www.desywulandari.com

Ayat Alquran Tentang Ujian Hidup



Ujian Hidup

Allah SWT penguasa alam semesta. Dengan kuasa-Nya, Allah SWT bisa berbuat apa saja tanpa ada seorang pun yg mampu menghalanginya. Kita & semua yg kita saksikan dalam kehidupan ini juga milik-Nya. Dengan hikmah-Nya yg maha tinggi, Allah SWT berkenan memberi apa saja untuk kita, Allah SWT juga mampu mengambilnya dari kita.

Dia berkehendak mengaruniakan kebaikan yg kita inginkan & berhak menurunkan musibah yg tidak kita harapkan. Musibah, bencana & malapetaka ada di dalam kuasa-Nya pula. Kehidupan manusia di dunia ini hampir tidak pernah sepi dari musibah yg datang silih berganti. Dari yg kecil sampai yg besar. Dari yg ringan sampai yg berat. Dari yg sedikit sampai yg banyak. Ada musibah yg bersifat umum & ada yg bersifat individu.

Hakikat Musibah

Kata musibah asalnya dari kata ashaaba-yushiibu-mushiibah, artinya segala sesuatu yg menimpa baik berupa kesenangan ataupun kesusahan. Segala bencana yg menimpa manusia di dalam terminology Al Quran & As Sunnah, adalah musibah. Musibah apapun yg menimpa manusia sudah digariskan oleh Allah SWT & sudah ditetapkan di 'lauhul mahfuzh'.

Ayat Alquran

Hakikat musibah yaitu "Ketetapan dari Allah SWT" (Qada). Allah SWT berfirman :

"Katakanlah (Muhammad), "tak akan menimpa kami melainkan apa yg sudah ditetapkan Allah bagi kami. Dialah pelindung kami & hanya kepada Allah bertawakalah orang-orang yg beriman." (Q.S At Taubah: 51).

Dan setiap musibah itu tak akan menimpa seseorang atau suatu kaum kecuali sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman :

"Tiada suatu bencanapun yg menimpa di bumi & (Tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan sudah tertulis di dalam Kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yg demikian itu adalah mudah bagi Allah" (Q.S Al Hadid 22).

Penyebab Allah SWT menurunkan musibah

Untuk tujuan apakah Allah SWT mendatangkan musibah kpd manusia?

Ayat Alquran Tentang Ujian Hidup

1. Musibah adalah "Imtihan wa ikhtibar" (ujian & cobaan)

Musibah merupakan bentuk ujian dari Allah, bisa berupa hal yg baik ataupun yg buruk. Tapi perlu kita pahami bahwa definisi hal baik & hal buruk adalah berasal dari logika manusia. Hal yg baik & buruk menurut manusia bukanlah hal yg mutlak, terkadang lebih ke problema "rasa" saja. Sebagian ulama mengatakan bahwa buruknya takdir cuma dilihat dari sisi mahluk saja, dan ditinjau dari Sang Pencipta Takdir, semua takdir itu adalah baik.

Allah SWT berfirman :

"Tak ada sesuatu musibah pun yg menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barang siapa yg beriman kepada Allah, niscaya ia akan memberi petunjuk kepada hatinya & Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (Q.S. At-Taghabun 11)

Barangsiapa yg ditimpa musibah lalu ia menyadari bahwa hal itu terjadi atas qadha Allah SWT, kemudian ia bersabar & mengharapkan balasan pahala atas kesabarannya tersebut, serta menerima keputusan yg sudah ditetapkan oleh Allah SWT terhadap dirinya, maka Allah akan memberi petunjuk ke dalam hatinya & akan menggantikan apa yg sudah hilang dari dirinya di dunia dengan petunjuk & keyakinan di dalam hatinya. Allah SWT mengganti apa yg sudah diambil-Nya dengan yg lebih baik. (tafsir ibnu katsir)

Rasulullah SAW bersabda :

"Sungguh mengagumkan perkara seorang Mukmin, semua keadaannya (membawa) kebaikan (untuk dirinya), & ini hanya ada pada seorang Mukmin; jika ia mendapatkan kesenangan ia akan bersyukur, maka itu adalah kebaikan untuknya & jika ia ditimpa kesusahan ia akan bersabar, maka itu adalah kebaikan untuknya." (HR. Muslim).

Jadi semua keadaan seorang muslim adalah baik untuk dirinya. Baik kesenangan atau musibah. Sikap seorang muslim saat ditimpa musibah maka ia akan bersabar & ketika ia mendapat kesenangan maka seorang muslim tidak lupa untuk bersyukur kpd Allah SWT, maka bersyukur & bersabarnya seorang muslim akan mendapat pahala di sisi Allah SWT.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Ayat Alquran Tentang Ujian Hidup. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top