www.desywulandari.com

Badan Terasa Dingin Padahal Cuaca Panas



Tubuh terasa dingin adalah hal yg wajar ketika udara dingin. Bagian yg terasa lebih dingin biasanya itu jari-jari tangan. Hal ini terjadi lantaran darah lebih difokuskan untuk dikirim ke bagian tubuh yg sangat penting seperti otak, paru-paru & jantung.

Badan Terasa Dingin

Menjadi masalah apabila ternyata jari kalian dingin padahal udara di sekitar lumayan panas. Ada beberapa penyebab jari tangan kedinginan walaupun udara panas :

1. Mengalami kecemasan yg tinggi
Biasanya orang yg lagi cemas, kadar adrenalinnya naik. Alhasil darah akan banyak mengalir ke bagian yg 'strategis'. Jari tangan sebagai bagian yg kurang strategis bakal mengalami kekurangan pasokan darah. Walhasil jari tangan terasa dingin. Kalau sudah selesai dengan kecemasan, nanti tangan akan kembali normal keadaannya.

2. Tekanan darah rendah
Ketika tekanan darah lagi rendah, maka pembuluh darah bakal mengarahkan darah kearah organ utama. Jari tangan bakal terasa dingin akibatnya. Bukan hanya jari terasa dingin, tekanan darah rendah juga mempunyai gejala kepala pusing, perut mual, mudah lelah, pandangan kabur dan sulit fokus.

3. Anemia
Ketika darah kurang akan sel darah merah, suplai oksigen ke seluruh tubuh juga akan menurun. Ini mengakibatkan tangan menjadi dingin. Bisa dikarenakan kekurangan zat besi, kehilangan darah (menstruasi yg berat, atau pendarahan lain), atau mengalami problem kesehatan lainnya. Jika masalahnya ialah kurang zat besi, kalian bisa meminum suplemen penambah darah. Tapi jika masalahnya lain, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter.

4. Problem peredaran darah
Peredaran darah yg kurang baik terjadi saat darah mengangkut banyak nutrisi & oksigen tidak tersebar sempurna keseluruh tubuh. Penyebabnya bisa karna kemampuan pemompaan jantung yg berkurang karena terjadinya sumbatan pada pembuluh darah.

5. Penumpukan nikotin
Lagi-lagi efek tidak baik dari merokok. Nikotin yg terlalu banyak menumpuk akan mengakibatkan pembuluh darah mengecil & menimbulkan sumbatan. Alhasil darah tidak tersirkulasi sempurna sampai ke jari tangan.

6. Kekurangan vitamin B12
Kekurangan vitamin b12 dapat mengakibatkan penurunan produksi sel darah merah. Kurang sel darah merah akan menyebabkan beberapa bagian tubuh terasa menjadi dingin termasuk jari tangan. Cukupi vitamin b12 dengan mengkonsumsi telur, susu & daging.

7. Hypotyroid
Pada dasarnya tiroid merupakan termostat yg mengatur suhu bagi tubuh. Saat tiroid tidak bekerja secara maksimal, fungsi tubuh akan slow down. Alhasil muncul gejala kelelahan, sulit BAB, dan kedinginan. Termasuk kedinginan dibagian jari. Segera berobat ke dokter apabila mengalami hal tersebut.

8. Penyakit autoimun
Beberapa penyakit seperti lupus bakal merusak sistem kekebalan tubuh dengan cara menyerang jaringan yg ada. Akibatnya sering muncul rasa dingin termasuk pada jari tangan. Jari tangan dingin karena penyakit ini termasuk penyebab yg parah jadi harus segera mendapatkan pengobatan dari dokter.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Badan Terasa Dingin Padahal Cuaca Panas. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top