www.desywulandari.com

Badan Dingin Berkeringat Gejala Apa



Apa Itu Keringat Dingin

Keringat dingin adalah sebuah kondisi dimana permukaan kulit akan terasa lebih lembap & terasa dingin pada bagian permukaan kulit. Kondisi tersebut bisa dirasakan oleh diri sendiri atau oleh orang lain. Ketika udara di sekitar kalian terasa panas atau suhu tubuh kalian meningkat misalnya karena demam, tubuh akan dengan otomatis mengeluarkan keringat. Tapi, terkadang keringat bisa muncul bahkan ketika kalian berada di ruangan yg sejuk & hal tersebutlah yg dinamakan keringat dingin.

Badan Dingin Berkeringat

Kira-kira keringat dingin tersebut berbahaya atau tidak atau jangan-jangan gejala dari suatu penyakit? Karena secara normal tubuh akan mengeluarkan keringat saat suhu lingkungan terasa panas, sumpek, dibawah terik matahari atau setelah berolahraga (latihan) & pada saat itu juga badan berasa gerah maka keluarnya keringat itu. Keringat dingin mungkin adalah gejala dari kondisi serius atau mengancam jiwa yg harus segera dievaluasi dalam kondisi darurat. Ada beberapa faktor yg bisa memicu timbulnya keringat dingin seperti dibawah ini :

Badan Dingin Berkeringat Gejala Apa

Kurang oksigen
Jika seseorang tiba-tiba sulit bernapas, suplai oksigen di dalam darah pun akan menurun. Walhasil, otak tidak menerima kadar oksigen yg cukup. Otak lalu membaca situasi tersebut sebagai ancaman & akhirnya memproduksi keringat dingin. Kekurangan oksigen dapat disebabkan oleh penyakit paru, keracunan ataupun berada di tempat tinggi (altitude sickness).

Kanker
Tanda-tanda umum penyakit kanker yg tidak ditunjukkan secara khusus adalah keringat dingin. Tubuh dapat mengalami panas atau demam dan keringat dingin terus keluar. Beberapa jenis kanker yg sering ditunjukkan oleh gejala tersebut adalah kanker limfoma, kanker ovarium & beberapa jenis kanker lainnya. Jika gejala itu disertai dengan penurunan berat badan & masalah nafsu makan maka harus secepatnya mendapatkan pemeriksaan medis.

Tekanan darah rendah
Tekanan darah yg normal berkisar di angka 120/80 mm Hg. Jika tekanan darah kalian turun dibawah kadar tersebut, kalian akan merasa pusing, lemas & muncul keringat dingin. Beberapa hal penyebab tekanan darah rendah diantaranya adalah kurang minum air, kurang gizi atau karena faktor genetik.

Dingin Berkeringat Gejala Apa

Jantung
Hati-hati jika kalian mempunyai riwayat penyakit jantung. Timbulnya keringat dingin bisa menandakan serangan jantung jika disertai dengan rasa sakit pada dada (angina), nyeri pada lengan, pusing hingga hilang kesadaran. Serangan tersebut bisa terjadi apabila darah tidak bisa mencapai jantung karena pembuluh darah kalian terhambat. Pemicunya adalah kurang tidur, kebiasaan merokok atau kegemukan.

Infeksi
Berbagai infeksi yg dikarenakan oleh virus & bakteri juga menjadi penyebab keringat dingin. Keringat dingin adalah reaksi tubuh yg terjadi untuk melawan berbagai jenis penyakit dari infeksi virus & bakteri. Penyakit yg dikarenakan oleh virus seperti HIV, influenza, tuberkulosis & hepatitis akan menunjukkan gejala lain disamping keringat dingin yg perlu kalian waspadai seperti lemas, nyeri otot & demam.

Sekian penjelasannya mengenai gejala keringat dingin diatas, semoga bermanfaat & semoga kalian sehat-sehat saja.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Badan Dingin Berkeringat Gejala Apa. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top