Apakah Hidrosefalus Bisa Sembuh Total

Apakah Hidrosefalus Bisa Sembuh Total



Hidrosefalus atau akumulasi cairan yg ada di dalam otak yg menyebabkan kepala bayi membesar sebetulnya bisa dicegah & dideteksi dengan cara sederhana, yaitu melalui pengukuran lingkar kepala.

Hidrosefalus

Mengukur kepala pada bayi, dapat dilakukan oleh siapa saja, asalkan tahu cara yg benar. Cara sederhana yg bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan meteran baju/kain. Caranya yakni diukur mengelilingi lingkar kepala bayi melewati kedua alis melingkari belakang kepala bayi, cari belakang kepala yg paling menonjol. Kemudian kita ukur, itu namanya lingkar kepala.

Lingkar kepala bayi akan bertambah sesuai sama usianya. Jadi kita catat digrafik lingkar kepalanya. Kalau dia mulai menyimpang atau melebihi dari batas maksimal, kita harus curiga ada kelainan misalnya hidrosefalus. Jika sudah seperti itu, langkah langkah selanjutnya yg harus dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan lengkap, seperti CT-Scan agar memastikan apakah memang kelainan itu hidrosefalus ataukah ada penyebab lainnya. Jika kelainannya ringan, dokter akan menyedot cairan yang ada di otak bayi & bayi bisa tumbuh dengan sehat. Jika hidrosefalusnya terlalu berat akan sulit untuk sembuh.

Penyebab Hidrosefalus

Penyebabnya bermacam-macam. Tapi yg paling sering ditemui adalah karna kelainan bawaan dari lahir yg dikarenakan infeksi toksoplasmosis. Paling sering jika ada infeksi ketika dikandungan biasanya bayinya terlahir dengan hidrosefalus.

Yg penting untuk diketahui adalah hidrosefalus bukanlah suatu penyakit turunan. Penyakit ini bisa juga dicegah dengan di periksa secara rutin sebelum & selama kehamilan. Tes TORCH juga bisa menjadi pilihan untuk mencegah bayi lahir cacat. Jadi sebelum hamil si ibu harus sudah dipastikan bahwa ia sehat. Tidak ada infeksi-infeksi yg bisa menyebabkan kelainan bawaan. Kebanyakan para ibu baru memeriksakan diri, kalau sudah hamil. Jadi sudah terlambat.

Selain itu, hal yg tidak kalah pentingnya adalah dengan menjaga asupan gizi. Kurangnya zat gizi tertentu ataupun komponen tertentu dapat berakibat kelainan pada bayi, termasuk kelainan otak.

Hidrosefalus Bisa Disembuhkan

Mengatasinya, dibutuhkan proses pemasangan selang atau shunting agar mengeluarkan cairan tersebut untuk sementara dialirkan ke dalam perut. Kenali terlebih dahulu penyebab hidrosefalusnya, apakah karena infeksi? Obati dahulu TBC-nya, begitu juga apabila disebabkan oleh toksoplasma. Jika penyebabnya adalah tumor, koreksi terlebih dahulu & kalau memungkinkan angkat tumornya. Hidrosefalus dapat disembuhkan, asal kita tahu dahulu penyebabnya sehingga bisa ditangani secara komprehensif.

Tingkat kesembuhan hidrosefalus pada anak yg muncul setelah dilahirkan, lebih tinggi.

Hidrosefalus yg muncul setelah dilahirkan lebih memiliki tingkat kesembuhan lebih tinggi, ketimbang yg masih dalam kandungan. Usahakanalah jangan terlalu lama menunda perawatan, karena lama-lama dikhawatirkan akan mengakibatkan gangguan otak pada anak
    Baca Juga :


Share this: