www.desywulandari.com

Batas Normal Suhu Badan Bayi



Berapa suhu badan bayi yang normal? bagaimana mengukur suhu badan bayi yang benar? Kapan harus khawatir? Cara pertama yg dilakukan Bunda untuk tahu Si Kecil terkena gangguan ialah dengan memeriksa suhu tubuhnya. Untuk itu, Bunda harus tahu suhu tubuh bayi normal & yg wajib dikhawatirkan. Pengetahuan ini berguna supaya Bunda tidak panik saat Si Kecil mengalami kenaikan temperatur tubuhnya.

Batas Normal Suhu Badan Bayi

Suhu yg normal bagi bayi sendiri ada di kisaran 36 sampai 37,5 derajat Celcius. Kemungkinan Bunda akan memperoleh angka yg berbeda setiap harinya. Karena, suhu Si Kecil akan sangat bergantung pada kapan diambil, bagian tubuh mana yg ditempel termometer & bagaimana cara mengambilnya.

Cara Mengukur Suhu Badan Bayi Yang Benar

Bagian tubuh yg paling akurat untuk mengetahui suhu tubuhnya yaitu lubang anus. Hanya saja, melakukan hal tersebut tentu bisa membuat bayi tak nyaman. Selain itu, menempelkan termometer pada tempat tersebut lebih susah dilakukan daripada di mulut, ketiak, ataupun sekitar telinga.

Ada juga orang tua yg menempelkan termometer di jidat. Tapi seiring dengan perkembangan zaman, termometer dengan teknologi mutakhir dapat dijadikan pilihan. Termometer yg canggih hanya cukup didekatkan dengan tubuh akan tahu berapa temperaturnya. Hal itu mungkin dibutuhkan jika bayi rewel sehingga membuat susah untuk dilakukan pengukuran.

Kapan Bunda Harus Khawatir ?

Saat sudah tahu berapa kisaran suhu tubuh bayi normal, Bunda juga wajib mengetahui kapan harus waspada. Bunda wajib waspada ketika suhu tubuh bayi menyentuh di angka 38 derajat Celcius atau lebih. Bukan hanya berpatokan pada angka tersebut, hal-hal yg terjadi pada si Kecil di bawah ini ada baiknya juga diwaspadai:

Di bagian perut atau jidatnya mempunyai suhu lebih tinggi ketimbang biasanya.
Bayi berkeringat lebih banyak dari biasanya.
Pipi bayi lebih merah daripada sebelumnya.

Apabila ketiga hal diatas terjadi pada bayi, sebaiknya ukur dengan menggunakan termometer untuk meyakinkan diri. Hal itu harus dilakukan supaya Bunda tahu perlu ataukah tidak untuk membawa buah hatinya ke dokter agar diperiksa lebih lanjut.

Suhu tubuh bayi normal memang wajib tetap dipertahankan sebagai tanda bahwa perkembangan & pertumbuhannya dalam jalur yg benar. Intinya, Bunda jangan sampai panik ketika menghadapi kenaikan suhu pada tubuh Si bayi.

    Baca Juga :


Kategori : Artikel

Terimakasih sudah membaca Batas Normal Suhu Badan Bayi. Jangan lupa untuk berbagi...


Back To Top