Xylitol Adalah

Xylitol Adalah





Sisa makanan apalagi gula, adalah musuh untuk gigi. Di mulut, ada begitu banyak kuman. Salah satu yg paling "ganas" yaitu bakteri Mutan streptococcus. Kawanan bakteri tersebut menyerap sisa makanan & gula di permukaan & sela-sela gigi, lalu difermentasi jadi asam sehingga pH mulut menjadi < 5,5. Asam ini mengikis lapisan email yg keras, sehingga dapat terbentuk lubang ataupun karies pada gigi.
<5 asam="" atau="" bisa="" br="" email="" gigi.="" karies="" keras="" lapisan="" lubang="" membuat="" mengikis="" sehingga="" tersebut="" untuk="" yg="">
Xylitol
<5 asam="" atau="" bisa="" br="" email="" gigi.="" karies="" keras="" lapisan="" lubang="" membuat="" mengikis="" sehingga="" tersebut="" untuk="" yg="">
Karies gigi adalah penyakit kronik, bisa terjadi karena plak pada gigi. "Plak tersebut lapisan tipis yg berisi kuman. Hanya empat huruf, plak, tetapi akibatnya bisa luar biasa. Plak membawa penyakit pada jaringan penyangga gusi & lubang di gigi,". Plak terbentuk dari koloni bakteri yang ada di dalam mulut.

Awalnya, karies berwarna putih karena dekalsifikasi (hilangnya kalsium di gigi). Lama kelamaan lubang berkembang pada bagian dalam, sampai gigi berwarna coklat/hitam karena jaringan gigi busuk atau mati. "Mungkin saja lubang di gigi terlihat kecil, tapi dibagian dalam gigi, kerusakannya sudah sangat luas. Itu karena bagian di dalam gigi lunak, sehingga lebih gampang rusak.

Karies bisa membawa infeksi, sehingga gusi bengkak, berdarah, & menimbulkan nyeri. Jika gigi sudah berlubang, terpaksa ditambal. Padahal, karies gigi dapat dicegah, "Menyikat gigi itu wajib karna bisa menghilangkan plak."

Gula tertentu yaitu xylitol bisa bermanfaat. Berbeda sama gula biasa yg merusak gigi, xylitol justru menolong untuk melindungi gigi. Xylitol adalah gula alami, yg berasal dari kayu pohon white birch.

Saat menyerap xylitol, bakteri justru akan melemah & akhirnya mati, karena tak bisa memfermentasinya menjadi asam. Karna tidak bisa menggunakan xylitol sebagai makanannya, bakteri yang ada di mulut jadi kelaparan & mati. Jumlahnya berkurang, & pembentukan plak juga bisa dicegah. Xylitol juga memangkas perlekatan plak di dalam gigi, sehingga lebih mudah dibersihkan ketika kalian menyikat gigi.

Dari beberapa tahun lalu, xylitol mulai banyak dipakai di dalam permen karet. Tujuannya, supaya xylitol ada di permukaan & sela-sela gigi. Dan juga, Mengunyah permen karet akan memancing produksi saliva (air liur)." Perpaduan xylitol & saliva dapat menetralisir asam dari plak & menyempurnakan proses remineralisasi (pengembalian mineral) gigi, yg penting untuk menjaga "kepadatan" email.Permen karet yg mengandung xylitol sebaiknya dikunyah selama 4-6 menit, setelah sikat gigi ataupun sehabis makan. sebelumnya, biasakan dahulu untuk berkumur dengan menggunakan air putih setelah makan, untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela-sela gigi.


    Baca Juga :

Share this: