Anak Muntah Tapi Tidak Demam

Anak Muntah Tapi Tidak Demam





Mual muntah barangkali petunjuk anak sedang sakit. Seringkali mual muntah dikarenakan radang saluran cerna (gastroenteritis) yg diikuti dengan diare & bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi pada kasus tertentu, penyebab lain juga  harus diwaspadai.

Biasanya muntah yg didahului oleh rasa mual. Muntah adalah proses refleks yg terkoordinasi yg diawali dengan meningkatnya jumlah air liur & rasa ingin muntah. Sedang mual adalah sensasi ingin muntah.

Penyebab Anak Muntah

Menghadapi anak yg muntah-muntah, usahakanalah jangan panik. Pikirkan apa penyebabnya. Ingat, bahwa mual muntah adalah pertanda ada yg tidak beres. Penyebab anak mual muntah sangat beragam, mulai dari yg paling ringan misalnya keracunan makanan atau keracunan obat, stres, infeksi saluran cerna, hingga yg berbahaya & membutuhkan perawatan.

Anak Muntah Tidak Berhenti

Jika mual muntah tidak kunjung berhenti, warnanya hitam atau hijau, anak memperlihatkan gejala dehidrasi, bawalah segera ke rumah sakit terdekat. Pemeriksaan yg menyeluruh dari mulai fisik, laboratorium, atau pencitraan mungkin dibutuhkan untuk mencari penyebabnya. Muntah berwarna kehijauan rata-rata adalah petunjuk adanya sumbatan saluran cerna di bagian bawah duodenum, atau muntah berwarna hitam menunjukkan bahwa adanya pendarahan dari saluran cerna atas atau lambung.


    Baca Juga :

Share this: