www.desywulandari.com

Zeolit Adalah



Zeolit adalah batu alam yg diolah / dimasak dengan mengandung aluminium, hydrated silicates calcium, sodium, & potassium. Zeolit bisa menyerap kandungan amoniak dengan cara mengikat ion-ion amoniak ke dalam pori-porinya. Diproses menjadi butiran granule kecil & dikemas ke dalam kain jaring polynet yg rapi.

Zeolit

Mempergunakan zeolite biasanya ditempatkan pada filter sebelum air dikembalikan ke kolam ataupun tangki. Tapi jangan meletakkan zeolite sebelum filter biologis, karna bisa jadi di filter biologis tidak cukup amonia tersisa buat mendorong pertumbuhan bakteri nitrifikasi.

Zeolit mempunyai batas kemampuan di dalam mengikat amonia dari kolam, karena itu zeolite harus dilakukan recharge kembali supaya bisa berfungsi sebagai pengikat amonia. Recarge zeolit dilalukan dengan merendam amonia bersama air garam. Zeolit diambil dari filter & direndam ke dalam air garam selama 1 malam. Konsentrasi garam kurang lebih 100 gram garam pada empat liter air. Ketika zeolite direndam air garam, amonia yg diikat zeolit akan dibebaskan. Hal inilah yg menyebabkan booming amonia apabila dilakukan terapi garam pada kolam yg ada zeolit di dalam media filter. Setelah zeolite di recharge maka siap untuk dipergunakan lagi buat menyaring amonia.

Dengan majunya penemuan teknologi, zeolit dikenal dengan nama mineral serbaguna, karena fungsinya yg sangat beraneka ragam, seperti untuk : Pengolahan air bersih. Pertanian. Perairan (pertambakan dan perikanan). Peternakan. Perkebunan. Perindustrian. Dan lain-lain.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Zeolit Adalah. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top