerostomia

Jika kalian tidak memproduksi cukup air liur, kalian mungkin melihat tanda-tanda & gejala seluruh ataupun sebagian besar waktu:

Kekeringan di dalam mulut ataupun tenggorokan
Air liur yg tampaknya kental & lengket
Bau mulut
Kesulitan mengunyah, berbicara & menelan
Rasa berubah rasa
Masalah menggunakan gigi palsu
Sering kerusakan gigi
Iritasi gusi & penyakit gusi
Selain itu, mulut kering bisa mengakibatkan lipstik menempel di gigi.

Penyebab Xerostomia

Obat. Ratusan obat, termasuk banyak obat yg dijual bebas, menghasilkan mulut kering sebagai dari efek samping. Di antara jenis yg lebih mungkin menyebabkan masalah ialah beberapa obat yg digunakan untuk mengobati depresi, nyeri saraf (neuropati) & kecemasan, serta beberapa dekongestan, antihistamin, relaksan otot & obat nyeri.

Penuaan. Proses penuaan tidak selalu mengakibatkan mulut kering. Tapi, orang tua lebih mungkin untuk mengambil obat yg bisa menyebabkan mulut kering & mereka lebih cenderung mempunyai kondisi kesehatan lain yg bisa menyebabkan mulut kering.

Terapi kanker. Obat kemoterapi bisa mengubah sifat air liur & jumlah yg diproduksi. Ini mungkin bersifat sementara, dengan aliran saliva yg normal kembali setelah perawatan sudah selesai. Perawatan radiasi untuk kepala & leher bisa merusak kelenjar ludah, yg menyebabkan penurunan produksi air liur. Hal itu bisa bersifat sementara ataupun permanen, tergantung pada dosis radiasi & daerah yg dirawat.

Kerusakan saraf. Cedera atau pembedahan yg menyebabkan kerusakan saraf kepala & leher kalian bisa mengakibatkan mulut kering.

Kondisi kesehatan lainnya. Mulut kering bisa merupakan balasan dari kondisi kesehatan tertentu, termasuk penyakit autoimun sindrom Sjogren ataupun HIV / AIDS. Stroke & penyakit Alzheimer bisa menyebabkan persepsi mulut kering, walaupun kelenjar ludah berfungsi normal. Mendengkur & bernapas dengan mulut terbuka juga bisa berkontribusi untuk mulut kering.

Pemakaian tembakau. Merokok atau tembakau kunyah bisa meningkatkan gejala mulut kering.

Pemakaian metamfetamin. Penggunaan metamfetamin bisa menyebabkan mulut parah kering & kerusakan gigi.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Xerostomia Adalah. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top