Ayat Alquran Tentang Sakit Penghapus Dosa

Ayat Alquran Tentang Sakit Penghapus Dosa





Sesungguhnya Sakit Adalah Penghapus Dosa

"Tiada suatu musibah pun yg menimpa seorang Muslim, melainkan dengannya Allah menghapuskan (dosa-dosa kecil) darinya sampai-sampai sebatang duri pun yg menusuknya." (Shahih Al-Bukhari & Shahih Muslim)

Dalam satu waktu, Rosulullah menjenguk Salman al-Farisi yg lagi terbaring sakit. Rosulullah bersabda. "Sesungguhnya ada 3 pahala yg menjadi kepunyaanmu ketika sakit. Engkau sedang mendapatkan peringatan dari Allah SWT, doamu dikabulkan-Nya & penyakit yg menimpamu akan menghapuskan dosa-dosamu."

Sakit Penghapus Dosa

Rosulullah pun melarang untuk mencela penyakit. Saat Ummu Saib sakit demam & mencela penyakit yg menimpanya, Nabi bersabda. "Janganlah kamu mencela demam. Sebab sesungguhnya demam itu mengikis kesalahan anak cucu Adam seperti bara api mengikis keburukan besi." (HR. Muslim)

"Tidaklah seorang Muslim ditimpa cobaan berupa penyakit atau yang lainnya, melainkan Allah menggugurkan keburukannya, sebagaimana pohon yg menggugurkan daunnya." (HR. Bukhari-Muslim)

Hikmah Ketika Sakit

Ada 5 hikmah dari sakit yg dialami manusia. Pertama, sakit adalah kesempatan untuk beristirahat. Kecenderungan manusia saat sehat ialah memperlakukan tubuhnya laksana robot. Dia terus bekerja demi mengejar kenikmatan & kesenangan material tanpa henti & tanpa memperhatikan kesrhatan diri sendiri. Dia tidak menyadari bahwa otot-otot yg ada di dalam tubuhnya mempunyai keterbatasan.

Maka ketika seseorang sakit, dia mendapatkan kesempatan untuk beristirahat, sambil melakukan introspeksi & berpikir untuk memperbaiki pola hidupnya setelah dia sembuh nanti.

Kedua, sakit adalah pendidikan. Ketika seseorang sakit parah, dia akan memahami betapa mahalnya nilai kesehatan. Dia juga rela mengeluarkan segala yg dia miliki demi kesembuhan penyakitnya.

Ketika seseorang sakit, dia akan meresakan betapa nikmatnya selalu ditemani, dilayani, disediakan makanan & yg paling nikmat dihibur. Maka, selepas sembuh nanti, dia akan tahu apa yg harus dia lakukan ketika orang lain yg sakit.

Ketiga, sakit adalah teguran atas kesombongan manusia. Ketika sehat, manusia terkadang bertingkah seolah-olah dialah yg paling gagah, paling berkuasa & paling berpengaruh. Tetapi ketika sakit menderanya, segagah apapun manusia, sebesar apapun manusia & sebesar apapun pengaruhnya, dia tidak bisa beranjak dari tempat tidurnya. Ketika itu, dia tidak lebih dari tulang & darah yg dibungkus kulit.

Keempat, sakit adalah kesempatan untuk bertaubat & menghapus dosa. Hal ini bukan cuma dilakukan oleh yg soleh, orang sejahat apapun ketika sakit parah tidak bisa berbuat apa-apa. Tangannya tidak ringan lagi. Mulutnya tidak mampu mencacimaki lagi. Yg ada hanyalah penyesalan & penyesalan.

Penghapus Dosa

Di samping itu, sakit yg diderita manusia adalah kesempatan untuk memohon ampun atas dosa-dosanya. Di dalam hadits diterangkan. "Tidaklah seorang muslim tertimpa sakit, keletihan, kebingungan, kesedihan hidup, atau bahkan tertusuk duri, maka Allah menghapus dosa-dosanya. (HR. Muttafaq Alaih).

Kelima, sakit adalah kesempatan untuk memperbaiki hubungan keluarga & sosial. Ketika seseorang sakit, kerabat dekat akan makin dekat, kerabat jauh akan jadi dekat & yg kenal akan makin akrab. Ketika seorang anak sakit, orang tua akan makin sayang & perhatian terhadap anaknya. Dan sebaliknya, ketika orang tua sakit, sang anak akan semakin sayang & hormat kepada orang tuanya.

Alangkah mulianya Allah yg sudah menciptakan segala-galanya tanpa sia-sia. Hanya satu sakit yg Dia timpakan kepada manusia. Namun, begitu banyak kebaikan yg dikandungnya. Kebaikan bagi si sakit yg sabar, kebaikan bagi orang tua & keluarga yg melayani, kebaikan bagi masyarakat yg berbondong-bondong menjenguk, kebaikan bagi semua doa yg terucap.


Baca Juga :
Perlengkapan Membuat Kopi
Pasta Gigi Khusus Untuk Karang Gigi
Situs Cari Tiket Pesawat Murah
Aplikasi Jual Beli Online Bayar Di Rumah
Aturan Minum Exitox Green Coffee Bean
Tempat Pesan Tiket Pesawat Online
Website Pesan Hotel Murah
Aplikasi Beli Tiket Pesawat Online
Situs Beli Tiket Pesawat Murah
Situs Pembelian Tiket Pesawat Online
Aplikasi Belanja Online Bayar Di Rumah
Aplikasi Jual Beli Online Bayar Ditempat
Situs Booking Hotel Paling Murah
Nama Alat Untuk Meluruskan Rambut
Toko Online Yang Bisa Bayar Di Rumah
Cara Dapat Voucher Hotel Gratis
Harga Turbin Ventilator Untuk Rumah
Tempat Pemesanan Tiket Pesawat Online
Aplikasi Pesan Hotel Termurah
Aplikasi Pesan Hotel Paling Murah
Situs Untuk Booking Hotel
Website Beli Tiket Pesawat Online
Aplikasi Pencari Hotel Murah
Aplikasi Jual Beli Barang Bekas
Situs Pencari Hotel Termurah
Aplikasi Beli Online Bayar Ditempat
Tempat Pesan Tiket Pesawat Murah
Cara Pesan Hotel Tanpa Kartu Kredit
Aturan Minum Jamsi
Cara Mendapatkan Voucher Hotel Murah
Website Booking Hotel Termurah
Situs Belanja Hp Online Terpercaya
Situs Jual Beli Hp Online Terpercaya
Bagaimana Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah Dengan Cepat
Situs Jual Beli Elektronik Online Terpercaya
Bagaimana Cara Membeli Tiket Pesawat Online
Aturan Minum Fiforlif
Pestisida Pembasmi Rayap
Amankah Green Coffee Untuk Penderita Maag
Susu Untuk Tambah Berat Badan Anak
Harga Green Coffee Asli Di Apotik
Jenis Pompa Asi Yang Baik
Aplikasi Pencari Hotel Termurah
Situs Belanja Online Gratis Ongkir
Website Penjualan Tiket Pesawat Online
Situs Belanja Online Paling Aman
Aplikasi Cari Hotel Terbaik
Aturan Minum Jamkho
Aplikasi Pencari Hotel Terbaik
Aplikasi Untuk Menjual Rumah
Toko Online Yang Bayar Di Rumah
Aturan Minum Green Coffee Bean
Sabun Muka Untuk Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat
Persyaratan Booking Hotel
Cara Memperkuat Akar Rambut Agar Tidak Rontok
Aturan Minum Fleecy Bangle Tea
Situs Jual Beli Online Paling Murah
Situs Jual Online Terbaik
Cara Minum Qnc Jelly Gamat
Website Perbandingan Harga Hotel
Olshop Yang Bisa Bayar Ditempat
Aplikasi Pembanding Harga Hotel
Harga Jamu Kuat Lelaki Di Apotik

Share this: